Tuesday, June 30, 2015

Makanan Khas Bulan Ramadhan

Jika bulan Ramadhan tiba, biasanya ada beberapa makanan yang biasa terhidang ketika buka puasa. Di setiap daerah di seluruh Indonesia, pasti memiliki makanan khas yang biasa ada ketika hendak berbuka puasa di bulan Ramdhan. Contohnya saja timun suri, atau di tempat saya biasa disebut dengan bonteng suri atau bonteng puan. Timun suri ini, jika bulan-bulan biasa (bukan bulan Ramadhan) akan sulit untuk dicari, tidak seperti pada bulan Ramadhan. Di bulan Ramdhan, timun suri akan mudah sekali dicari. Di pinggir-pinggir jalan timun suri berjajar dijajakan oleh para pedagang. Di kota saya, kota Serang, pada saat bulan Ramdhan, timun suri bak jamur di musim hujan. Banyak banget..... Dan memang enak dan segar berbuka puasa dengan minuman dari timun suri ini. Minuman timun suri bisa dicampur sirup atau menggunakan gula pasir saja, ditambah air dan es.


Timun suri yang bikin segar :)

Selain timun suri, makanan khas saat berbuka puasa di kota saya adalah ketan bintul. Ketan bintul adalah makanan yang terbuat dari beras ketan ditabur kelapa sangrai yang berwarna cokelat. Apalagi jika ketan bintul dimakan bersama kuah empal daging. Waah... sedap dan nikmat :) Selain ketan bintul, ada juga makanan khas untuk berbuka puasa yaitu cuwer. Kue cuwer berwarna hijau dimakan bersama kelapa yang sudah dikukus. Saya lebih suka cuwer, sementara suami saya lebih suka ketan bintul dengan empal daging. Ada satu lagi makanan khas bulan Ramadhan, yaitu apem cukit. Apem cukit berwarna putih dan dimakan bersama gula merah yang sudah dicairkan. Saya penggemar apem cukit. Hanya saja kalau beli apem cukit, kuah gula merahnya hanya sedikit, jadi saya suka mencairkan gula merah sendiri di rumah. Lebih enaknya sih punya gula merah cair kemasan.


Yang berwarna hjau namanya cuwer, yang putih namanya apem cukit, disebelahnya ada gula merah cair yang seuprit doang :)


Ketan bintul yang berwarna putih ditabur kelapa sangrai, yang di mangkok adalah empal daging yang dimakan bareng dengan ketan bintul

49 comments:

  1. Replies
    1. kalo kurma dan kolak sepertinya di semua daerah ada ya.... ini yg khas dari daerah Serang saja. Makasih :)

      Delete
  2. Grrrrhhhh ...
    Timun suriiiiiii ...

    (salah timing nih ...siang-siang gini lihat foto timun suri )
    (ngeces badai ...)

    Salam saya Bu
    (30/6 : 6)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.... nanti buka pusanya sama timun suri ya Om... :)

      Delete
  3. ya allah, baca ini siang-siang langsung laper dan haus. *semoga aku kuat ya Allah* hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya, postingannya bikin lapar dan haus :) harus kuat ya.... :D

      Delete
  4. dan,saya kangen baget sama timun suriii...di siak nggak nemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Timun suri emang selalu ngangenin ya mak.... :)

      Delete
  5. penasaran sama ketan bintul, soalnya saya sukanya yg gurih2 :D

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. enak Ipah... :) makannya bareng kelapa

      Delete
  7. Timun suri itu emang paling pool.. bikin adem perut :)

    ReplyDelete
  8. Eh kebetulan banget, aku baru aja nemu timun suri di pasar..mau dibikin bukaan hari ini :D Adem..seger..

    ReplyDelete
  9. mbaaaak...
    aku kok belum pernah nyobain si apem cukit ini yaaaah...
    pengeeeen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak lho mak.... mari sini ke Serang :)

      Delete
  10. Aku bingung timun suri itu bisa diapain aja, ternyata buat es ya :))

    ReplyDelete
  11. timun suri termasuk favorit. Tapi kalau yang di bawah rasanya saya belum pernah coba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg mana mak? cuwer, ketan bintul atau apem cukit?

      Delete
  12. di cirebon sih yg paling disukai sih sambal asem. Kalau aku sejak datang ke cirebon dan menetap di sini gak suka dg sambal asam ini, kayaknya gak cocok untuk berbuka, masa berbuka dg yang asam2

    ReplyDelete
  13. wah nama makanannya lucu-lucu mbak :)

    ReplyDelete
  14. Lihat cuwer...kok warnanya mirip klepon mak.....tapi bentuknya persegi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. warnanya sama2 ijo ya mba, tapi kalo klepon ada isi gula merahnya, kalo cuwer gak ada :)

      Delete
  15. Aaaa... jd pengen timun suri mbaaa... segeeeerrr

    ReplyDelete
  16. mbak enak sekali tuh..aku belum makan seperti ini...jd penasaran :)

    ReplyDelete
  17. belum pernah makan cuwer dan cukit

    ReplyDelete
  18. Hmmm.. enggak pernah sekalipun rasakan makanan itu *mupeng hehehe


    ReplyDelete
  19. Blm pernah makan timun suri, gak tau di jepara ada apa kagak

    ReplyDelete
  20. Wah, ada orang serang juga, salam kenal teteh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali, dari Serang juga?

      Delete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran