Saturday, October 22, 2016

Cegah Demam Berdarah dengan Membersihkan 4 Hal Ini di Rumah


Memasuki musim hujan, ada kekhawatiran yang timbul dari pemilik rumah. Apakah lingkungan rumah yang sudah memiliki kebersihan dan kesehatan yang baik sehingga tidak penghuni rumahnya tidak akan terpapar berbagai macam penyakit.
Bagai mana tidak, musim hujan sendiri memang terkadang menjadi salah satu penyebab dari berbagai macam penyakit musiman. Beberapa contoh di antaranya adalah penyakit batuk, pusing, demam, flu, hingga demam berdarah.

Hal ini karena adanya tempat bersarang nyamuk yang banyak terdapat di bagian-bagian rumah. Apalagi, jika rumah tersebut berada di wilayah rawan banjir seperti beberapa rumah dijual di Jakarta Selatan misalnya. Genangan air sendiri merupakan tempat yang menjadi sarang nyamuk sehingga meningkatkan risiko penyakit yang timbul saat musim hujan.
Maka dari itu, kita perlu untuk mencegah adanya nyamuk di rumah dengan cara mengenali bagian-bagian genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk. Dengan begitu, kita dapat membasmi nyamuk hingga ke sumbernya.



Ember Penampung
Menampung air pada saat musim hujan dapat sangat penting apalagi jika daerah rumah adalah daerah yang kerap mengalami kekeringan. Namun, hal tersebut bisa juga menjadi masalah karena penampungannya bisa menjadi tempat nyamuk bersarang. Maka tutuplah dengan rapat ember setelah menampung air. Cobalah taburkan bubuk abate untuk mencegah nyamuk bersarang di sana. Jangan gunakan air tersebut untuk kepentingan makan dan minum.

Saluran AC
Saluran AC biasanya memiliki saluran dan penampungan air yang bisa menjadi tempat nyamuk bersarang. Hanya saja, perlu untuk mencoba menyeringkan dibersihkan saluran dan penampungan tersebut secara berkala untuk mencegah nyamuk bersarang.

Bak Kamar Mandi
Jika di rumah menggunakan bak penampungan air di kamar mandi, maka tempat tersebut juga dapat menjadi tempat bersarangnya nyamuk. Maka dari itu, cobalah untuk menutup bak setelah digunakan. Dan membersihkannya secara rutin.

Akuarium
Akuarium juga dapat menjadi tempat terbaik untuk nyamuk bersarang. Jika memiliki kita ikan yang memang pemakan jentik nyamuk, kita akan sedikit tertolong. Hanya saja, hal tersebut tidaklah secara efektif dapat menghilangkan 100 persen jentik nyamuk. Maka, kita tetaplah harus menguras dan membersihkan akuarium secara rutin.

Semoga rumah dan lingkungan kita selalu bersih dari nyamuk demam berdarah ya, sehingga akan terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

12 comments:

  1. saya tanam beberapa tanaman anti nyamuk di rumah, tapi penting banget menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. thanks sharingnya mbak

    ReplyDelete
  2. Kamar Mandi, aku sangat rajin untuk membersihkannya. Jangan sampai ada bintik atau jelentik nyamuk. Akuarium, yang biasanya malas untuk ganti air. Habis ribet terasa.

    ReplyDelete
  3. Mesti hati2. Di kos2 terutama kosan cowok, itu suka kotor. Apalagi di depan kosan itu ada saluran air. Bisa2 demam berdarah itu bersarang disana ntar

    ReplyDelete
  4. Iya harus rajin membersihkan rumah ya

    ReplyDelete
  5. waspada demam berdarah memang harus segera dimulai dari sekarang dengan cara mencegahnya melalui bersih-bersih tempat diatas itu.

    betewe berulang silaturahmi kesini...kenapa nggak silaturahmi balik ya?

    ReplyDelete
  6. Akuarium, benar Mbak, kalau kita nggak rajin ngebersihinnya bakalan ngeri nyamuk dimana-mana. Jadi kapok punya akuarium, nggak sempat bersihin rutin :)

    ReplyDelete
  7. Untuk aquarium, berapa hari air harus diganti ya?
    thank

    ReplyDelete
  8. kadag ada jentik di penampung kulkas & dispenser mbak

    ReplyDelete
  9. Saya pernah kena DBD saat lagi mudik. Sekarang kalau di rumah, berusaha lebih peduli, deh. Gak enak kalau udah kena

    ReplyDelete
  10. Anakku bulan Juni lalu kena DB, masuk rumah sakit karena trombosit sudah 26000 Duh semoga nggak mengalami lagi deh.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran