Wednesday, January 08, 2014

Lagu Berbahasa Jawa Fayda

Gajah-Gajah adalah  lagu berbahasa Jawa yang baru dari mbahnya yang Fayda pelajari dan sudah hapal, bernyanyi sambil bergaya, apalagi logatnya yang tidak ke Jawa-Jawaan sementara lagunya lagu Jawa, membuat yang melihatnya akan tersenyum-senyum bahkan tertawa lepas :)

Sebelumnya, Fayda sudah hapal beberapa lagu berbahasa Jawa yang Fayda pelajari dari mbahnya juga. Anehnya, lagu berbahasa daerah kan susah ya, untuk dihapal, apalagi jika kita tidak bisa berbahasa daerah tersebut. Tapi namanya anak-anak, lagu yang sulit pun jika terus diulang-ulang akan hapal. Lagu berbahasa Jawa yang lain yang sudah Fayda kuasai ada disini & disini.

Dan kali ini, lagu yang baru Fayda pelajari adalah Gajah-Gajah dan Menthok-Menthok. Berikut adalah syair dari lagu Gajah-Gajah berikut terjemahannya :

Gajah, gajah, mréné tak kandhani jah
mripat kaya laron, siung loro, kuping gedhé
kathik nganggo tlalé buntut cilik, tansah kopat-kapit sikil kaya bumbung
mung mlakumu mégal mègol

Terjemahannya: Gajah-gajah kemari saya beritahu Jah; Mata(mu) seperti laron (maksudnya kecil sekali) taring (maksudnya belalai) dua kuping besar. Kok pakai belalai; Ekor kecil selalu berkibas-kibas; kaki seperti bumbung; hanya jalanmu migag-migug (maksudnya tidak luwes). 


Dan ini syair lagu Menthok-Menthok beserta artinya :

Menthok... Menthok... Tak kandhani
Mung rupamu... Angisin - ngisini
Mbok yo ojo ngetok ono kandang wae
Enak - enak ngorok ora nyambut gawe
Menthok... Menthok... Mung lakumu...
Megal - megol nggawe ngguyu...

Menthok merupakan salah satu hewan berjenis unggas seperti Bebek dan dikenal dengan Itik. Menthok atau Itik digunakan untuk memberi sindiran terhadap perilaku buruk manusia yang bersifat malas. Jika kita terjemahkan, maka lirik Tembang Menthok mempunyai arti kira - kira seperti berikut ini:

Menthok (Itik)... Menthok (Itik)... Saya beri nasehat...
Ekspresi wajahmu (atau rupamu bisa juga diartikan "gayamu") ko memalukan...
Seharusnya jangan selalu berada di dalam kandang saja
Bersantai (enak - anakkan) tidur mendengkur tidak bekerja
Menthok (Itik)... Menthok (Itik)... Ko jalanmu
Megal - megol membuat orang tertawa.
(sumber)


gambar


Sementara saya, tidak hapal-hapal akan lagu ini (udah lemooot :D )

48 comments:

  1. Aku suka yg menthokkkk...menthokkkk...hehe.seneng aja....lucu kali ya fayda nyanyi lagu menthok hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lucu ketika pantatnya megal megol hehehe

      Delete
  2. wah, kl anak saya sukanya malah susan dan ria enes... yg judulnya pak raden dan pak dhengkek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... anak saya belum saya kenalkan dgn susan dan ria enes pak..

      Delete
  3. kalau anak-anak cepat hafal ya walaupun itu lagu daerah. kalau pascal alvin bisanya lagu daerah sunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fayda kalo saya nyanyiin lagu sunda, malah gak mau mak, apa mungkin suara sayanya yang fals ya... hehehe

      Delete
  4. menthok menthok tu kayak udah terpojok gitu yaa....
    udah menthok...
    :P

    ReplyDelete
  5. hilya malah belum satupun lagu sunda yg dia hafal..
    #sedih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fayda juga lagu bahasa sunda mah gak ada yg hapal mba hehe

      Delete
  6. ahahaa.. menthok.. menthok... lucu banget ngebayanginnya..
    saya nulis ini juga sambil senyam senyum mbak.. ^^

    ReplyDelete
  7. Wahh itu lagu ku mbak hehehe, Aku juga diajarin kakek dan suka sekali nyanyi pas di TK hehehe, ayo Fayda nyanyi sama tante :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo tante ajarin jogetnya juga ya... :D

      Delete
  8. Menthok-menthok dong itu lagu zaman saya SD. Kebetulan di buku paketannya ada lagu ini jadilah Bu guru ngajak muridnya nyanyi bareng. Baca syairnya aja saya masih keingat gaya bu guru yang meniru jalannya menthok wkwk..
    Tapi Gajah-gajah aku belum pernah dengar mbak..
    ajarin dong hehe..

    ReplyDelete
  9. pasti lucu sekali Fayda menyanyikan lagu anak-anak itu...

    ReplyDelete
  10. Kunjungan perdana mbak di blognya mbak
    salam kenal
    ditunggu kunbalnya
    hehehe

    ReplyDelete
  11. menthok..menthokk. ndak tau lagi lagunya :D

    ReplyDelete
  12. minta link lagu mp3nya donk, mba.. hehe yang menthok2 kayaknya oke

    ReplyDelete
  13. Bagus Jeng agar anak2 tahu lagu-lagu lain ya
    Itu lagu terkenal jaman saya SD lho
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak Dhe, anak2 saya belajar dari mbah Utinya :)

      Delete
  14. lagu kanak-kanak semacam ini perlu disebarluaskan agar bisa menyaingi lagu dewasa yang sudah menjalari otak kanak-kanak zaman sekarang....,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  15. request rekam suara/videony mba.. trus upload dsini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mba, memang niatnya begitu tapi blm kesampean hehe

      Delete
  16. anak-anak saya juga seneng nyanyi lagu-lagu jawa,soalnya kita juga bahasa jawa untuk percakapan sehari-hari jadi gampang ngapalinnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di keluarga, saya menggunakan b indonesia, karena saya bukan org Jawa :)

      Delete
  17. Saya ngerti mbak bahasa jawa tapi kalau disuruh ngomong masih kaku hehe

    Postingan ini melestarikan budaya Jawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dua2nya gak ngerti mba Titis hehe

      Delete
  18. Kalau saya dulu hafal lagu menthok-menthok, tp sekarang hampir blas lupa liriknya :(
    bagus mba, belajar menyanyi tradisional, karena itu akar bangsa kita :)

    ReplyDelete
  19. kalo dulu saya diajari itu bebek adus kali.. sabune sabun wangi bapak mundhut roti.... hehehe sampek lupa gimana liriknya.. jawa mana nih sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... lucu ya lagu nya. Saya buka org Jawa, tapi mertua saya yg dr Jateng :)

      Delete
  20. kalo orang jawa mah nyanyi lagu ginian lancar.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo org jawa nya sih, tapi saya sendiri bukan org jawa, jadi gak bisa :)

      Delete
  21. di jaman modern ini masih ada yang nyanyiin lagu daerah ini.. tetep dilestarikan sampek keturunan yang lain.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya memang begitu ya, tetap dilestarikan :)

      Delete
  22. salam kenal mbak. kalau anak saya malah sukanya lagu "tombo ati" sama "insyaallah" maher zain. padahal masih umur 17 bulan :D. lagu daerah (dari sunda) kayaknya belum ada yang temanya hewan-hewan kayak gitu.

    ReplyDelete
  23. Lir Ilir ?
    Menthok - Menthok ?

    itu lagu-lagu Jawa yang sudah lama ... senang juga jika anak-anak sekarang masih mau menyanyikannya ...

    (tetiba tangan saya gatal ...)(hehehe)

    Salam saya Bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lir Ilir, Sluku-sluku Bathok, Menthok-Menthok, Dondong Opo Salak... ayo Om mainkan terus upload ya, saya pengen denger hehe

      Delete
  24. siip... jadi kangen dg lagu2 dolanan bocah ini.. hehe... bagus, mbak.. :)

    ReplyDelete
  25. ckckck.. ini lagu jawa tepatnya Jawa mana, ya, mba... di tempatku Jepara, Jawa Tengah kok rasa2nya asing nih lagu.. salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Menthok-Menthok lagu daerah Jateng, kalo Gajah-Gajah lagu daerah Jatim. Tapi tepatnya dr daerah mana saya kurang tahu. Yang jelas anak saya belajar lagu itu dari mbahnya yg berasal dari daerah Jawa, pernah tinggal di Jateng & Jatim

      Delete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran