Thursday, May 08, 2014

ERICSSON GA 628 Hape Jadul Pertama Saya

Akhir tahun 1998, Apa (Ayah) saya pertama kali membeli hape. Hape yang saat itu masih langka, yang tidak banyak orang punya dan harganya pun mahal banget, begitu pun dengan harga kartu perdananya yang saat itu masih di dominasi (dan mungkin satu-satunya) oleh Simpati yang harganya pun masih mahal. Tidak seperti kartu perdana sekarang, yang bisa dibeli hanya dengan harga sepuluh ribu dengan berbagai macam pilihan kartu. Saat Apa memiliki hape pertamanya itu, beliau dengan bangga memamerkan pada anak-anaknya :) Dan yang namanya anak-anak, pasti penasaran. Tapi berhubung oleh Apa anak-anak dilarang memegangnya, jadi kami hanya melihat hape tersebut dari genggaman tangan Apa. Maklumlah, namanya barang mahal berupa hape pertama yang dimiliki Apa, yang mana masih jarang orang punya dan Apa pun masih meraba-raba cara menggunakannya :) Hape saat itu hanya dipakai untuk SMS dan telpon. Layar untuk SMS pun hanya satu baris, dimana jika membaca SMS bukan ke bawah, tapi terus kesamping (saking kecilnya layar) :D
Tahun 1999 Apa wafat (kejadian yang masih melekat kuat di hati dan pikiran saya). Dan hape ERICSSON GA 628, hape jadul Apa, saya yang pegang. Masih belum bisa mengoperasikan (masih culun), mengutak-atiknya bagaimana ini ya... :) Menelponnya bagaimana, SMS bagaimana, saya saat itu tidak tahu, pokoknya mah jadul pisan euy... :D Tapi akhirnya setelah lama berutak-atik dengan hape tersebut, bisalah saya mengoperasikannya. Tibalah saat mengisi pulsa yang sudah habis, gimana ya caranya isi pulsa? hehehe... tanya sana sini, ternyata beli pulsa kalau dulu masih menggunakan kartu. Maksudnya beli kartu Simpati untuk mengisi pulsa. Dalam kartu tersebut ada kode yang harus kita gosok dulu lalu dimasukan/diketik pada hape kita. Maka pulsa pun masuk. Kode yang harus kita masukan pun banyak, kalau tidak salah ada sekitar 10 digit deh... Dan beli pulsa kalau tidak salah minimal harganya Rp. 100.000,- mahal banget kan? Dulu kartu untuk isi pulsa tersebut saya simpan, sampai banyak tapi sekarang sudah hilang semuanya. Lumayan lama saya memakai hape Alm. Apa saya. Setelah saya memiliki hape lagi, hape punya Alm. Apa diminta oleh Adik saya. Saya beri, saya bilang : "Dirawat ya, ini kan hape peninggalan Alm. Apa". Adik saya menjawab : "iya". Tapi gak lama hape itu malah rusak dan sekarang hilang. Sedih banget deh, padahal itu kan, kenang-kenangan dari Alm. Apa. Walaupun misalnya sudah rusak pun, tapi kalau masih disimpan, saya akan senang.

Inilah penampakan hape jadul itu. Keyboard casing-nya kalau tidak salah ada 4 warna. Kuning, merah, biru dan hijau. Dulu saya sangat suka mengganti-ganti keyboar casing-nya :)





http://www.istiadzah.com/2014/05/giveaway-cerita-hape-pertama.html

32 comments:

  1. kalo saya siemen mbk hihi....itu gede bgt ya ;)

    ReplyDelete
  2. hp pertamaku jg ericson, tapi lupa yg tipe apa. kudu browsing neh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ingatnya hasil dari browsing hehehe

      Delete
  3. gede, tapi belum ada apa-apanya dibanding hape pertamaku >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat nimpuk kayaknya bikin benjol ya mak... hehehe

      Delete
  4. Aku dulu punyanya Siemens Mak... tapi emang dulu itu beli nomor aja mahal bingits... malah adik iparku beli nomor perdana dulu aja harganya 750.000 padahal tahun 2000 yg lalu. Mahal banget kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa saya dulu beli kartu perdana kalo gak salah satu juta deh... *eh bener gak ya* hehehe

      Delete
  5. Hp jadulku dulu Nokia, serinya gak tau. Aku nggak pernah ngeh seri2 hp. Kata suamiku itu yang terbaik. Aku iyain aja karena dibelikan hihihiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... saya juga sudah lupa seri hape pertama saya, stlh browsing baru deh tau hehehe

      Delete
  6. dulu kartu perdana tuh muahal bgt yak.. jdnya sayang bgt klo ganti kartu. Klo skrg sih murah2, jdnya aku sering gonta ganti kartu #emak2labil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mak... saya aja udah berapa kali ganti kartu *emak2labiljuga# :)

      Delete
  7. cerita hepe pertama slalu berkesan ya .

    ReplyDelete
  8. wah baru tau ada hp yg casing keypad-nya bisa diganti2 :))

    makasih ya mak udah ikutan :)))

    ReplyDelete
  9. HP di atas tuh kalau buat SMS hanya cuku 150 karakter kalau gak salah. Mirip Twitter kalau sekarang, ya. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... saya gak tau cukup berapa karakter, tapi mungkin juga sih... jadi kalo sms gak bisa banyak2 ya... hehehe

      Delete
  10. iyuuuk sukses yo Mak Santi, cerita HP pertama emang selalu seru

    ReplyDelete
  11. aku nokia :) udah gak ada ya ericsson skr?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu.... ericsson itu no 1, tapi skrg malah melempem hehehe

      Delete
  12. Waah.. itu sih jadul pisan mbak. xixixi

    ReplyDelete
  13. Waah 98 udah punya hape.. saya baru punya mainan hape tuh, itu aja minjem punya adek hihii

    ReplyDelete
  14. iya, dulu kartu perdana mahal banget :D

    ReplyDelete
  15. Seru ya baca cerita temen2 tentang hp pertamanya, termasuk crita Ibu-nya Farras ini .. :)

    ReplyDelete
  16. hihi.. iya yaa... hape pertamaku nokia sejuta umat - tapi sebelumnya udah punya yang merek china, ribeeet banget daftarnya :D

    ReplyDelete
  17. hp jadul emang mahal ya mak.. pulsanya juga. hp pertamaku siemens mak. layarnya cuma muat nampung 1 baris kalimat :D

    ReplyDelete
  18. Wahh - Hape jadul itu masih awet ya ;)

    ini cerita hape ku : http://omman.blogdetik.com/2014/05/25/on-off-on-off/

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran