Wednesday, June 05, 2013

Kebutuhan Tidur Anak


Jangan menganggap remeh kebutuhan tidur anak setiap harinya ya Bu... Karena ada orangtua yang meremehkan kebutuhan kuantitas tidur anak-anaknya. Tetap perhatikan kebutuhan tidur anak termasuk tidur siangnya, tapi perhatikan aktivitas anak selama ia tidak menggunakan jam tidur siangnya. Bisa jadi, anak akan mengalami kelelahan, kurang tidur, sikap dan perilakunya berubah, serta beberapa hal lainnya yang juga termasuk saat anak berada di sekolah seperti halnya, sulit untuk fokus dan berkonsentrasi saat belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya.
Saya dan suami termasuk orangtua yang tidak bisa melalaikan kebutuhan tidur anak-anak kami. Tidur malam maupun tidur siang harus sama-sama berkualitas. Jika ada yang mengganggu anak-anak saat tidur, biasanya tidur siang, kami akan marah. Kami akan tidak suka jika anak-anak terganggu tidurnya. Karena tidur adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan, terutama tidur siang ya... karena biasanya tidur sianglah yang banyak gangguannya. Karena banyak majalah maupun tabloid yang saya baca akan manfaat tidur bagi anak-anak sangat baik untuk tumbuh kembang anak-anak, maka kebutuhan tidur anak adalah hak anak yang harus diberikan dan sangat dibutuhkan oleh anak-anak.

Kebutuhan tidur tiap anak memang berbeda, sesuai dengan usianya. Sementara anak-anak saya yang masih berusia 3 tahun dan 7 tahun, masih membutuhkan tidur siang. Walaupun yang berusia 7 tahun sudah mulai bolong-bolong tidur siangnya. Sementara yang berusia 3 tahun, harus tidur siang.


Usia 3 tahun perlu total waktu 12-13 jam, terdiri dari 9-12 jam tidur malam dan tidur siang 1-3 jam.
Usia 6 - 8 tahun, perlu total waktu 10-11 jam yang didapat dari tidur malam tanpa perlu tidur siang.
(sumber : health.kompas)

Semoga bermanfaat :)

                                                                                                             (gambar : www.sodahead.com)


                                                                                                                    (gambar : www.reikipath.org)

34 comments:

  1. Kalau anak2 kurang tidur biasanya suka rewel ya mak.

    Jangan lupa ikutan GA saya ya... http://forgiveaway.blogspot.com/2013/06/give-away-menyemai-cinta.html

    ReplyDelete
  2. @ Topics : angler itu apa? hehehe... gak tau nih..

    ReplyDelete
  3. @ Niken Kusumowardhani : betul mba Niken. hehehe... saya udah tau mba Niken ngadain GA tapi belum ada ide, semoga cepat dapat ide :)

    ReplyDelete
  4. Memang biasanya karena kebiasaan dari kecil ya, tapi kalo utk anak SD, biasanya sudah tidak akan bisa lagi tidur siang. Tidur malam yg berkualitas, biasanya sudah cukup

    ReplyDelete
  5. Mba Santi, Faiz kalau siang hampir seringnya enggak bobo, malamnya jam sembilan baru ngantuk

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
  6. baru tahu mbak kalau kebutuhan anak buat tidur itu beda beda, sama spt org dewasa juga ya mbak beda beda berapa jamnya :)

    ReplyDelete
  7. thanks atas info yang menarik ini, bisa saya terapin lebih disiplin n bai kpd anak2. Thks ya mba Susan.

    ReplyDelete
  8. tidur siang itu wajib hukumnya ya buat anak anak khususnya dan setiap insan pada umumnya, bahkan sangat dianjurkan..

    dan paling susah banget untuk menyuruh anak anak tidur siang karna biasanya mreka sibuk bermain heee

    trims for share this :)

    ReplyDelete
  9. Bener.. Klo kurang tidur selain rewel, jd cpt kurus..aya tuh susah diajak tdr siang, tp tdr mLamnya bs lbh cpt sih.. Salam kenal mbak...

    ReplyDelete
  10. @ astin astanti : Faiz usianya berapa? kalo usia 1-5 th, harus dibiasakan mba, karena kalo cuma tidur malam, belum cukup utk memennuhi kebutuhan tidur setiap harinya. Apalagi jika tidurnya jam 9 malam. Tapi kalo tidak terlihat tanda2 Faiz sering rewel, tdk konsentrasi gak usah terlalu khawatir ya mba, tetap saja dicoba utk mengajak Faiz utk tidur siang.

    ReplyDelete
  11. @ duniaely : kalau orang dewasa, max 8 jam sehari, kalo kurang dari segitu ya.. gapapa :)

    ReplyDelete
  12. @ Christanty Putri Arty : Sama2 mba :)

    ReplyDelete
  13. iya benar bgt, kalo anak kurang tidur jadinya suka rewel ya, tidur harus cukup...

    ReplyDelete
  14. @ wi3nd : iya betul mba, tapi sebetulnya jika dibiasakan, anak2 akan terbiasa. Terima kasih kembali :)

    ReplyDelete
  15. @ Ristin : Iya betul, kasihan kan kalo rewel terus :) salam kenal kembali

    ReplyDelete
  16. terima kasih sharingnya. :D bekal untuk suatu hari nanti

    ReplyDelete
  17. Kayaknya aku juga butuh nutrisi untuk tidur deh, dengan banyaknya tugas tidur ku jadi kurang dan suka membuat kepalaku sedikit pusing
    Nice Blog :)

    ReplyDelete
  18. PAscal usia 7 tahun aja masih suka tidur sinag kok hehehe walaupun 1 jam tapi sudah cukup membuat segar

    ReplyDelete
  19. Tidur siang, pada dasarnya bagus, untuk tumbuh kembang otak, tapi asal jangan sering, itu aku denger dari sebuah penelitian di Jepang

    ReplyDelete
  20. @ arr Rian : sama2. Semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  21. @ Catatan Harian Irfan : Selamat beristirahat. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  22. @ Lidya : Iya mba, 1/2 - 1 jam tidur siang utk anak usia 7 tahun sudah cukup, yg penting tidurnya berkualitas, agar ketika bangun badan jadi segar.

    ReplyDelete
  23. @ Andy : kalo utk anak kecil atau balita bagaimana?

    ReplyDelete
  24. Anank-anak harus sering tidur...

    ReplyDelete
  25. Memang tidur sesuai kebutuhannya, harus ya mba...

    ReplyDelete
  26. Dulu saat kecil, saya ingat pernah sangat tidak suka jika disuruh tidur siang. Rasanya lebih mengasyikkan jika waktu yg ada dipergunakan untuk bermain. Tapi saat ini saya menyesalinya, saat dimana keinginan untuk tidur siang malah tidak bisa saya dapatkan krn harus bekerja. loh kok jadi curhat!!
    :D

    Pengalaman saya tersebut, akhirnya saya ceritakan kepada kedua buah hati saya yang saat ini berumur 10 dan 8 tahun. Dan sekarang, mereka tidak lagi susah jika diminta untuk tidur siang.

    ReplyDelete
  27. KAlau kurang tidur, anak memang cenderung suka rewel yah mba...

    dan tidur siang juga penting lho...
    supaya ibu nya bisa ikutan tidur juga...halah...

    ReplyDelete
  28. @ heny : memberikan alasan yg masuk akal ke anak2, memang manjur ya... :)

    ReplyDelete
  29. @ Bibi Titi Teliti : hehehe... yg nidurin kadang malah suka ketiduran, dan akhirnya ikut tidur beneran :)

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah jika bermanfaat, selamat ya, atas kehamilannya :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran