Monday, March 23, 2020

Investasi Online untuk Pemula


Kali ini, mari sejenak kita membicarakan tentang investasi. Zaman sekarang, investasi pun bisa dilakukan secara online, bahkan untuk para pemula yang ingin mulai berinvestasi.

Investasi online merupakan cara berinvestasi dengan mudah, terjangkau, dam cocok untuk pemula. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai investasi online, apa itu investasi? Investasi adalah sebuah cara pengakumulasian kekayaan dengan menempatkan uang pada instrumen keungan yang memberikan return atau imbalan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Kunci dari melakukan investasi ini sendiri adalah kesesuaian antara tujuan keuangan dan instrumen investasi yang dipilih.

Ada beberapa alasan mengapa investasi online lebih dipilih daripada investasi lainnya. Beberapa alasan tersebut seperti gampang diakses. Aplikasi investasi online membuat investor lebih mudah mengakses dan melakukan proses investasi  tanpa perlu datang atau pun tatap muka. Alasan lainnya adalah minimum investasi terjangkau. Umumnya, jumlah minimal yang ditawarkan oleh investasi online lebih kecil dan lebih terjangkau sehingga hal ini tidak menghalangi bagi investor yang memiliki dana terbatas. Selanjutnya adalah proses yang cepat. Proses investasi yang dilakukan oleh investor dapat terjadi tanpa memakan waktu yang lama karena semua dilakukan dengan cara online. Alasan lainnya yaitu, melewati batas negara. Investasi yang dilakukan oleh investor dapat dengan mudah melawati batas-batas negara sehingga bisa masuk ke pasar internasional. Edukasi investasi. 

Adanya bahan edukasi mengenai investasi yang mudah diakses sehingga proses investasi dapat terlaksana dengan tepat. Alasan terakhir adalah monitoring investasi. Investasi online dapat memudahkan investor untuk melihat portofolio secara real-time.

Banyak instrumen investasi yang menawarkan berbagai keuntungan dari investasi online diatas. Berikut terdapat jenis investasi online yang bisa dipilih bagi investor pemula untuk memulai investasi. Pertama adalah emas. Investor yang ingin untuk berinvestasi emas tidak perlu lagi untuk datang ke toko emas dan membeli emas secara langsung. Sudah banyak platform online yang menawarkan emas sebagai salah satu instrumen dari investasi online. Seperti yang sudah kita ketahui, emas memiliki karakteristik harga yang cukup stabil. Selain itu, untuk jangka panjang, return dari investasi emas ini juga lebih stabil jika dibandingkan dengan instrumen lainnya. Oleh karena itu, berinvestasi emas memiliki resiko yang tinggi dan cocok untuk para pemula. Selanjutnya adalah reksadana. Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang mulai menawarkan investasi reksadana secara online. Investasi reksadana ini merupakan investasi yang cukup aman dan terjamin. Untuk memastikannya, kita dapat melihat  informasi perusahaan penawar investasi pada website OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Untuk jenis investasi ini, kita dapat melakukan pengelolaannya dengan sendiri ataupun menyerahkan pengelolaannya pada manajer investasi. Jenis lainnya adalah valuta asing. Valas atau valuta asing adalah bentuk investasi secara digital berupa perdanganan mata uang yang melibatkan mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain. Investasi valuta asing ini juga biasa disebut dengan forex. Dikarenakan fluktuasi dari mata uang yang tidak menentu, jenis investasi ini cukup beresiko untuk pemula. Namun jika berhasil, maka keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar dibanding dengan jenis investasi lainnya. Selanjutnya adalah saham. Berinvestasi pada saham bukan suatu hal yang mudah,. Investor harus mengatahui dan memahami dengan baik mengenai dunia saham. Sebelum benar-benar memulai investasi saham, ada baiknya bagi investor pemula untuk berlatih terlebih dahulu dengan menggunakan simulasi investasi saham. Saham memiliki risiko yang cukup tinggi. Walaupun begitu, saham juga memberikan return yang tinggi. Bagi para investor pemula dapat melakukan investasi dengan bantuan broker untuk mengurangi kegagalan dalam berinvestasi.

Itulah yang perlu diketahui jika ingin melakukan investasi online. Jika ingin memulai, salah satu perusahaan sekuritas yang dapat melayanimu dengan baik adalah Mandiri Sekuritas.



No comments:

Post a comment

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran