Saturday, August 29, 2015

Jerawat Badan Pada Anak

Awalnya saya gak tahu itu yang namanya jerawat badan seperti apa, karena memang belum (dan jangan sampai) pernah merasakan. Baru dengar sekarang ini. Ceritanya teman Farras ada yang gak masuk sekolah karena sakit. Saya tanya ibunya, sakit apa? Ibunya bilang jerawat badan. Kening saya langsung berkerut. Jerawat badan? Saya baru dengar. Saya tanya seperti apa jerawat badan itu? Saya hanya tahu penyakit cacar dan tampek yang biasanya tumbuh di badan. Tapi kalau jerawat, biasanya kan tumbuhnya di wajah. Dari situ saya punya ide untuk posting tentang jerawat badan ini. Sebagai info buat saya, juga bisa sharing dengan teman-teman pengunjung blog saya.

Kalau yang saya lihat pada gambar yang saya cari di google, bentuk dari jerawat badan ini, memang seperti jerawat yang tumbuh pada wajah, ada yang besar-besar, ada yang kecil-kecil, bahkan ada yang bernanah. Jerawat di wajah pun kan memang ada yang suka bernanah ya, kalau sudah parah. Menurut ibu temannya Farras, kata dokter yang menangani anaknya, jerawat badan timbul di badan anaknya karena kebanyakan mengkonsumsi makanan berlemak (point kesatu), keringat yang menempel yang tidak segera dibersihkan (point kedua), atau setidaknya segera berganti pakaian yang sudah kotor akan keringat. Tahu kan, kalau keringat itu mengandung bakteri, makanya keringat suka bau.

Nah... jika badan kita berkeringat, bahkan berkeringat lebih tapi tidak segera dibersihkan dengan mandi atau setidaknya berganti pakaian, maka keringat akan menumpuk yang akan menyebabkan selain badan menjadi bau, maka akan menyebabkan pula masalah kesehatan kulit, seperti jerawat, komedo, dan iritasi kulit. Karena ketika kita berkeringat, flora normal yang ada di kulit kita akan semakin banyak yang akan menyebabkan teerjadinya pemecahan lipid & protein yang terdapat pada kotoran dan sisa kelenjar keringat dan sebum di kulit. Nah.... pemecahan ini selanjutnya akan menyebabkan masalah kesehatan misalnya timbulnya komedo, infeksi kulit dan jerawat. (sumber)

Dari keterangan ibunya teman Farras dan dari pencarian saya di Google, saya ambil kesimpulan, bahwa memang jerawat badan itu ada, dan bisa menyerang anak-anak dan dewasa.
Untuk menghindari terjadinya jerawat badan, maka hal-hal ini harus diperhatikan :

1. Di negara tropis seperti Indonesia, mandi minimal 2 kali sehari itu penting, untuk menjaga kesehatan kulit kita. 

2. Berganti pakaian bahkan jika perlu mandi, ketika badan kita berkeringat, setelah beraktivitas, atau setelah berolahraga. Biasanya, anak-anak akan cepat berkeringat mengingat kegiatan anak-anak yang banyak bergerak. Apalagi anak-anak yang menyukai olahraga. Hal ini harus diperhatikan oleh orangtua, khususnya ibu ya... agar anak terhindar dari penyakit kulit. Jangan takut banyak cucian karena anak yang sering berganti pakaian ya bu.... karena saya pun begitu. Setiap hari, cucian yang paling banyak adalah pakaian anak-anak saya, karena memang berganti pakaian dan cuci pada anak-anak setelah beraktivitas atau bermain adalah wajib hukumnya buat saya.

3. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan berlemak, khususnya pada anak-anak ya bu... karena kan fokusnya bagi ibu-ibu adalah anak-anak. Makanan berlemak sekarang ini memang sudah menjamur ya bu...seperti junk food. Harus bisa menahan keinginan anak-anak dalam mengkonsumsi makanan junk food dan makanan berlemak lainnya. 

Dua point di atas dan 3 hal untuk menghindari terjadinya jerawat badan pada anak khususnya, dan penyakit kulit lainnya, harus saya perhatikan dengan sungguh-sungguh.


25 comments:

  1. temenku pernah mbak kena jerawat di punggungnya, katanya sih karena sering keringetan trus gak ganti baju

    ReplyDelete
  2. Untungnya Shasa ga kena jerawat badan Mak.
    BTW template dan headernya keren.... jadi lebih ringan sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak terimakasih. template n headernya dibuatin sama blogger perempuan.

      Delete
  3. Sepertinya saya pernah kena tuh badan saya terutama punggung ada jerawatnya banyak.. Untung lsg ke puskesmas dan diberi obat antibiotik jad cepat sembuh

    ReplyDelete
  4. aku terkadang juga terjadi jerawat di badan, di kaki dan lain2. biasanya penyebabnya karena terlalu banyak makan telur. :(

    yah..

    ReplyDelete
  5. Allhamdulillah anak2 aman mba... gak ada yg prnh kena jerawat di badannya :)

    ReplyDelete
  6. aku baru tau soal jerawat badan ini mbak. Aku kadang bawel banget soal kebersihan badan. mandi pastinya wajib, dan harus ganti baju, makanya kadang banyak pakaian kotor di rumah krn sering ganti kalau keringetan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, betul. saya juga cerewet kalo masalah kebersihan

      Delete
  7. Aku pernah lihat teman punya jerawat badan di punggung. Isi jerawat kalau dipencet kek padi kecil2 gitu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak jerawat di wajah gitu ya Idah...

      Delete
  8. Wah kedengarannya sepele tapi harus diperhatikan juga ya mbak.. sampai libur sekolah malah ya temannya Farras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sepele tapi penting. iya gak sekolah beberapa hari

      Delete
  9. Aku dulu pas ABG juga punya jerawat punggung. Menyebalkan sekali :D

    ReplyDelete
  10. tfs mak. mmg harus selalu jaga kebersihan ya. eh cucian saya juga kbanyakan bajunya anak-anak.

    ReplyDelete
  11. Saya dan adik saya jerawatan semua semenjak abg mbak, ga dimuka dipunggung, kadang didada, bisa sembuh cuma di dokter kulit dengan perawatan rutin. kata dokter pengaruh hormon dan kata orang jawa, besok kalo dah nikah sembuh, dan beneran semenjak menikah dah jarang jerawatan lagi, paling kalo kebanyakan makanan berlemak.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran