Friday, July 06, 2018

Cermati Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Batas Pinjaman KTA Berikut Ini Agar Tidak Heran


Belakangan ini pinjaman dana online seperti KTA memang kerap dijadikan pembiayaan favorit bagi para nasabah di kota besar seperti Jakarta. Betapa tidak, tuntutan hidup yang semakin tinggi membuat banyak orang harus memutar otak agar senantiasa terpenuhi kebutuhan hidupnya. KTA sepertinya dihadirkan memang untuk menjawab semua permasalahan tersebut. Selain itu, dana yang digelontorkan pun terbilang cukup besar dengan jumlah yang variatif. Keunggulan-keunggulan inilah yang menarik minat tersendiri bagi mereka yang butuh pembiayaan cepat.

Sebagai salah satu solusi bagi yang sedang membutuhkan dana cepat, tak heran jika KTA kerap dijadikan pilihan dan jawaban. Pasalnya ini dikarenakan pengajuan KTA terbilang cukup mudah dan praktis. Pihak pemohon hanya perlu memenuhi semua persyaratan dan ketentuan dengan lengkap lalu mengajukan aplikasi permohonannya. Setelah itu, bank akan memeriksa aplikasi Anda melalui sejumlah analisis kredit dan verifikasi. Berbagai manfaat dan kerugian pinjaman KTA online ini memang sudah tidak asing lagi bagi pihak pemohon.
Bagi pihak pemohon, disinilah waktu yang cukup menegangkan karena harus menunggu kepastian dari pihak bank. Apakah pengajuannya diterima atau ditolak? Berapa besar nominal yang akan diberikan bank? Dua pertanyaan ini kerap muncul di benak para pemohon pinjaman KTA. Apakah Anda termasuk salah satunya yang sedang dalam proses menunggu?
Sebagaimana kita ketahui, tak sedikit bank swasta yang menawarkan fasilitas KTA bukan hanya dengan syarat yang mudah, tapi juga bunganya rendah disertai proses pencairan yang relatif cepat. Terdengar menggiurkan, memang. Pihak bank swasta juga berani bersaing dengan menawarkan sejumlah promo demi memikat hati calon nasabah agar mengajukan permohonan KTA melalui mereka. Sebut saja seperti promo cicilan mulai dari 0,99% per bulan hingga dibebaskan dari biaya administrasi.
Lantas apa saja faktor-faktor yang bisa mempengaruhi batas pinjaman KTA Anda? Berikut adalah rincian dari penentu jumlah dana yang bisa Anda terima:
1. Rekening Bank
Biasanya, pihak bank akan mewajibkan Anda menyertakan fotokopi buku tabungan. Pastikan data pengajuan Anda sama dengan data tertera pada buku tabungan.
2. Riwayat dan Reputasi Kredit     
Sebelum memproses aplikasi KTA Anda lebih lanjut, pihak bank akan melakukan BI checking. BI checking merupakan istilah pengecekan riwayat kredit Anda yang tercatat di Bank Indonesia.
Riwayat kredit Anda dinilai berdasarkan performa pembayaran Anda. Jika sebelumnya Anda pernah menunggak suatu cicilan, maka kemungkinannya bisa jadi BI mencatat skor Anda buruk.
Skor yang buruk bisa mempengaruhi besar kecilnya nilai pinjaman KTA yang akan Anda terima. Kemungkinan terburuknya? Bank akan menolak aplikasi permohonan kredit Anda.
3. NPWP
NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah wajib untuk dimiliki bagi mereka yang bekerja dan berpenghasilan. Namun masalahnya, ada banyak nasabah yang kerap meremehkan kelengkapan dokumen yang satu ini. Dalam banyak kasus, sudah banyak aplikasi yang ditolak hanya karena tidak adanya penyertaan bukti NPWP dalam berkas dokumen mereka.
Padahal sejatinya, NPWP ini bermanfaat agar bank dapat meninjau dan menganalisa pembayaran pajak Anda selama ini. Bank selanjutnya akan menggunakan rekam jejak yang ada untuk menentukan nilai KTA yang bisa Anda terima. Bank juga akan menilai cara Anda melunasi atau membayar pajak, hal itu bisa jadi mencerminkan bagaimana kelak Anda akan melunasi angsuran KTA, apakah cukup berdisiplin dan komit atau tidak?
4. Penghasilan
Besar kecilnya penghasilan Anda setiap bulan tentu menjadi acuan bagi bank sebelum mereka menyetujui aplikasi KTA. Biasanya, setiap bank punya standar yang berbeda sebagai tolok ukur untuk minimal gaji. Tapi rata-rata, bank menerapkan minimal gaji Rp 3 juta per bulan.
Sementara itu, bank menentukan aturan main yang berbeda untuk karyawan dengan pengusaha. Bagi pengusaha, yang terpenting adalah penyertaan laporan keuangan kepada pihak bank. Wujudnya bisa beragam seperti laporan keuangan sederhana hingga slip rekening selama 3 bulan terakhir. Dari situ, bank akan menilai kondisi keuangan pemohon kredit baik itu atas nama pribadi maupun perusahaan.
5Kartu Kredit        
Salah satu persyaratan utama untuk mengajukan KTA adalah kepemilikan kartu kredit. Jika Anda sudah mempunyai kartu kredit dan telah menggunakannya minimal selama setahun, maka pihak bank bisa melihat pola penggunaan kartu kredit Anda. Selanjutnya pola tersebut akan digunakan sebagai bahan pertimbangan.
Inilah sebabnya mengapa Anda tidak boleh menunggak pembayaran tagihan kartu kredit setiap bulannya. Sebaiknya, manfaatkan juga penggunaan limit kartu kredit Anda dengan optimal. Hindari terjadinya over limit. Siapa sangka jika hal ini akan berpengaruh pada penilaian besar kecilnya pinjaman yang akan diberikan pihak bank.
Ada pun untuk nilai maksimal KTA yang bisa Anda ajukan adalah 5 kali dari limit kartu kredit. Sebagai contoh, misalnya limit kartu kredit Anda ialah Rp 5 juta, maka Anda bisa mengajukan KTA sebesar Rp 25 juta. Meski demikian, ada faktor lain yang bank berlakukan untuk menghitung dana yang bisa Anda terima.
Dengan begitu, bagi Anda yang hendak mengajukan KTA, sebaiknya lakukan persiapan sebaik dan serinci mungkin. Apalagi jika memang sedang butuh dana cepat.
Demikianlah beberapa faktor penentu yang ditetapkan bank dalam menentukan besaran pinjaman KTA. Pihak bank akan mengambil keputusannya berdasarkan pertimbangan akurat menurut beberapa analisa dan perhitungan. Sehingga tidak bisa sembarangan atau asal-asalan dalam mencairkan dana pinjaman. Tentunya jumlah pinjaman yang kelak Anda dapatkan akan disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.


6 comments:

  1. Wah terimakasih informasinya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Sekarang semakin marak ya pinjaman dana online seperti itu

    ReplyDelete
  3. Mungkin beberapa orang belum mempunyai NPWP, apalagi juka pekerjaannya semacam freelance.

    ReplyDelete
  4. Banyak juga ya bahan yang dijadikan pertimbangan KTA

    ReplyDelete
  5. Sepertinya pinjaman dana online ini sangat diminati masyarakat ya

    ReplyDelete
  6. Infonya bermanfaat bgt. Thamks for share, mb :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran