Monday, May 11, 2020

Cara Shalat Tarawih Sendiri Di Rumah Lengkap Dengan Bacaannya


Ibadah sunnah yang sering dikerjakan oleh umat Muslim saat datangnya bulan Ramadhan adalah shalat tarawih. Seorang muslim yang mengerjakan shalat tarawih akan mendapatkan pahala yang besar dan Allah SWT akan mengampuni semua dosa dosanya. Rasulullah SAW dalam sebuah hadits bersabda : “Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni dosa yang telah lampau.” (HR. Bukhari, Muslim).




Pada umumnya shalat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid, tetapi dalam situasi tertentu shalat tarawih bisa dikerjakan sendiri di rumah, seperti saat ini yang sedang terjadi wabah Corona. Shalat tarawih bisa dikerjakan di rumah sendiri jika memenuhi beberapa kriteria seperti usia sudah uzur, hujan yang membasahi pakaian, datangnya salju, cuaca dingin, sakit berat, hingga rasa khawatir atas gangguan keselamatan jiwanya.

Oleh karena itu saat terus berlanjutnya pandemi virus corona atau covid-19, shalat tarawih bisa dikerjakan sendiri di rumah masing masing. Shalat tarawih dapat dikerjakan sendiri di rumah jika menimbulkan rasa khawatir atas gangguan keselamatan umat muslim, tidak terkecuali saat pandemi virus Corona atau Covid 19 seperti saat ini. Dalam situasi yang seperti ini seorang muslim bisa mengerjakan shalat tarawih sendiri di rumah masing masing.

Seperti yang dilansir dari laman NU Online, Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Sayyidah Aisyah, pada suatu saat Rasulullah SAW pernah secara sengaja tidak melanjutkan mengerjakan shalat tarawih dihari hari berikutnya karena merasa khawatir jika umatnya nanti menganggap bahwa shalat tarawih adalah ibadah wajib. Hukum sunah shalat tarawih ini berlanjut sampai masanya khalifah Abu Bakr al-Shidiq. Meski begitu dalam kondisi yang normal, lebih dianjurkan untuk mengerjakan shalat tarawih secara berjamaah di masjid.

Lalu bagaimana tata cara shalat tarawih sendiri di rumah? Berikut dibawah ini cara shalat tarawih sendiri di rumah lengkap dengan bacaannya diantaranya yaitu : 

1. Niat Shalat Tarawih

Saat akan menjalankan shalat tarawih sendiri di rumah, menjelang takbiratul ihram silahkan membaca niat ini :

“Ushallu sunnatat tarawihi ra’atayni mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta’ala.”
Yang artinya : “Aku niat shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”
Dalam mengerjakan shalat tarawih ada dua pendapat tentang jumlah rakaatnya yaitu 8 rakaat dan 20 rakaat. Meski begitu, kedua pendapat tersebut memiliki dalil yang sama sama kuat. 

2. Tata Cara Shalat Tarawih Secara Keseluruhan

Berikut dibawah ini tata cara shalat tarawih secara keseluruhan yang dilakukan sendiri di rumah yang dilansir dari berbagai sumber :

·         Mengucapkan niat shalat tarawih.
·         Mengucapkan niat dalam hati saat takbiratul ihram.
·         Mengucapkan takbir saat takbiratul ihram sambil niat dalam hati.
·       Membaca ta’awuz dan surah Al-Fatihah, lalu diikuti dengan salah satu surah dalam Al-Quran.
·         Rukuk.
·         I’tidal.
·         Sujud pertama.
·         Duduk diantara dua sujud.
·         Berdiri lalu mengerjakan rakaat yang kedua dengan gerakan yang sama.
·         Mengucapkan salam pada rakaat yang kedua.
·         Istighfar dan membaca kamalin.

Setelah selesai mengerjakan shalat tarawih, silahkan melanjutkan mengerjakan shalat witir 3 rakaat yang diikuti dengan 1 salam. Berikut dibawah ini bacaan niat shalat witir :

“Ushalli sunnatal witri tsalaasa roka’aatain mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.”

Yang artinya : “Aku niat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”
Itulah tata cara shalat tarawih yang diikuti shalat witir yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a comment

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran