Thursday, January 26, 2017

Pakai 3G Atau 4G LTE?

Seperti kita ketahui, teknologi berkembang sangat cepat ya teman-teman, begitu pun dengan teknologi jaringan internet. Bukan hanya teknologi smartphone-nya saja yang berkembang, dengan berbagai macam kemudahan dalam penggunaannya, namun jaringannya pun terus memperbaiki diri, memberikan kepuasan kepada pelanggan atau konsumennya.


Ibarat komputer yang memiliki tingkatan dari mulai pentium satu sampai pentium empat dan ada lagi yang lebih canggih setelah pentium empat, yang saya sendiri gak hapal apa namanya, karena saya memang tidak terlalu mengerti tentang ilmu-ilmu komputer atau tetek bengeknya, segala macam tentang komputer, walaupun setiap hari menggunakan komputer untuk bekerja dan menyalurkan hobi yaitu menulis dalam sebuah blog (itulah egoisnya manusia hehe....), jaringan internet pun memliki tingkatan-tingkatannya sendiri, seperti jaringan internet 2G, 3G, dan sekarang ini yang sedang 'in' adalah jaringan 4G LTE.

3G singkatan dari 3rd generation (generasi ke 3) adalah merupakan proses perubahan di bidang industri teknologi pada telepon seluler. Sedangkan 4G penerus masa depan 3G dalam waktu dekat. Dalam hal penggunaan, teknologi 3G lebih banyak penggunanya jika dibandingkan dengan pengguna 4G khususnya di Indonesia. Namun saat ini jaringan 4G LTE di Indonesia terus dimaksimalkan, karena sudah banyak juga pengguna dari jaringan 4G LTE di Indonesia ini, karena kelebihan yang dimilikinya.

4G umumnya digunakan untuk mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. Teknologi 4G merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya yaitu 3G dan 2G. Jaringan 4G menggunakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai alat-alat komunikasi, contohnya smartphone LTE dan laptop yang menggunakan modem USB.

Jika 4G adalah pengembangan dari 3G, pastinya jaringannya pun lebih 'canggih' dibandingkan 3G. Jaringannya pasti lebih kencang, dan ini dibutuhkan oleh kita-kita pengguna internet yang ingin bekerja dengan cepat tanpa kendala. Yang tidak kita tampik adalah masyarakat Indonesia mayoritas sudah menggunakan internet, baik untuk bekerja atau hanya sekedar 'bermain' dengan internet. Komputer dan laptop sudah merupakan kebutuhan utama kita dalam bekerja di kantor maupun di rumah. Survei mengatakan bahwa di tahun 2016, pengguna internet di Indonesia sebesar 132,7 juta dari 256,2 juta penduduk Indonesia. Besar bukan? Untuk itu, jaringan internet pun semakin berkembang. Dan para provider di Indonesia pun saling berebut untuk menarik perhatian para pengguna internet.

Salah satu provider terkemuka di Indonesia adalah Telkomsel. Menurut data yang pernah saya baca, jaringan 4G LTE Telkomsel katanya mampu mencapai kecepatan 72 Mbps. Dan pengguna Telkomsel 4G sudah mencapai 1,8 juta jiwa. Layanannya pun sudah tersebar di 30 kota yang ada di Indonesia. Telkomsel juga berencana agar jaringan 4G ini bisa menyebar di 90 kota dan kabupaten yang ada di Indonesia, karena Telkomsel juga menginginkan perusahaannya bisa mendominasi era 4G ini seperti pada saat era 3G yang dikuasai oleh Telkomsel.

Banyak keunggulan dari 4G LTE ini, diantaranya adalah streaming anti buffering, kecepatan dalam men-download. Jaringan ini berguna sekali untuk kita-kita yang sering download sesuatu, berselancar menggunakan internet menjadi lebih baik dan kencang, video call lebih lancar sehingga bisa memudahkan dalam berkomunikasi, dll. Hanya saja memang kekurangannya, belum semua daerah bisa menggunakan/ada layanan 4G ini. Ketika kita menggunakan 4G, namun di saat kita berada di suatu tempat/kota yang tidak memiliki jaringan 4G ini, akan merepotkan.

Jadi... apakah teman-teman sudah menggunakan layanan 4G LTE ini, atau masih menggunakan 3G? Jika masih menggunakan 3G, maukah beralih? :D

16 comments:

  1. 4g masih sein kamis di sini. Aku masih setia dengan 3G :D

    ReplyDelete
  2. kalau disini 4G Lancar banget tapi saya masih menggunakan 3G, Karena dompetnya belum lancar. doakan ya semoga Dompet saya cepat lancar..! heheh

    ReplyDelete
  3. Sy pilih 4G krn cenderung lebih murah harga paket internetnya. Seperti yg sy gunakan dr ooredoo indosat, dgn 75k dpt 20gb 4G plus 8g 3G yg bs dipakai sampai 3 bulan. Hihihi 😆

    ReplyDelete
  4. Di Jerman masih menggunakan 3G, loh,, aku juga heran,,kadang sinyal vofafone malah GPRS....wkkkk...aku pikir-pikir Indonesia jauh lebih maju lah

    ReplyDelete
  5. Di Serdang sih udah 4G Mbak. Kalau udah ngerasain 4G, pake 3G atau H+ rasanya jadi lambreta. Dulu sebelum H+ ada, jaringan 3G berasa cepet banget. Haha...ga ada puasnya yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii.. betul banget mbak..habis ini apa lagi yaa..

      Delete
  6. Pengen pake 4g tapi gadgetnya belum mendukung.. hehe..

    ReplyDelete
  7. Betul mbak, hanya beberapa titik yang sudah 4G, sama seperti di kotaku di Balikpapan. Menurutku semua harus sesuai kebutuhan, karena ada rupa pasti ada harga.

    ReplyDelete
  8. Awalnya pake 3G dan gak pake 4G karena gadget g mendukunf. Eh kmrn suami dpt rejeki dr kantor berupa wifi potable yang 4G. Jd keinginan ganti gadget pending dulu. Hahaha

    ReplyDelete
  9. sampai sekarang saya masih setia pakai 3 g mbak. Maklum hidup di udik, belum ada jaringan 4g :(

    ReplyDelete
  10. Di daerahku bogor masih lup lep sinyal 4G, jadi kadang sayang udah beli paket yg ada 4g nya tuh.

    ReplyDelete
  11. yahh didaerah saya belum kerata yang sinyal 4GLTE..lagian android nya masih 3G..hehee

    ReplyDelete
  12. wah kalau saya pasrah ga merhatiin 3G atau 4G, karena tinggal di desa he...

    ReplyDelete
  13. 4g sih lebih kenceng hehhe, cuman sinyal suka ilang ilangan karena belom stabil di indonesia

    ReplyDelete
  14. sayang 4G blm menjangkau seluruh daerah diIndonesia

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran