Wednesday, January 30, 2013

Secangkir Kopi Sehari

Saya adalah penyuka kopi. Awalnya agak takut juga sih…. untuk sering-sering minum kopi. Khawatir kecanduan dan efek samping nya  yang tidak baik untuk kesehatan. Entah sejak kapan saya mulai menyukai kopi. Tapi yang jelas, sekarang ini, setiap hari pasti saja minum secangkir kopi. Tapi saya tidak bisa jika minum kopi sebelum sarapan, saya pasti sakit perut.  Saya mesti sarapan dulu, baru bisa minum kopi. Dan secangkir kopi setiap hari, sudah cukup untuk saya, kopi nya pun bukan kopi hitam, tapi kopi yang sudah dicampur cream dan gula. Jika saya kebetulan makan di luar dengan keluarga, jika ada menu kopi yang sekiranya saya belum coba, pasti saya memesan minuman kopi tersebut. Atau jika ada tempat makan, dimana nama tempat makan tersebut berbau kopi, pasti saya tidak sabar untuk bisa mencoba menu minuman kopi tersebut. 

Kekhawatiran saya akan efek samping dari kopi, membuat saya bertanya-tanya, adakah manfaat minum kopi? Berdasarkan hasil search saya di google, ternyata saya boleh berlega hati, karena banyak sekali ternyata manfaat dari meminum kopi, asal jangan berlebihan. Manfaat dari minum kopi, diantaranya adalah minum kopi tidak memicu penyakit kronis. Bahkan, bisa mengurangi risiko diabetes melitus tipe 2 atau sakit gula, risiko terserang alzheimer, parkinson, dan kanker. Jadi…………… meminum kopi, tidak akan menggangu kesehatan, asal…………. ya…….. itu tadi, tidak berlebihan :)

Saya terbiasa minum kopi, jika sedang di kantor. Jika di rumah (Sabtu & Minggu atau tanggal merah), saya jarang minum kopi. Tapi jika saya minum kopi di rumah, anak saya pasti ikut-ikutan ingin minum kopi. Pernah suatu kali…………… (tidak ada angin tidak ada hujan), anak saya yang paling kecil (umur 2,9 tahun) meminta kopi. “Bu…………. adek mau kopi sih…………..”. Saya terkejut, “kopi dek……….? Adek ga boleh minum kopi”. Anak saya menjawab “Enggak……… adek mau kopi”. Setelah dibujuk berbagai macam rayuan, anak saya masih saja tetap mau kopi. Akhirnya terpaksa saya buatkan kopi. Setelah kopi sudah diseduh, lalu saya ajak anak saya untuk mandi. “Dek………. mandi dulu yuk….?” Anak saya menjawab “Nanti dulu…. adek mau ngopi dulu sambil makan donat”. Saya Cuma bisa berkata “Haaaaah……..”. Hadeuh………… capek deh…………. :)

24 comments:

  1. Saya pernah posting ttg manfaat kopi mbak, setelah itu saya jd belajar utk minum kopi, baru akhir akhir ini mbak :)

    ReplyDelete
  2. sy suka kopi sebetulnya tapi takut untuk minumnya.. krn stlh minum kopi badan suka gemeteran.. Tp kalo udah kepengen bgt ya sy nekat ngopi.. hehe..

    ReplyDelete
  3. @ mba Ely : ternyata ngopi itu, nikmat ya... mba :)

    ReplyDelete
  4. @ mba Myra : kenapa bisa gemeteran ya, mba?

    ReplyDelete
  5. sekali sekali aku juga butuh kopi :)

    ReplyDelete
  6. @ mba Uli : Hmmmmm..... aroma kopi yang menggugah selera :) Terima kasih sudah mampir

    ReplyDelete
  7. saya sama sekali gak berani minum kopi, lambungnya gak kuat & krn saya pengidap hipertensi. Jadi ya, cukup liat aja deh .. :)

    ReplyDelete
  8. @ mba Dey : Waktu masih gadis dulu.... saya punya penyakit maag karena makan suka ga teratur, tapi setelah menikah, maag saya tidak pernah kambuh lagi karena ikut terbiasa keluarga suami makan dengan teratur.

    ReplyDelete
  9. aku suka kopi dari jaman sekolah, buat nemenin ujian biar ga ngantuk ..
    sekarang pun masih suka , apalagi di kantor biasa ampe 3-4 gelas, tapi cappucino, kopi sus, kalo kopi item ga kuat kena lambung Mba..hehhe

    jadi kapan kita ngopi bareng ? yuuk ..11

    ReplyDelete
  10. @ Mba Nchie Hanie : waahh.... kyknya seru ya, bisa ngopi bareng :)

    ReplyDelete
  11. aku gak suka kopi :) thanks ya sudah mampir diblog uku

    ReplyDelete
  12. Terima kasih kembali sudah mampir :)

    ReplyDelete
  13. salam kenal kembali mbk santi :D
    mksh sdh jln2 ke blogku.....
    saya kadang suka kopi,nggak terlalu sering sih katanya nggak baik,dulu wkt msh kuliah tiap hari :D

    ReplyDelete
  14. Dulunya saya benci kopi loh mba, apalagi kopi hitam... Tapi belakangan ini malah jadi lumayan addict! Gak tau kenapa tiba-tiba begini, mungkin ketularan temen yang selalu bilang "Aku cinta kopi" (^0^)/

    ReplyDelete
  15. @ Hanna HMZwan : Terima kasih kembali mba..... minum kopi kalau berlebihan sepertinya memang tidak baik mba, tapi ternyata, kopi juga ada manfaatnya :)

    ReplyDelete
  16. @ Gen-Q : Hehehe.... biasanya sih, emang suka ketularan :)

    ReplyDelete
  17. kopi.........sedap......sedap..........salam kenal

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah pertama kali dolan kesini malah disuguhin kopi hehe

    salam kenal mbak Santi

    ReplyDelete
  19. @ Lisa Tjut Ali : Begitu ada org yg menyeduh kopi.... tercium aroma nya hmmm.......... harum... :)

    ReplyDelete
  20. @ Lozz Akbar : Silahkan dinikmati kopi nya :) Salam kenal kembali, makasih sudah mampir.

    ReplyDelete
  21. Kopi plus roti sebelum ke kantor.., menu andalan. :)

    ReplyDelete
  22. @ Shinta : waah... sedap tuh... :)

    ReplyDelete
  23. Betul... kopi itu sangat banyak manfaatnya! Terutama bisa mencegah cancer karena mengandung antioksidan yang tinggi. Tapi hati2 klo punya hipertensi atau penyakit jantung....

    Aku juga demen banget minum kopi... Sampe pas hamil pun tetep minum kopi, tapi dibatasi 100-150 cc (1 cup).

    Btw, salam kenal yaaaa... tks udah follow blog ku ^^

    ReplyDelete
  24. Sewaktu hamil, saya juga meminum kopi :) Salam kenal kembali... terimakasih sudah mampir :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran