Monday, January 11, 2016

4 Cara Agar Anak Tidak Mudah Sakit

Insurance, Protection, Family, Insurance Concept


Memiliki anak yang sehat, ceria dan kuat tentunya dambaan setiap orangtua. Rasanya melas (kasihan) sekali kalau anak sebentar-sebentar sakit. Baru juga sembuh dari sakitnya, baru juga kembali ceria, baru juga wajahnya terlihat tidak pucat, tiba-tiba sakit lagi. Ibu mana yang tega melihat hal itu. Kitapun merasa cape jika anak setiap kali harus sakit lagi. Cape badan tentunya tidaklah terlalu kita perhatikan, tapi jika melihat anak sakit, itu hal yang paling menyakitkan.

Anak-anak saya, Farras dan Fayda Alhamdulillah dari semenjak kecil jarang sekali sakit. Semoga selalu terus diberi kesehatan. Karena jarang sakit, maka Farras dan Fayda tidak pernah ke dokter. Ada 4 cara agar anak tidak mudah sakit versi saya, yaitu :


1.      Mencuci Tangan
Dari dulu... saya selalu menekankan pada Farras dan Fayda untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun jika baru dari luar rumah, entah itu habis bermain, pulang sekolah, mau makan, mau tidur dan lain-lain. Khusus untuk pulang sekolah dan mau tidur, saya menekankan anak-anak bukan hanya sekedar cuci tangan saja. Cuci muka, badan dan kaki pun harus dilakukan. Mencuci tangan setelah beraktivitas dan hendak makan penting dilakukan karena kita tidak tahu apa yang anak kita pegang ketika di luar rumah. Virus, kuman dan bakteri ada dimana-mana, di sekitar kita. Untuk itu saya selalu menekankan untuk sering cuci tangan. Saya dan suami saya suka marah kalau anak-anak belum cuci tangan sudah mengambil/memegang makanan. Menjaga kebersihan tubuh itu hukumnya wajib.

2.      Makan Secara Teratur
Makan sehari 3 kali harus diterapkan karena ini untuk menjaga kondisi kesehatan anak. Selain itu asupan makanan pun harus yang sehat dan bergizi. Buah dan sayur setiap harinya harus selalu disantap. Makan pagi, siang dan malam harus punya jadwal. Setiap hari saya selalu memberikan makan kepada Farras dan Fayda dengan waktu/jadwal yang sama. Makan pagi sebelum berangkat ke sekolah, makan siang di saat saya istirahat dari kantor, memberikan makan siang pada anak-anak, malam hari setelah sholat Maghrib dan mengaji. Jadi jadwal makan selalu teratur.

3.      Istirahat yang Cukup.
Istirahat sangat diperlukan oleh anak-anak. Dan saya selalu memerhatikan akan hal ini. Tidur siang dan tidur malam harus berkualitas. Saya tidak mau sewaktu tidur siang anak, banyak gangguan. Jam tidur siang dan malam pun harus teratur. Dari banyaknya aktivitas anak, kebutuhan istirahat sangat diperlukan. Otak anak pun tidak akan bisa bekerja secara maksimal jika istirahatnya tidak tercukupi. Bayangkan di saat anak lelah, tapi kita tidak memerhatikannya, seharusnya istirahat malah tetap bermain atau melakukan aktivitas lainnya. Badannya pasti drop, maka penyakit akan lebih cepat menghampiri. Karena daya tahan tubuhnya lemah.

4.      Melakukan Olahraga
Olahraga pun harus dilakukan oleh anak-anak agar selalu bugar dan sehat. Yang sering mantengin blog saya, pasti tahu kegiatan olahraga yang dilakoni anak saya, Farras. Dari mulai karate sekarang pindah ke pencak silat, dan saat ini lagi merengek minta latihan wushu, sepatu roda, bersepeda, main bola, renang adalah kegiatan olahraga Farras. Sementara Fayda berolahraga sepeda dan sepatu roda. Saat ini sedang mengusahakan lagi supaya bisa bermain sepatu roda dengan teratur. Dengan berolahraga menjaga jantung anak tetap sehat, badan pun terasa kencang dan kuat.


Itulah 4 cara agar anak tidak mudah sakit versi on the spot saya. Dengan 4 hal di atas, saya mencoba agar anak saya tidak mudah sakit. Dan memang Alhamdulillah selalu bersyukur pada-Mu ya Allah, anak-anak saya tidak mudah sakit.

31 comments:

  1. Tapi, iya benar juga. Saya sendiri sering sekali lupa untuk cuci tangan. Dan menjadikan cuci tangan itu kebiasaan baik, butuh kesabaran juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya memang harus sabar, tapi kalo sudah kebiasaan, akan berjalan dgn sendirinya

      Delete
  2. istirahat yg cukup, penting itu. masalahnya susaaaah bgt diajak bobo siang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membiasakan anak2 akan hal yang baik itu memang susah, tapi kalo sudah terbiasa akan enak ke kitanya :)

      Delete
  3. cuci tangan itu sepele tapi manfaatnya luar biasa ya mbak,soalnya banyak banget kuman

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sepele malah suka disepelekan :)

      Delete
  4. Cuci tangan itu yg sering lupa kalau pulang sekolah. Kalau sudah telanjur mager lebih susah lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo sudah terbiasa, akan tdk enak mba kalo tdk cuci tangan

      Delete
  5. Cuci tangan harus mulai dibiasakan ya. Apalagi semenjak kecil, anak saya Dimas, mulai terbiasa neh cuci tangan, biarpun bajunya langsung basah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba harus dibiasakan karena memang penting

      Delete
  6. Terimakasih atas tipsya mak, informasi yang sangat berguna.. blog yang bagus mak..

    Salam Kenal ya mak..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. Makasih. Salam kenal kembali :)

      Delete
  7. Wah. Istirahat kantor pulang dulu untuk kasih makan anak2 ya mak? Good mom!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, kebetulan kantor dgn tempat anak2 dititipkan di rumah mbahnya jarakanya dekat.

      Delete
  8. siip. kalau aku anak2 gak dibiasakan tidur iang lagi kecil, soalnya kalau tidur siang malamnya bakal malam tidurnya, akunya yang jadi letih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap org tua memang memiliki cara2 tersendiri ya dlm mendidik anak dan saya percaya semuanya utk kebaikan anak2nya

      Delete
  9. Makasih, Mak Santi atas tipsnya. Bermanfaat sekali.
    Anak saya masih 10 bulan. Alhamdulillah selama ini baik-baik saja. Tapi saya memang belum menerapkan pola seperti itu. Anak saya semenjak MPASI susah sekali makan. Asupannya sedikit. Belum worri sih karena mimiknya masih kuat. Ini sedang program juga agar ia doyan makan sebelum usianya 1thn.

    Kalau istirahat, alhamdulillah selama ini cukup. Karena jadwal tidur sudah rapi.

    Semoga nanti anakku gemar olahraga juga, coz emaknya belum rutin, hehehehe....

    http://kataella.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. Semoga dedek bayinya selalu sehat ya...

      Delete
  10. Istirahat..iya mbak... Trus pola makan itu mb, yang harus dijaga... Jajanan itu yang susah ngontrol pas di sekolah. Satu tips lagi mbak: ASI. Aku punya dua anak, satu 90 persen sufor...satu 99% asi...beda bngt daya tahan tubuhnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba termasuk ASI. Kedua anak saya ASIX dilanjut sampai usia 2 th

      Delete
  11. makan teratur itu kuncinya ya mbak. Jangan sampai telat makan supaya fit terus

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah...anak-anakku semuanya nggak gampang sakit. Vitamin, makan teratur, istirahat cukup...itu kuncinya ya mb San..

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah anakku gak gampang sakit. Paling pol pilek dan demam. :)

    ReplyDelete
  14. 4 tips yang sangat bermanfaat sekali mbak, semoga kita selalu menerapkannya:)

    Farras dan Fayda, semoga sehat selalu ya.. aamiin :)

    ReplyDelete
  15. Setuju dengan tips nya mbak Santi, cuci tangan sepertinya sepele tapi justru penting karena tangan yang kotor bisa membawa kuman penyakit.

    Olah raga juga penting meskipun tidak setiap hari ya mbak :)

    ReplyDelete
  16. Yup, 4 tips yang sangat bermanfaat sekali dalam mengupayakan agar anak2 bahkan kita sendiri tetap sehat. Cuma terkadang, saking buru-buru, anak-anak suka tak sabar untuk meraih makanan atau sesuatu yang lain sebelum cuci tangan dulu. Hehe, namanya anak2, tapi teteup, alah bisa karena biasa, ya, Mba. :)

    ReplyDelete
  17. bermanfaat banget, tapi soal istirahat yang cukup ini yang masih suka jadi persoalan hehehehe

    ReplyDelete
  18. tiap pulang ke rumah, saya selalu sempatkan juga cuci tangan. Terimakasih infonya Mba.. ^_^

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran