Friday, December 25, 2020

Bingung Cari Perhiasan Berlian ? Berikut 3 Cara Memilihnya


Siapa yang tidak mengenal berlian? Perhiasan ini merupakan salah satu batu mulia berharga yang paling banyak diincar karena harganya yang mahal. Saking tingginya nilai jual batu mulia ini, banyak yang mulai memanfaatkannya sebagai investasi. Meskipun demikian, kita perlu tahu bagaimana cara memilih batu berlian yang cocok untuk berinvestasi. Hal ini dikarenakan banyak macam berlian dengan spesifikasi tertentu diperjualbelikan di pasaran.

Cara Memilih Berlian yang Cocok untuk Investasi Para Milenial

Berlian sudah menjadi trend di samping penggunaan emas sebagai investasi. Batu mulia berwarna benih berkilau ini biasanya dihargai mahal. Maka dari itu, banyak anak muda yang melakukan investasi emas maupun berlian untuk jangka panjang. Tentunya, sebelum menentukan pilihan berlian yang diinginkan. Maka sebaiknya, melihat beberapa cara memilih perhiasan berikut ini :

1. Karakter dan Bentuk

Sebelum memilih berlian yang digunakan sebagai investasi. Maka sebaiknya mengetahui karakterisitik dan bentuk berlian yang sesuai dengan kemampuan budget. Terdapat beberapa bentuk berlian seperti, round diamond, fancy shapes, cushion diamond, marquis, pear shaped, hati dan oval.

Apabila kita menginginkan berlian dengan pantulan cahaya yang menawan, maka pilihan terbaik adalah round diamond. Jika  menginginkan berlian dengan bentuk segi lima klasik maka pilihan terbaik adalah round diamond. Namun, pilihan berlian vintage dari cushion diamond bisa menjadi pilihan.

2. Sertifikat Resmi

Pastikan toko yang dikunjungi untuk membeli berlian memiliki koneksi dengan industri toko perhiasan maupun asosiasi terkait. Biasanya, toko berlian terpercaya menjamin keaslian produk perhiasan yang diperjualbelikan dengan sertifikat, salah satunya berlian. Perlu diketahui, setiap berlian yang dijual diperlengkap dengan identitas, sertifikat dan nomor seri khusus.

Penggunaan sertifikat sangat penting untuk mendapatkan detail lengkap terkait berlian tersebut. Pastikan berlian yang dibeli bersertifikat GIA atau Geomological Institute of America. Hal ini dikarenakan sertifikat dari lembaga tersebut sudah dipercaya secara internasional.

Pemberian sertifikat resmi pada berlian memiliki ukuran berada di atas 0.5 karat. Perlu diketahui bahwa proses sertifikasi dilakukan secara rinci melalui laboratorium untuk mendapatkan informasi rinci dan detail. Informasi tersebut berupa 4C terdiri atas Carat, Clarity, Color and Cut.

Selain terdapat pengujian proporsi, hasil akhir dan pemotongan secara alami dengan pematangan karbon. Maka dari itu, sangat penting bagi milenial untuk bertanya terlebih dahulu terkait sertifikat resmi berlian yang akan dibeli. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya penipuan.

3. Memperhatikan Critical Weight

Berlian memang memiliki ciri khas tersendiri sebagai lambang keindahan, kemewahan dan keanggunan. Maka dari itu, sebelum membeli perhiasan berlian, maka perhatikan critical weight-nya. Hal ini dikarenakan ukuran berat berlian untuk jenis perhiasan yang satu dengan lainnya berbeda.

Maksudnya, berat cincin berlian dengan kalung berlian tentunya berbeda. Apabila ingin membeli cincin dengan berat 1 karat, maka pilihlah cincin bermata berlian yang memiliki berat 0,95 karat. Biasanya, pihak produsen perhiasan melakukan pengurangan critical weight pada berlian. Hal tersebut membuat harganya jauh lebih terjangkau.

Apabila sudah melakukan beberapa pengamatan di atas sebelum melakukan pembelian berlian, usahakan untuk menjaga perhiasan berlian tetap utuh. Hal ini akan mempengaruhi harganya ketika kita akan menjualnya kembali. Jangan lupa untuk membeli berlian sesuai budget yang kita miliki.

Buat  yang sedang mencari perhiasan berlian untuk acara pernikahan, pertunangan maupun hadiah untuk seseorang yang disayang. Maka pilihan terbaik adalah diamondnco.id. Diamondnco.id menjual berbagai kebutuhan seperti kalung, cincin, anting dan lain sebagainya sesuai kebutuhan kita.  Tidak perlu ragu karena Diamondco.id memberikan kualitas produk terbaik dan terpercaya. Tentunya, dengan harga kompetitif.

2 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran