Tuesday, March 31, 2020

Gejala DBD dan Makanan Yang Direkomendasikan Bagi Penderita DBD



Di tengah maraknya berita dan kasus wabah mematikan Corona Virus, ada satu lagi penyakit yang tidak boleh kita sepelekan yang juga sedang terjadi di negara kita, yaitu Demam Berdarah Dengue.

Seperti yang kita ketahui bahwa Demam Berdarah Dengue atau DBD merupakan salah satu jenis penyakit mematikan di Indonesia. Banyak orang meninggal yang diakibatkan oleh DBD, terutama anak-anak. Karena DBD ini termasuk salah satu jenis penyakit yang berbahaya, maka dari itu agar kondisi tersebut tidak terjadi pada kita dan keluarga, maka kita harus mengetahui gejala dan cara penanganannya.

Sebelumnya saya pun pernah membahas tentang DBD disini.

Gejala – Gejala Demam Berdarah :

1. Timbulnya Bintik Merah

Perlu diketahui bahwa gejala bintik merah DBD ini akan muncul dengan diawali panas tinggi atau demam mendadak. Pecahnya pembuluh kapiler ini juga memungkinkan menyebabkan perdarahan ringan pada membran mukus mulut serta hidung yang berakibat pada mimisan. Biasanya bintik merah ini akan timbul pada hari ketiga dan berlangsung salama 2-3 hari berikutnya. Bintik/ruam merah ini akan timbul pada daerah muka, leher dan dada. Lalu bintik merah ini akan berkurang pada hari keempat dan kelima kemudian hilang pada hari keenam.

2. Timbul Sakit Kepala Parah dan Sakit Pada Bagian Belakang Mata

Biasanya setelah beberapa jam mengalami demam yang disertai nyeri otot dan sendi, maka gejala selanjutnya adalah muncul rasa sakit kepala yang sangat parah. Dan biasanya rasa sakit ini terjadi di sekitar dahi. Selain itu, sakit kepala juga disertai dengan sakit pada bagian belakang mata. Hal ini merupakan gejala umum yang sering terjadi pada penderita DBD.

3. Timbul Rasa Mual dan Muntah

Pada beberapa orang, masalah pencernaan juga bisa terjadi saat terkena DBD, seperti mual dan muntah-muntah. Bukan hanya itu, bagian punggung dan perut terasa tidak nyaman. Biasanya gejala seperti ini terjadi selama 2-4 hari.

4. Merasa Kelelahan Yang Sangat

Dengan munculnya demam yang disertai nyeri otot dan sendiri serta masalah pencernaan yang terjadi pada si penderita DBD, tentunya hal tersebut bisa membuat nafsu makan si penderita menjadi berkurang, shingga bisa menyebabkan tubuhnya menjadi lemas dan kelelahan karena kurangnya asupan makanan serta sistem imun tubuh yang semakin lemah.

Makanan Yang Direkomendasikan Bagi Penderita DBD

Jika ada anggota keluarga yang terkena DBD, maka berikut adalah beberapa makanan bagi penderita DBD.

* Angkak

Angkak ini merupakan salah satu jenis beras merah dari China yang difermentasi dengan ragi Monascus Purpureus. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh IPB pada tahun 2012, yang menunjukkan bahwa pemberian kapsul angkak bisa meningkatkan trombosit pada tikus putih yang dibuat trombositopenia (kadar trombosit dalam darah yang rendah).

* Jambu Biji

Hal yang sangat urgen untuk menurunkan kemungkinan komplikasi atau kematian pada penderita penyakit demam berdarah adalah dengan memberikan asupan makanan yang bisa menaikkan jumlah trombosit ketika memasuki fase kritis. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jambu biji. Karena jambu biji ini mengandung trombinal yang bisa merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga mampu menghasilkan keping darah yang lebih banyak dan bisa memicu pembentukkan trombosit darah baru atau platelet.

Dalam hal ini, karena si penderita membutuhkan asupan yang mudah dicerna, oleh karena itu sebaiknya jambu biji tersebut diolah menjadi jus. Selain itu, kandungan air jus jambu batu ini juga sangat baik untuk mencegah dehidrasi sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan pada penderita demam berdarah.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang gejala-gejala DBD dan rekomendasi makanan bagi penderita DBD semoga bermanfaat.

5 comments:

  1. Terima kasih infonya mbak, semoga kita dijauhkan dari virus dan penyakit-penyakit itu. Aamiin..

    ReplyDelete
  2. nah betul, jus jambu ampuh banget :D

    ReplyDelete
  3. Jambunya yang warna merah itu kan mba? Apa semua jenis jambu biji?

    ReplyDelete
  4. Wkt temen saya rawat inap krn DBD; jus jambu ini jg termasuk menu dlm makanan di rumah sakit. Khasiatnya oke jg yah

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran