Tuesday, February 28, 2017

Lebih Hangat dengan Pemilihan Lantai Kayu Untuk Rumah Minimalis


Menentukan bagaimana desain suatu rumah minimalis tidak hanya memperhatikan bagaimana furniture yang akan digunakan atau warna dinding apa yang akan dipakai. Peran lantai juga menjadi hal yang butuh perhatian, penentuan jenis dan warna yang akan digunakan tergantung pada keinginan si pemilih hunian. Selain itu warna dan teksture yang ada dapat dipadukan dengan berbagai tema pada ruangan yang diinginkan, apakah bernuansa klasik, modern ataupun minimalis. Motif serta teksture rumah minimalis yang beragam pun merupakan hasil dari pengembangan oleh beberapa produsen lantai kayu. Bahkan pemanfaatan teknologi yang tinggi dalam melahirkan desain terbaru. Tak ubahnya seperti fashion yang selalu memiliki tren. Motif, desain, teksture, warna yang dihadirkan terkesan begitu variatif, tentunya menjadikan nuansa di suatu ruangan menjadi terlihat indah, apik serta memancarkan keindahan suatu ruangan. Semua lantai kayu sudah melalui proses standarisasi internasional.

Lantai kayu umumnya menonjolkan kekuatan pada permukaan seperti scratch resistence, stain resistance dan anti bacterial. Namun untuk penggunaan pada rumah minimalis, aspek kesehatan dan produk ramah lingkungan menjadi pertimbnagan utama. Untuk tekstur, warna dan desain pun mudah disesuaikan dengan sekelilingnya. Keunggulan lain menggunakan parquet selain dapat memberikan suasana hangat karena dapat menumpas dan menetralkan hawa dingin. Produk parquet juga mampu meredam pantulan suara, sehingga ruangan terasa lebih nyaman. Disamping itu, perawatannya bisa dibilang sangant mudah. Umumnya ibu rumah tangga sering mengeluh sulitnya membersihkan lantai kayu. Membersihkan parquet atau lantai kayu cukup mudah hanya menggunakan kain lap yang lembab untuk perawatan sehari-hari. Bila dibutuhkan, bisa menggunakan bahan pembersih non korosif agar warna tidak cepat pudar dan kusam.

Selain itu ada beberapa hal yang harus dicermati dalam memilih lantai kayu, seperi matrial lapisannya apakah solid, potongan atau plywood juga harus diperhatikan. Kemudain jenis kayu apakah softwood atau hardwood, kepadatan kayu juga dapat kamu bedakan dari densitasnya. Untuk softwood permukaannya lebih soft dan akan menyebabkan cerik walaupun ditekan dengan ringan. Sebaliknya untuk jenis hardwood konsumen tidak perlu takut akan terjadi pembengkokan setelah pemasangan atau biasanya terjadi untuk kurun waktu yang sangat lama setelah pemasangan, karena parquet tahan terhadap tekanan sampai dengan 450 kg per meter persegi.

Jadi.... ingin membuat rumah minimalis dengan lantai kayu agar terkesan hangat?

7 comments:

  1. yang dikhawatirkan itu rayap juga ya mbak... memang menarik sih pemasangan lantai kayu ini...

    ReplyDelete
  2. Bagus dan Nyaman juga, namun emang perawatan nya yang lumayan ekstra menurut saya ....

    ReplyDelete
  3. Rumah bibi saya persis seperti di gambar. Lantainya dari kayu jati. Meski rumahnya terbilang kecil, tapi desainnya elegan

    ReplyDelete
  4. SUka mbak yg serba kayu. Tapi lumayan mahal kali ya.. Memang terkesan hangat dan alami

    ReplyDelete
  5. Lantai kayu satu meternya berapa mbak?

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran