Tuesday, July 28, 2015

Celoteh Fayda Part 20

Bulan puasa yang baru saja berlalu, beberapa hari Fayda ikut bangun sahur. Sebetulnya Fayda gak ikut makan sahur, hanya ingin ikut-ikutan bangun sahur saja seperti kakaknya. Suatu hari, Fayda ingin puasa, katanya puasanya mau full sampai maghrib. Mungkin termotivasi dari kakaknya. Oke deh saya dan suami saya mengizinkan Fayda puasa, asal saat sahur, ikut makan. Fayda setuju. Setelah sholat subuh, Fayda tidur lagi, Ketika bangun tidur, Fayda minta susu. Saya bilang, "Katanya puasa Dek.... " Fayda cuma nyengir dan bilang, "Oh iya.... ya..... " Ketika ayahnya menawarkan susu, Fayda pun menjawab, "Adek kan puasa, Yah.... "
"Siip.... " Kata ayahnya.

Jam menunjukan pukul 9 pagi. Tiba-tiba Fayda bisik-bisik pada ayahnya.
Fayda : "Ayah.... Adek pengen makan, Adeknya laper, lemes.... "
Hahaha.... ternyata Fayda belum kuat puasa satu hari penuh. Masih pagi udah pengen makan :) Dan kenapa pula gak ngomong langsung, tapi mesti bisik-bisik :D 

Saya memang belum mengajarkan Fayda untuk puasa, karena menurut saya Fayda masih terlalu kecil, usianya baru 5 tahun. Mungkin nanti setelah usianya 6 tahun, di saat Fayda sudah sekolah di SD, baru saya akan memperkenalkan puasa pada Fayda, seperti saya memperkenalkan puasa pada Farras, di saat Farras berumur 6 tahun. Menurut saya, di usia itu anak-anak sudah siap fisik dan mentalnya.

Lain waktu, Fayda pernah bertanya yatim piatu itu apa? Mungkin Fayda mendengar saat bermain bersama teman-temannya tentang kata tersebut, atau mungkin melihat tayangan di TV, sehingga muncullah kosakata baru yang belum Fayda mengerti. 

Ketika di jalan, saat kami berada di atas motor, tiba-tiba Fayda tanya, "Menjaga jarak itu apa?" Sepertinya Fayda habis membaca tulisan Jaga Jarak :)

Fayda lagi senang-senangnya melihat youtube pake ponsel, makanya gak heran jika pulsa cepat jebol :) yang Fayda lihat di youtube adalah film Mr. Bean. Gak tau kenapa, Fayda doyan banget nonton film Mr. Bean. Sampai suatu hari, ayahnya menemukan kalimat : "Mr. Bean yang belum" di search youtube. Ternyata Fayda mencari film Mr. Bean yang belum Fayda tonton dengan kata kunci tersebut. Saya dan suami saya ketawa. Ya ampun Fayda.... mana ada film Mr. Bean dengan judul tersebut :D

Mumpung masih bulan Syawal, saya mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin ya teman-teman semua :)


24 comments:

  1. gak apa=apa ya Fayda namanya juga lagibelajar puasa, Insya Allah tahun depan bsa puasa sampai magrib. Maaf lahir batin mbak, maaf baru bisa bw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya tante makasih :)
      sama2 mba Lidya, habis mudik ya... :)

      Delete
  2. Anak usia segitu keponya super banget ya, mbak. Kadang saya juga suka bosen jawabin pertanyaan ponakan. jawab a, lalu dikejar dengan pertanyaan b dan seterusnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, anak2 emang banyak keponya tapi positif :)

      Delete
    2. sepakat, keponya sampai bikin yg jawab kehabisan kalimat mbak

      Delete
  3. mhn maaf lahir batin juga ya mak. zaidan jg waktu usia 5 th puaanya masih setengah hari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak sama2. hebat ya Zaidan bisa setengah hari, Fayda mah blm puasa mak :)

      Delete
  4. Lima tahun masih terlalu kecil buat puasa. Tapi gpp kalau sekedar mengenalkan supaya gak kaget. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu kakanya saya mengenalkan puasa usia 6 th, dan ternyata kuat sampai maghrib full pula sampai sebulan :)

      Delete
  5. your article is this very helpful thanks for sharing...:)

    ReplyDelete
  6. lucu yah kelakuannya Fayda :D
    Minal Aidzin walpaidin juga mba :)

    ReplyDelete
  7. hihihih Faydaa...
    aku pun blom mengajarka puasa ke anakku yang sebentar lagi mau 5 taun.. :D

    ReplyDelete
  8. Mohon maap lahir batin ya mbak.. Navaro juga baru mulai puasa tahun ini pas usia nya 6 tahun.. alhamdulillah sudah full sampai magrib, padahal tahun lalu full gak puasa sebulan :D

    Fayda lucu, sukanya Mr. Bean.. Kalo navaro lagi suka nonton TV.. film Balveer :))

    ReplyDelete
  9. haha...fayda sopan banget ya pk bisik-bisik segala. kl anak saya puasanya baru dari jam sekian sampe jam sekian mak. tapi soal minum nggak bisa dipuasakan. pada nganbil sendiri, bikin susu sendiri. tp soal makan masih bisa dipuasakan krn saya masak utk makan siangnya mepet jam 'buka' mereka hehe

    ReplyDelete
  10. Hihi, Abyan wkt umur 5th jg blm mau diajak puasa, kadang mau sih latihan smpe jam 12. Tp banyakan ngga nya. Nah umur 6th,puasa th ini malah lbh bnyak puasa full dr pd puasa setengah hr. Sun syg buat Fayda ya maak

    ReplyDelete
  11. Anak saya juga 5 tahun 1 bulan puasa kemarin. Ikut puasa ya kadang dzuhur minta minum aja dilanjutkan lagi. Lucu liat anak belajar puasa

    ReplyDelete
  12. hihi fayda hebat..Nai baru belajar puasa juga tahun ini...

    ReplyDelete
  13. Hahahahaha Fayda bikin nyengir tengah malam nih (di sini 12:36), Mr. Bean yang belum =)) =))

    ReplyDelete
  14. wuahhh udah part20 aja nih, ketinggalan dah saya mah hihihi...baru mampir dimari, salam kenal mbak :)

    btw jadi inget dulu seumuran Fayda saya jg puasanya blm kuat full...puasa bedug hihihi

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran