Monday, June 08, 2015

Ramadhan In Love with Farras

Ini adalah cerita tentang Ramadhan saya bersama Farras, ketika Farras baru pertama kali belajar puasa Ramadhan. Ramadhan in love saya bersama Farras.

Farras pertama kali (belajar) puasa adalah ketika berusia 6 tahun, di saat Farras duduk di kelas 1 SD. Sepertinya di usia ini, apalagi Farras sudah masuk SD, rasanya mental Farras sudah siap.

Ternyata memang benar, di usia ini psikologis dan tubuh Farras sudah siap menerima puasa selama satu bulan penuh. Di awal-awal puasa Farras sempat merengek minta buka, tapi tidak lama. Awalnya saya pun merasa bahwa tidak apa-apalah jika Farras puasa hanya setengah hari. Namanya juga baru belajar puasa. Tapi ternyata Farras kuat bisa terus menjalankan puasanya sampai Maghrib. Akhirnya perjalanan panjang Farras dalam menjalani ibadah puasanya  bisa dilalui dengan cukup baik. Dan supaya Farras tetap bersemangat dalam menjalankan ibadah puasanya, saya, ayahnya dan juga tantenya akan memberi hadiah. Jika satu hari penuh Farras bisa puasa, maka hadiahnya adalah uang sebesar Rp. 10.000,- dari saya dan ayahnya, juga uang Rp. 10.000,- dari tantenya. Jadi total seharinya Rp. 20.000,- jika puasanya full satu hari. Ada yang membuat saya terharu juga selain puasa Farras yang bisa dijalani selama satu bulan penuh, yaitu sholat tarawih Farras pun full selama satu bulan, walaupun sempat tidak tarawih di Masjid, tapi Farras tetap sholat tarawih berjamaah bersama kami di rumah. Juga sholat 5 waktunya pun tak ada yang bolong sama sekali. Siapa yang tidak terharu coba........ :) Disamping itu, setiap hari Farras mengaji. Biasanya setelah sholat Dzuhur atau sholat Ashar. Duuh.... tambah cinta deh saya sama Farras hehehe..... It was really Ramadhan in love with Farras. Walaupun puasa pertamanya, Farras tidak sulit dalam menjalankan puasanya, tidak rewel, dan mudah diajak kompromi.

Menurut saya, berdasarkan pengalaman saya mengajarkan Farras puasa, bahwa mengajarkan anak berpuasa seyogyanya adalah ketika seorang anak telah siap. Siap jiwa dan raganya. Siap mental dan fisiknya. 
words : 300

40 comments:

  1. mengajarkan anak untuk taat syariat emang dari kecil ya Mak. Kalau sudah kelewat besar, bisa malah jadi susah. Farras hebat. tahun ini full lagi dong puasanya ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an tahun ini pun bisa full, thn kmrn gak puasa 3 hari karena sakit. Makasih ya aunty :)

      Delete
  2. Memang butuh berbagai trik ya Mbak agar memotivasi putra kita terlatih berpuasa sejak dini... met ngontes ya Mbak semoga sukses....

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah ya mbak farras udah bisa puasa full,,semoga taun ini farras lebih siap ya mbak,hehe

    ReplyDelete
  4. dulu anaku baru puasa full kelas tiga SD. Sebelumnya setengah hari atau sampai jam empatt sore. Soalnya ada sedikit ketakutan. karena anak temanku masih TK puasa penuh ,s udah lima hari bisa full, suatu hari anaknay minta buka padahal baru jam setengah enam, ibunya bilang , bentar lagi sayang . pas buka ibunya masuk kamar anaknya terlihat tidur padahal sudah meninggal. Aku jadi ngeri , akhirnya aku putuskan anak2 puasa fullnya kalau sudah agak gedean dikit dan lagipula bagi mereka kan belumwajib baru tahap belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah.... saya merinding bacanya mba Tira

      Delete
  5. farsa pinter ya. navaro juga sekarang sudah 6 tahun.. mudah mudahan tahun ini dia bisa mulai puasa juga. tahun kemarin sudah belajar puasa tapi jam 10 buka. itupun baru beberapa hari aja dia mau puasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Navaro sudah siap menjalankan puasa tahun ini ya... Semangat Navaro! :)

      Delete
  6. menginspirasi mak. tahun ini damar dah mau saya ajak belajar puasa. enam tahun umurnya. sedikit2 dulu lah. sholat aja dia belum saya ajari full, baru ikut2an. mohon doanya ya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, pelan2 dan sedikit2 saja. gak usah dipaksakan. Semoga Damar bisa berpuasa dgn baik ya.... Aamiin

      Delete
  7. kok saya jadi malu ya...
    emng sih sama belajar puasa dulu juga pas kecil tapi nggak pernah pol puasanya.

    dan sampe dewasa pun kadng masih bolong..

    ah... malu sama anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga kita diberi kesehatan terus dlm menjalankan ibadah puasa ya....

      Delete
  8. Wah hebat nih Farras masih 6 tahun tpi udah bisa full puasa 1 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga th ini bisa full lagi. Makasih ya...

      Delete
  9. kebayang ya,terharunya orangtua kalo lihat anaknya puasa di bulan ramadhan...faras keren bangettt^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terharu banget mak hana... makasih ya...

      Delete
  10. Duuuh keren deh Farras :)
    Mudah2an tahun ini semangat terus puasanya yaaah :)

    Kayla juga mulai puasa penuh pas kelas 1 SD tuh mbaaak...
    Kalo Fathir mah, puasa gak makan, tapi masih suka minum tuh mbaaak..soalnya mainnya lari2 terus jadi suka kecapekan sendiri...bhahahaha,,,

    Tapi kalo shalat tarawih mah paling semangat mereka mbaak..
    Soalnya bareng2 sama temen2 sekomplek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayla juga keren :) fayda juga blm bljr puasa mak Erry :)

      Delete
  11. Anakku blm bisa full mak...stengah hari ramadhan kemarin. Tahun ini semoga bertambah bagus.... Paling semangat pas buka bersama di masjid , menu takjil...bareng tmn2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, gak usah dipaksakan. sekuat anak2 aja, namanya juga masih belajar

      Delete
  12. Ngak terasa bentar lagi ramadhan, kak farras udah beli sarung baru buat taraweh blm ???
    Om cumi udah kmrn di tenabang hahaha #pamer

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.... Farras gak pernah beli sarung di tanah abang Om :)

      Delete
  13. Jadi ingat waktu belajar puasa waktu kecil dulu baca cerita Farras ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D puasanya full terus ya waktu kecilnya...

      Delete
  14. aku dulu belajarnya puasa sampe dzuhur, mbak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya juga gak langsung penuh mak... :)

      Delete
  15. Wah keren Farras. Sebaiknya memang dari kecil diajar puasa. Kecil aja udah full puasanya, semoga makin besar makin baik.

    ReplyDelete
  16. farras keren :)
    salam kenal mbak santi :)

    ReplyDelete
  17. Dulu belajar puasa dari TK Nol Kecil. Puasa setengah hari. Itu berlangsung hingga kelas 1 SD. Pas kelas 2 SD aku puasa magrib dan kuat! Nggak ada reward yang aku dapat seperti Faras. Duit itu. Hihihi...

    Farras, kamu kereenn! Tahun ini full lagi yaaaa...

    ReplyDelete
  18. farras pintar ya..udah belajar puasa ramadhan dari kecil :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran