Monday, January 18, 2016

Belajar di KPM (Klinik Pendidikan MIPA) Seikhlasnya

Sudah satu semester anak saya yang pertama ikut bimbingan belajar matematika di KPM (Klinik Pendidikan MIPA) Seikhlasnya cabang serang yang dikelola oleh SD Islam Alazhar 10 Serang, yang sudah berjalan dua tahun. Saya merasa senang bisa mengenal dan mendaftarkan anak saya di KPM. Bukan hanya belajar Matematika, di sana juga diajarkan materi akhlak yang melatih anak agar membiasakan prilaku-prilaku baik dalam kehidupannya sehari-sehari. Seperti sopan kepada orang tua, sholat tepat waktu, mengaji dan beramal soleh. Untuk menjadi siswa KPM, siswa hanya diwajibkan membeli 2 buku  yaitu buku pelajaran yang sesuai dengan kelasnya masing-masing dan buku materi akhlak untuk setiap semester. Untuk biaya bimbingan belajar diterapkan sistem seikhlasnya. Siswa boleh membayar berapa saja sesuai dengan kemampuan (seikhlasnya) yang dimasukan ke dalam amplop, lalu dimasukan ke sebuah kotak (disebut "Keropak") yang telah disediakan. Dengan sistem ini diharapkan terjadi subsidi silang antar siswa yang orang tuanya mampu dan kurang mampu.



Apa itu KPM dan program-program apa saja yang sedang dilaksanakan ? KPM adalah lembaga bimbingan belajar yang menyebarkan Sistem Metode Seikhlasnya dan Matematika Nalaria Realistik. Lembaga ini didirikan pada tanggal 16 April 2001 oleh R. Ridwan Hasan Saputra dan mulai menerapkan Sistem Metode Seikhlasnya pada bulan Februari 2003. Bayaran seikhlasnya bukan berarti gratis tetapi sesuai dengan kemampuan agar terjadinya subsidi silang. Bapak R. Ridwan Hasan Saputra sendiri saat ini adalah pembina olimpiade matematika tingkat nasional dan internasional untuk SD maupun SMP. Beliau juga mengajar siswa kelas berbakat di Klinik Pendidikan MIPA, melatih guru di berbagai daerah maupun di luar negeri dan menjadi pembuat soal serta juri pada pada kompetisi di dalam negeri maupun di luar negeri. Semua aktivitas dilakukan dengan sistem seikhlasnya.

Program-program pilihan yang ada di KPM sekarang ini adalah :

Kelas Regular
Kelas Regular Matematika adalah kelas yang mengajarkan Matematika Nalaria Realistik. Kelas ini bisa diikuti oleh siswa yang ingin belajar di KPM tanpa proses seleksi, selama kuota masih tersedia,

Kelas Khusus
Kelas Khusus Matematika adalah kelas yang diikuti oleh siswa yang mempunyai minat yang tinggi terhadap matematika. Hanya bisa diikuti oleh siswa yang lolos seleksi yang dibuat oleh KPM. Kelas ini mempelajari matematika tingkat Nasional dan Internasional.

Super Math Camp Seikhlasnya
Pelatihan Olimpiade Matematika untuk SD, SMP dan Guru dengan biaya seikhlasnya.

Kelas Eksplorasi Matematika
Kelas belajar yang menerapkan metode pembelajaran menyenangkan dalam belajar matematika. Siswa diajak untuk mengerjakan soal matematika yang dikemas dalam bentuk puzzle dan games.

Klub Matematika Seikhlasnya 
Program belajar Matematika Nalaria Realistik yang dapat diselenggarakan di berbagai sekolah, setelah guru di sekolah tersebut mendapatkan pelatihan khusus dan izin dari KPM.

Rumah Pendidikan MIPA
Program belajar Matematika Nalaria Realistik yang dapat diselenggarakan oleh guru KPM di rumah, setelah guru di KPM tersebut mendapatkan pelatihan khusus dan izin dari KPM.

Sampai saat ini di cabang serang tempat anak saya belajar program yang sedang berjalan adalah Kelas Regular, Kelas Pintar dan Kelas Khusus untuk pelajaran matematika. Bimbingan belajar dilaksanakan pada hari sabtu jam 13.30 sd 15.00 untuk kelas 1,2,3 SD dan jam 15.30 s/d 17.00 untuk kelas 4,5,6 SD bertempat di SD Islam Alazhar 10 Serang. Untuk program-program KPM lainnya akan diadakan sesegera mungkin. 

Tentunya saya sebagai orangtua berharap, bimbingan belajar KPM makin terus maju, bisa menjadi wadah yang senantiasa mementingkan kepentingan umat, dapat mencetak generasi penerus yang pintar dan berakhlak mulia. Dan semoga juga para orang tua bisa turut serta aktif mensukseskan visi dan misi dari KPM. Aamiin.

Untuk para orangtua yang berminat mendaftarkan putra-putrinya bimbingan belajar di KPM dan bersodakoh, bisa menghubungi cabang di kotanya masing-masing. Untuk informasi lebih jelas mengenai KPM dapat diakses atau menghubungi :

KPM (Klinik Pendidikan MIPA) Seikhlasnya
Ruko 6 No. 1-2 Jl. Raya Laladon Ciomas, Bogor 16610
Jawa Barat Indonesia,
Website : www.kpmseikhlasya.com
Email     : kpmjarigan@yahoo.com
                prmipa@yahoo.com






45 comments:

  1. Wow... Bayar seikhlasnya? Apa gak jadi bingung enaknya bayar berapa atau mengikuti tempat pendidikan lain saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak kok mba, byar semampu yg kita punya aja

      Delete
  2. sepertinya menarik ya mbak, biasanya matematika itu mapel paling ditakuti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, menarik banget. saya dulu juga takut sama matpel ini, untung anak saya enggak hehe

      Delete
  3. sepertinya menarik ya mbak, biasanya matematika itu mapel paling ditakuti :)

    ReplyDelete
  4. Nice, semoga selalu berjalan lancar KPM-nya :))

    ReplyDelete
  5. Seandainya ada juga KPM di Semarang...betapa bahagianya akuu... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditanyakan mbak...rasanya kpm juga ada cabangnya di jawa tengah. Cuma sy gak hafal di kota mana saja.

      Delete
    2. ada bunda Ika, Semarang pak Agus Hp. 085640696344

      Delete
  6. wah bgus ya belajar akhlak juga..ga pinter tp solehah jg amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, di buku akhlaknya ada jadwal utk sholatnya, nanti diperiksa sama gurunya, ada sholatnya yg bolong enggak...

      Delete
  7. Masya Allah .... terharu bacanya, Mbak. Moga berbuah berkah buat pengelolanya, juga buat Mbak Santi yang sudah menebarkan kebaikan ini ...

    ReplyDelete
  8. Iya nih klo ngajari matematika suka lieur. Dulu suka pake lidi ..hihi.
    Metode skrg sdh jauh lbh canggih. Emak2 mcm sayah sdh tentu gak paham.

    Setuju anak diikutkan KPM, dpt PLUSnya dg pddkn akhlak. Terimakasih sdh share.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... jadi inget ngijir pake lidi :) sama2 mba... semoga bermanfaat

      Delete
  9. Wah unik juga ya, bayar seikhlasnya.
    MIPA terutama matematika memang termasuk pelajaran yang susah dan menakutkan buatku hihihi, eh sekarang anak2ku kok malah lebih suka matematika daripada pelajaran lainnya.
    Smoga tambah maju dan sukses KPM Seikhlasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi... sama dong mba. Aamiin. Semoga. Makasih mba

      Delete
  10. Smoga walau bayar seiklasnya tapi nambah sukses ya, mba. Amiin. Aku nyerah kalo terkait matematika. Kecuali kalau hitung duit belanjaan. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. YRA. Hihihi... saya kadang ngitung duit belanjaan juga suka keblinger :)

      Delete
  11. Anakku juga iku KPM cab. Surabaya, di SD. Al-Hikmah. suka dengan metode belajar di KPM logika dan aqidah diasah bersama :)

    ReplyDelete
  12. Saya share ke temen-temen yang usia nya bisa masuk ya mak.. Kebetulan buat ioo belum ada hihi..
    Btw beneran seikhlasnya ya mak ?

    ReplyDelete
  13. Sangat inspiratif, Mbak. Semoga semakin banyak KPM-KPM di tempat lain.

    ReplyDelete
  14. Wiiihhh..keren, sistemnya pakai seikhlasnya tapi tetap eksis sampai belasan tahun, salut dah dengan pihak lembaga dan para orang tua yang turut serta dalam perkembangaannya, saling bantu yaa mbak (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga bisa eksis terus, mengingat perjuangan para pendirinya

      Delete
  15. Wah ini konsep yang unik dan harus saya pelajari. Saya akan coba untuk menerapkannya di lingkungan tempat tinggal saya. Khusus untuk Matematika sepertinya memerlukan perhatian khusus agar tidak menjadi momok yang menakutkan bagi para siswa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak konsepnya bagus baget, bisa diterapkan di Pontianak...

      Delete
  16. wah konsep nya bagus jeng...hanya ada di serang aja ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di kontak pada alamatnya mba, ada di paling bawah tulisan saya. Pusatnya di Bogor

      Delete
  17. Baik banget ya mbak Santi bayarnya semampunya, padahal kalau les matematika diluar kan mahal :)

    Semoga sistem pendidikan semacam ini bisa dilanjutkan ke kota-kota lain termasuk kota terpencil ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba baik banget, saya salut sama pencetus idenya. Aamiin. Semoga ya..

      Delete
  18. Selalu salut dengan orang-orang yang mau berbagi ilmu tanpa mengharapkan keuntungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, InsyaAllah mendapatkan keberkahan

      Delete
  19. Di Kepanjen belum ada nih kayanya mbak

    ReplyDelete
  20. Duch kak, kalo belajar seikhlas nya ntar generasi nya jadi apa ??? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kan bayarnya yg seikhlasnya bukan belajarnya mas Cumiii...

      Delete
  21. kemarin ini ikutan lombanya gak mbak? Allhamdulilah pascal masuk semi final. Tapi gak ikutan belajarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg KMNR? ikut mba, sama Farras juga masuk semifinal. Semi finalnya tgl 31 Jan 2016 kan? minggu kmrn ikut IMAS tapi hasilnya blm keluar

      Delete
  22. assalakm mb afwan kalo mau daftar ke siapa ya?mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam, silahkan hub pada no dan alamat yg tercantum di bawah tulisan ya mba Ummu :)

      Delete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran