Thursday, November 27, 2014

Vitamin C Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Biasanya saya baru tahu kalau saya kekurangan vitamin C itu, ditandai dengan sariawan, atau flu (batuk dan pilek). Iya, begitu sariawan atau flu, pasti saya akan berpikir, saya kekurangan vitamin C nih... Dan langsung deh, segala bentuk dan macam obat vitamin C dilahap. Termasuk buah-buahan yang mengandung vitamin C. Ternyata vitamin C itu sangat mudah kita dapatkan ya... sepertinya hampir semua buah mengandung vitamin C. Mulai dari jeruk, pepaya, jambu biji, tomat, apel, mangga, strawbery, kiwi dll. Sepertinya ada sekitar 21 buah yang mengandung vitamin C. Begitu pula dengan sayuran. Di dalam sayuran, mengandung pula vitamin C. Seperti brokoli, kubis, kembang kol, bahkan cabe. Jika dengan mudahnya kita mendapatkan makanan yang mengandung vitamin C, seharusnya kita tidak boleh kekurangan vitamin C ya? Tapi ya... kadang kita suka lalai dalam memperhatikan kesehatan kita, termasuk saya.
Seringnya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food, menyebabkan kita kekurangan vitamin C. Padahal untuk para wanita khususnya, jika ingin kulitnya terlihat selalu sehat, seharusnya rajin mengkonsumsi vitamin C ini. Kulit yang tidak sehat, seperti kulit kering, ini juga menandakan bahwa kita kekurangan vitamin C. Dan kulit kering ini sangat menggangu kesehatan dan kecantikan kulit kita tentunya. Seringnya mengalami gusi berdarah, ini juga menandakan kita kekurangan vitamin C. Jadi memang vitamin C ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, agar kita selalu sehat dan bugar. Karena jika kita kekurangan vitamin C ini, selain yang saya sebutkan di atas, kita pun akan kehilangan mood.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan bahwa vitamin C dikonsumsi cukup hanya  dengan 45 mg per hari. Adapun rekomendasi dari National Institute of Health di Amerika, wanita normal rata-rata membutuhkan sekitar 75 mg vitamin C.Sementara setengah cangkir atau 125 ml jus jeruk mengandung sekitar 50 mg vitamin C. Jika mengacu pada WHO, tentu dengan mengkonsumsi setengah cangkir atau 125 ml jus jeruk tersebut, sudah bisa mencukupi asupan vitamin C seharinya. Jadi cukup mudah bukan, untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Tetap berhati-hati, jangan sampai kita kelebihan dalam mengkonsumsi vitamin C. Karena jika kelebihan mengkonsumsi vitamin C, efek/akibatnya adalah diare dan meningkatnya asam lambung.

Dan ternyata, kekurangan vitamin C juga bisa mengakibatkan penyakit katarak. Apabila kekurangan vitamin C lensa mata akan menjadi buram sehingga dapat menyebabkan pandangan menjadi kabur.
So... jika tidak ingin penyakit katarak ini mampir di mata kita, akan lebih baik jika kita waspada dengan selalu mengkonsumsi vitamin C setiap hari, sesuai dosis tentunya ya....
Karena biasanya katarak akan menimpa seseorang yang sudah lanjut usia, untuk menghindari penyakit tersebut di kala kita tua, sebaiknya terus perhatikan asupan vitamin C kita setiap harinya. Kita tetap ingin kan, di hari tua kita nanti, kita masih terlihat sehat dan tidak mudah sakit-sakitan?

Apalagi sekarang ini, vitamin C bukan hanya digunakan sebagai kesehatan. Vitamin C juga digunakan untuk perawatan kecantikan, karena memang vitamin C ini menjaga kulit kita agar selalu sehat. 
"Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas, meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit, serta membentuk kolagen," jelas pakar nutrisi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, Sp.GK.

Selain data dari WHO dan data dari National Institute of Health di Amerika tersebut di atas, ada data terbaru yang saya baca yaitu dari  Dr. Linus Pauling Ph.D, seorang tokoh yang berjasa peraih dua penghargaan Nobel pada tahun 1954 dan 1962, temuannya yang paling populer adalah: Vitamin C Dosis Tinggi dapat mencegah serta menyembuhkan 75% dari semua kanker dan memperpanjang masa hidup penderita kanker 4 - 5 kali lebih lama dibandingkan yang tidak mendapatkan terapi Vitamin C. (sumber)

Begitu banyak ya, manfaat akan vitamin C ini. Jadi... jangan tunggu nanti dan nanti untuk mengkonsumsi vitamin C setiap harinya agar kesehatan dan kecantikan kita selau terjaga. 

words = 593

32 comments:

  1. Vitamin C juga bisa membuat kita terhindar dari kegemukkan.
    Sukses GA nya Mbak :)

    ReplyDelete
  2. Saya suka sekali mengkonsumsi Vitamin C dari buah buahan saja Jarang menggunakan suplemen vitamin vitamin C seperti obat obatan dan minuman berenergi Asyik kalau lebih alamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih alami, lebih tenang mengkonsumsinya ya pak....

      Delete
  3. huwowo emang vit C banyak sekali manfaatnya aku suka sekali mengkonsumsi buah2 an mbak :)

    ReplyDelete
  4. Ikutan ah... makasih ya mbak susanti...

    ReplyDelete
  5. Vitamin c emang dibutuhkan tubuh ya mbk
    Terima kasih atas partisipasinya :)

    ReplyDelete
  6. Vitamin C untuk tubuh saya usahakan didapat dari sayur atau buah, kalau badan sedang tidak fit baru cari vitamin C tablet

    ReplyDelete
  7. kalau yang suntik vit c kewajah itu gimana ya *OOT *pegang2 muka
    tapi emang vit c emang bagus buat tubuuh^^ setuju

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadduuh... kalau itu saya kurang tahu... hehe...
      setuju :)

      Delete
  8. aku vit c nybaru sebatas dr buah2an, ngga telaten minum suplemen, apalagi kalo suntik, kok syerem yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo suntik menyntik emang serem mak, saya juga gak akan mau hehe...

      Delete
  9. tul Mbak, vitamin C baik yg dari suplemen maupun yg dari buah2an wajib tersedia di rumah... terbukti banget pada anak2ku, kalo kekurangan vit C pasti adaa aja, kadang bibirnya pecah2 dan gampang kena flu

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalo saya, minum suplemen itu kalo udah kerasa sakit, atau merasa kekurangan vit c :)

      Delete
  10. Vitamin C banyak sekali manfaatnya ya. Aku suka makan buah yang mengandung vit C seperti jeruk dan mangga (klo musim) :D

    ReplyDelete
  11. Penting banget untuk kulit yg sudah menua kayak aku. Tapi suntik? Hiiii.... OOT, mak optimasinya jangan kebanyakan (link di semua vit c) ntar masuk sandbox.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh... saya gak ngerti apa2 nih... sandbox itu apa ya?
      Tapi makasih pemberitahuannya ya... saya coba kurangi :)

      Delete
    2. iyaaaa...sandbox itu apaan ya? soalnya kan emang disuruh gitu sama penyelenggara kontesnya^^ ngegugel deeeh...

      Delete
    3. Huum mak Litha, gimana dong ya...
      saya juga langsung ke google

      Delete
  12. vitamin C dosis tinggi memang baik untuk penderita kanker. biasanya di rumah sakit ada jadwal injeksi vitamin C juga setelah kemo.

    good luck, Mak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bu bidan, pasti lebih tau banyak :)

      Delete
  13. Butuhnya cuma 125 ml??? Padahal kalau di jus bisa minum bergelas-gelas jus jeruk :D

    ReplyDelete
  14. Tapi aku masih bingung dengan "Vit C untuk memutihkan kulit"
    ah yang penting aku makan buah tiap hari untuk memenuhi kebutuhan vit C,makasih infonya mak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, yg penting setiap hari konsumsi vit C :)

      Delete
  15. ehmm...kayaknya aku lagi kekurangan vit c niih... belakangan ini lagi flu sama batuk :(
    apalagi kondisi cuaca kayak gini yaaa.. kadang ujan kadang panas. fufufufuuu...
    sukses GA mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mak, begitu kita flu atau batuk, baru ketahuan deh, kalau kita kekurangan vit C. makasih ya... :)

      Delete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran