Thursday, April 21, 2022

Jam Bursa Saham Indonesia Di Pasar Reguler, Tunai, Dan Negosiasi


Jam bursa saham merupakan waktu tertentu untuk melakukan transaksi yang diberikan oleh lembaga- lembaga yang membuka sarana jual-beli saham bagi para investor maupun trader untuk melakukan penawaran jual atau permintaan beli saham.

Jika teman-teman tertarik menjadi seorang investor maupun trader di dunia saham, maka teman-teman membutuhkan ilmu dan pengalaman. Terdapat beberapa informasi mendasar yang perlu diketahui sebelum mulai melakukan transaksi jual beli saham seperti jam perdagangan bursa saham.

Jika teman-teman melakukan transaksi jual-beli saham diluar jam bursa saham, maka tidak sah dan tidak akan berhasil. Sebab, transaksi bursa saham harus diawasi oleh beberapa lembaga pengawasan, sehingga jual beli saham harus dilakukan sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Lantas, jam bursa saham Indonesia dilakukan kapan? Melansir situs IDX, Perdagangan saham di Pasar Reguler, Pasar Tunai, maupun Pasar Negosiasi dilakukan selama jam perdagangan setiap Hari Bursa dengan berpedoman pada waktu Jakarta Automated Trading System (JATS).

Adapun jadwal jam bursa saham Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Jam Perdagangan Saham Di Pasar Reguler

Jam jual beli saham di pasar reguler berlangsung mulai dari hari Senin hingga Jumat. Sesi 1 dibuka pukul 09:00:00 dan ditutup pukul 11:00:00. Sementara Sesi 2 dibuka pukul 13:30:00 dan ditutup pukul 14:49:59.

Pasar reguler menggunakan 3 sesi yaitu Pra-pembukaan, Pra-penutupan, dan Pasca-penutupan yang dilakukan setiap Hari Bursa dengan jadwal berikut ini :

·         Sesi Pra Pembukaan

Dibuka pukul 08:45:00 dan ditutup pukul 08:59:00. Pada rentang waktu ini, anggota Bursa Efek bisa memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli mulai pukul 08:59:01 hingga 08:59:59.

Pada tahap ini, JATS akan melakukan proses pembentukan Harga Pembukaan serta mempertemukan penawaran jual dengan permintaan beli pada Harga Pembukaan berdasarkan harga dan prioritas harga.

·         Sesi Pra Penutupan

Sesi ini dibuka pukul 14:50:00 dan ditutup pukul 14:58:00. Pada rentang waktu ini, anggota Bursa Efek bisa memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli.

Sementara rentang waktu penutupan perdagangan secara acak dibuka pukul 15:00:01 dan ditutup pukul 15:00:59. Di tahap ini, JATS akan melakukan proses pembentukan Harga Penutupan serta mempertemukan penawaran jual dengan permintaan beli pada Harga Penutupan berdasarkan harga dan prioritas waktu.

·         Sesi Pasca Penutupan

Dan sesi pasca penutupan dibuka pukul 15:01:00 dan ditutup pukul 15:15:00. Pada rentang waktu ini, anggota Bursa Efek hanya bisa memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli pada Harga Penutupan saja. Sementara, JATS akan mempertemukan penawaran jual dengan permintaan beli untuk efek yang sama secara keseluruhan atau sebagian berdasarkan prioritas waktu. 

2. Jam Perdagangan Saham Di Pasar Tunai

Jam jual beli saham di pasar tunai mulai hari Senin hingga Jumat, dengan hanya 1 sesi yang dibuka pukul 09:00:00 dan ditutup pukul 11:30:00.

3. Jam Perdagangan Saham Di Pasar Negosiasi

Jam jual beli saham di pasar negosiasi juga dimulai hari Senin hingga Jumat. Berlangsung dalam dua Sesi. Sesi 1 dibuka pukul 09:00:00 dan ditutup pukul 11:30:00. Sementara Sesi 2 dibuka pukul 13:30:00 dan ditutup pukul 15:30:00.

Jika sudah mengetahui dan memahami jadwal perdagangan saham di pasar reguler, tunai, dan negosiasi. Sebagai pemain saham, teman-teman diharapkan  bisa membuat keputusan jual dan beli yang tepat, baik sebagai trader maupun investor. Semoga bermanfaat 😊

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran