Friday, December 04, 2015

Berkat Bengkuang, Wasir Hilang



Setelah melahirkan anak kedua saya Fayda di tahun 2010, saya sempat kena wasir atau ambeien. Saat itu saya kaget banget, kenapa bisa kena ya? Padahal waktu melahirkan Farras, saya baik-baik saja. Apa karena saya salah mengejan saat melahirkan Fayda? Kata orang-orang kan, kalau kita salah mengejan saat melahirkan, kita bisa kena wasir atau ambeien. Entah benar atau tidaknya. Dan ternyata, saya yang kena wasir atau ambeien setelah melahirkan ini.

Saya lupa tepatnya berapa hari, atau berapa minggu, setelah saya melahirkan Fayda ketika terkena wasir ini. Yang jelas, ketika BAB ada sesuatu yang aneh, dan setelahnya saya merasakan sakit. Duduk sakit, jalanpun sakit. Gak mungkin kan, saya hanya tiduran melulu :) Saya pikir, apa mungkin jahitan selepas saya melahirkan terlepas, sehingga terasa sakit? Membayangkan hal itu saya merinding. Bagaimakan kalau ternyata benar jahitan bekas melahirkan saya lepas, lalu dijahit lagi? Saya tidak bisa membayangkannya.

Saya pun mengunjungi bidan tempat saya melahirkan Fayda dulu, untuk menge-cek, ada apa dengan saya? Karena memang awalnya saya tidak tahu, kenapa di tempat bekas melahirkan saya terasa sakit. Sampai tempat praktek Bidan, yang kebetulan adalah tetangga ibu mertua saya, saya ditemui oleh perawat. Saya ceritakan semuanya. Kata perawatnya, saya terkena wasir. Selama hidup saya, saya belum pernah tahu apa itu wasir, bagaimana bisa terkena wasir, dll. Lalu perawat itu menyebutkan nama obat yang bisa saya beli di apotik. Saya kan, lagi menyusui, saya gak mau sembarangan minum obat. Kalaupun mungkin saya harus minum obat, yang saya inginkan adalah obat herbal.

Saya ceritakan pada suami hasil pertemuan saya dengan perawat yang membantu bu bidan saat persalinan dan kekhawatiran saya tentang tidak mau minum obat sembarangan karena saya sedang menyusui. Lalu suami saya menyerankan untuk coba browsing mencari informasi di internet, mungkin ada alternatif cara penyembuhan wasir secara alami. Setelah saya browsing, bingo! ternyata obat untuk wasir adalah makan bengkuang dan pepaya. Suami saya bergerilya mencari bengkuang dan pepaya. Dalam sekali makan, suami saya mengupaskan bengkuang untuk saya makan tiga buah bengkuang dengan besar yang sedang untuk sekali makan. Berarti dalam satu hari, saya makan bengkuang sebanyak sembilan buah bengkuang, dengan waktu pagi, siang dan malam. Sementara untuk pepaya, saya makan hanya sepotong pepaya di pagi, siang dan malam hari. Dan ternyata apa yang terjadi? Besoknya rasa sakit karena wasir, hilang sama sekali. Gak terasa sakit. Ajaib! Saya tentu saja senang. Maka tiap hari saya makan bengkuang, tapi dengan jumlah yang tidak sebanyak hari pertama tersebut. Sehari saya makan bengkuang sebanyak 3 buah dengan waktu satu di pagi hari, satu di siang hari dan satu di malam hari. Sementara pepaya hanya sepotong dalam sehari.

Kalau makan pepaya, masih masuk akal untuk saya konsumsi sebagai penderita wasir, karena kita ketahui kalau kita makan pepaya, bisa membuat kotoran kita ketika BAB tidak keras, sehingga ketika dikeluarkan tidak akan terasa sakit. Tapi untuk bengkuang, saya belum tahu apa khasiat di dalam bengkuang sehingga membuat wasir saya hilang sama sekali. Mungkin kandungan serat di dalam bengkuang sangat tinggi. Orang yang terkena wasir kan memang diharuskan mengkonsumsi serat yang tinggi. Sekarang memang saya sama sekali tidak pernah merasakan lagi wasir saya, apapun yang saya makan, dan saya sudah tidak mengkonsumsi bengkuang lagi. Kalau dulu... sewaktu wasir saya sesekali datang, saya tinggal makan bengkuang, dan wasir saya hilang. Sampai akhirnya hilang sama sekali tanpa harus lagi mengkonsumsi bengkuang setiap hari.

Ternyata bengkuang bukan hanya bermanfaat untuk memutihkan kulit saja, tapi juga untuk mengusir wasir.

Alhamdulillah berkat bengkuang wasir saya hilang :)

25 comments:

  1. wasir itu juga termasuk sulit BAB kah mbak? kalo saya sulit BAB memang sering disaranin makan pepaya..kalo bengkuang, baru tau khasiatnya untuk wasir selain memutihkan kulit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sulit BAB mungkin sembelit ya... kalo wasir itu sakit dibagian anus (maaf), ada seperti benjolan, apalagi jika ketika BAB kita kebanyakan mengejan, benjolan itu seperti meradang. Makanya disarankan memakan pepaya agar kotoran tdk keras, dan ketika BAB tdk mengejan. Bengkuang, sudah benar2 menyembuhkan wasir saya, mungkin karena saya makan bengkuangnya over dosis juga hehe

      Delete
  2. Wah makasih infonyaa.. Mau saya kasih tau ke temen saya yang kena wasir :-)

    ReplyDelete
  3. Perlu dicoba nih bengkoangnya. Soalnya saya sering kena wasir, terlalu banyak duduk. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, banyakin makan bengkuang aja, bahkan sepertinya saya makan bengkuangnya over dosis hehe

      Delete
  4. ternyata selain rasanya segar karena mengandung banyak air, bengkoang juga bisa mengobati wasir ya mbak Santi...

    * kadang kita nggak sadar bahwa sebenarnya obat berbagai penyakit itu tersedia disekitar kita dan murah... :)

    ReplyDelete
  5. tadi pagi saya beli bengkoang Mbak, mau buat rujakan, etapi sampai sore belum mule juga, eheee. Bengkoang seger dimakan siang-siang, apalagi bengkoang prembun

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya saya justru gak terlalu suka bengkuang, tapi berhubung utk kesehatan, harus saya makan, dalam porsi banyak pula hehe

      Delete
  6. wah, padahal minggu kemaren banyak bgt bengkoang gede gede di kasih sama ortu tp gak tau mo di apain trus skrg udah pd busuk di kulkas karena kelupaan, padahal derita saya sama mak, abis ngelahirin kena wasir. Telat baca ini saya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bengkuang gede2 pasti rasanya manis :)

      Delete
  7. nice info mba...selama ini khasiat bengkuang identik dengan kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, awalnya saya juga taunya bengkuang itu hanya utk kulit dan kecantikan

      Delete
  8. oooh...baru tahu saya mbak. sip sip. bisa disimpan ini. makasih infonya ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Wah saya taunya bengkuang mah cuma buat masker biar kulit putih gitu, tapi ternyata khasiatnya lebih luar biasa dari itu. Baru tahu saya mah..
    Makasih banget udah share :D

    ReplyDelete
  10. wah, harus kasitau kk ipar nih TFS mak :)

    ReplyDelete
  11. Utk kasus awal wasir emang ampuh. Aku dulu dah nyoba nih juga saran obat lain. Akhirnya dioperasi juga. Gak mempan kayaknya kalo dah parah

    ReplyDelete
  12. wooo baru tahu aku. Kirain cuma buat rujak sama masker, ternyata bs juga buat wasir

    ReplyDelete
  13. aku baru tau kalau bengkunag bisa mengobati wasir. Aku kurang suka bengkuang kalau di makan langsung,kecuali di tekwan :)

    ReplyDelete
  14. Wah, makasih mbak, aku jadi tau manfaat lain bengkuang. Aku juga suka sembelit nih. Ini harus dicoba. TFS ya.. :)

    ReplyDelete
  15. Ya ampun, seriusan bengkuang bisaaa. Haduh hunting banyak-banyak nih
    *ketauan kena juga wekekek

    ReplyDelete
  16. Perlu dicoba nih bengkoangnya. Soalnya saya sering kena wasir, terlalu banyak duduk. :(

    ReplyDelete
  17. temen saya ada yang wasir parah.. semoga masih bisa teratasi oleh bengkuang yah.. thanks lho infonya mbak.. :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran