Monday, January 07, 2019

Bagaimana Caranya Agar Jasa Sewa Bus Pariwisata Semakin Sukses?


Pelaku usaha yang membuka jasa sewa bus pariwisata sekarang sudah semakin meningkat. Banyak dari mereka yang mengatakan kalau kini masyarakat lebih beralih ke bus pariwisata karena mereka lebih suka pergi berombongan dibanding menggunakan mobil pribadi yang beresiko berpencar-pencar dan tentu jumlah kapasitasnya lebih sedikit.




Tapi, tidak jarang dari pelaku usaha tersebut yang salah mengambil langkah untuk memajukan jasa penyewaan busnya. Bukannya memajukannya hingga sukses, justru membuatnya semakin mundur, bahkan situasi terburuknya sampai bangkrut. Siapapun tentu tidak ingin jasanya menjadi bangkrut, bukan?

Maka dari itulah, bagi teman-teman yang sedang mencari cara sukses memajukan bisnis sampingan sewa bus pariwisata, di bawah ini akan dibagian tips-tips yang InsyaAllah akan bermanfaat bagi teman-teman, yaitu :

1. Daftarkan bisnis jasa sewa bus pariwisata menjadi badan usaha yang jelas

Bagi yang sudah membuka usaha penyewaan bus pariwisata, tentu terkadang mendapat masalah yang biasanya datang tiba-tiba, seperti mendapat keluhan dari konsumen, supirnya melanggar aturan berkendara, dan sebagainya. Beberapa masalah seperti itu, terkadang harus diselesaikan secara hukum dan tidak mudah untuk melakukannya.

Supaya lebih mempermudah dalam menanganinya, tidak ada salahnyauntuk mendaftarkan PO menjadi CV atau PT. Dengan adanya title tersebut, tentu akan lebih mudah menangani masalah hukum yang menimpa usaha yang sedang dijalani. Di sisi lain pun kita akan mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat karena memiliki nama badan sendiri.

Dengan begitu, kita pun akan semakin mudah menarik calon konsumen untuk menggunakan armada bus yang dimiliki.

2. Daftarkan ke asuransi

Selain mendaftarkannya menjadi CV atau PT, mendaftarkan armada ke pihak asuransi tentu menjadi hal yang tepat. Dengan mendaftarkan ke asuransi, tidak akan perlu khawatir lagi ketika bus yang dimiliki mengalami masalah di jalan, seperti kerusakan atau kecelakaan karena pihak asuransi yang akan menggantinya.

Kalau biaya kerusakannya diganti oleh pihak asuransi, tentu kita tidak perlu mengeluarkan biaya perusahaan yang bisa memakan jumlah yang tidak sedikit. Namun, harus ingat, pilih jasa asuransi yang terpercaya dan sudah memiliki nama, apalagi yang meminta dokumen-dokumen dengan sewajarnya, supaya mudah melakukan klaim-nya kelak.

3. Buat paket tour

Sebagian besar masyarakat menggunakan perusahaan sewa bus pariwisata karena menyediakan paket perjalanan yang sesuai dengan keinginan mereka. Teman-teman yang ingin usahanya sukses, lebih baik gunakan cara tersebut dengan membuat paket tour sendiri. Cara tersebut sebenarnya lebih praktis, sehingga konsumen semakin dimudahkan memilih destinasi tujuannya.

Masukkan saja beberapa tempat wisata, mulai dari yang lebih dekat sampai yang jauh. Selain itu, jangan lupa juga untuk memasukkan tempat makan dan tempat berbelanja oleh-oleh, supaya konsumen tidak perlu repot lagi mencarinya sendiri. Kita pun juga bisa melengkapinya dengan paket penginapan, sehingga konsumen semakin praktis memilih paket liburannya.

4. Buatlah promo

Promo merupakan hal yang mudah untuk menarik daya beli masyarakat menggunakan usaha sewa bus pariwisata yang kita miliki. Berikan mereka promo-promo yang menarik di waktu yang tepat, seperti saat mendekati musim liburan, sehingga mereka ingin menggunakan jasa kita.

Jangan ketinggalan juga kita pun harus menggunakan metode promo melalui jejaring sosial media, situs, atau broadcast, agar masyakarat tahu kalau kita sedang mengadakan promo menarik.

Dari tips-tips di atas pasti teman-teman sudah mulai mengatur teknik yang seperti apa untuk menyukseskan usaha sewa bus pariwisatanya, bukan? Maksimalkan saja cara apapun agar teman-teman bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Namun, untuk yang mungkin masih kesulitan mencari tempat penyewaan bus pariwisata sendiri, tidak ada salahnya mencoba layanan bus Trac Astra melalui trac.astra.co.id. Kita bisa memesannya melalui online, sehingga memudahkan kita dalam menentukan bus dari mana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan kita.

Selain itu, kita juga akan ditawarkan sistem kapasitas busnya sesuai dengan jumlah pesertanya. Pokoknya kebutuhan saat mencari bus pariwisata akan lengkap dan tentu pelayanannya serta fasilitasnya juga membuat kita nyaman selama pemakaiannya.

6 comments:

  1. Terima kasih tipsnya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. Nah aku termasuk yang sering lihat promo-promo agen travel, Mbak. Kalau nungguin rombongan RT/RW/Kantor bisa-bisa luaaama bakalan piknik. Tapi lewat agen bus pariwisata, bakalan ada promo jelong-jelong bareng tuh. Kan enak ya.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran