Sunday, September 19, 2021

Membuat Face Mist dari Saffron

Membuat Face Mist dari Saffron. Saya ini termasuk ibu-ibu yang jarang dandan di rumah. Kalaupun dandan kalau mau ke kantor atau keluar rumah saja. Dandan pun hanya menggunakan pelembab wajah, bedak dan lipstik sekedar menghindari terpaan langsung sinar matahari pada kulit wajah. Kalau berada di rumah, setelah mandi, saya tidak pernah memakai apa-apa yang dioleskan pada wajah. Hanya face wash saja saat mandi. Terkadang suka kepengen juga bisa dandan kalau melihat teman ibu-ibu yang lain yang berdandan menggunakan eye shadow, blush on, dll :)

Sempat kepikiran pengen beli face mist, karena saya tahu manfaat face mist adalah untuk melembabkan dan menyegarkan kulit wajah. Lalu saya teringat, pernah beli saffron. Tahu dong ya, apa itu saffron? Konon, saffron itu merupakan rempah-rempah yang termahal di dunia yang tumbuh di Iran dan Khasmir. Saffron biasa digunakan dalam masakan khas sehari-hari khas Persia.

Awalnya saya beli saffron untuk diminum, untuk menjaga kesehatan saat pandemi. Karena manfaat saffron selain sebagai rempah-rempah hidangan masakan, juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sementara manfaat saffron untuk kesehatan adalah mencegah penyakit kanker, mencegah resiko diabetes, meningkatkan fungsi penglihatan, dll. Kalau untuk diminum biasanya saya menyiapkan segelas air putih, lalu masukan saffron 3 lembar, biarkan terlebih dahulu sampai air berubah warna menjadi kekuningan (kuning emas), baru bisa diminum. Atau bisa juga didiamkan selama semalaman, besoknya baru diminum. 

Dan ternyata saffron juga bisa dibuat untuk membuat face mist. Lalu saya mulai browsing tentang ini, juga cara membuat saffron menjadi face mist. Ternyata tidak susah.

Bahan utamanya hanya saffron dan air bunga mawar. Saya membeli air bunga mawar merk Viva yang mudah didapat. Lalu botol spray untuk isi 60 ml. Botol spray-nya saya gunakan yang bekas botol hand sanitizer. Saya cuci bersih dulu sampai hilang aroma hand sanitizer-nya, lalu saya keringkan. Botol spray sudah bisa digunakan.

Cara membuatnya juga mudah, yaitu :

Masukan air bunga mawar ke dalam botol sebanyak 60 ml atau hampir penuh di botol ukuran 60 ml, lalu masukan 5 lembar saffron. Diamkan terlebih dahulu sampai air berubah warna agak kekuningan (kuning emas). Kalau saya, saya masukan dulu ke kulkas selama kurang lebih 2 jam, baru saya gunakan untuk menyemprot wajah :) Wajah saya bisa saya semprot-semprot face mist ini sesuai kebutuhan saya :)


Terlihat kan ya, saffron-nya, seperti benang berwarna merah itu? 

Akhirnya, saya pun punya face mist buatan sendiri :)

36 comments:

  1. saffron ini mahal kan ya mba? pernah liat yang jual satu jar gitu harganya ratusna ribu hahaaa ternyata banyak ya manfaatnya, pantesan mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, makanya saya belinya sedikit doang hehe

      Delete
  2. Wah kapan hari kami bahas safron ini, ternyata memang khasiatnya bagus banget ya, cocok ih buat face mist.
    Menarik banget bikin face mist sendiri dengan bahan yang memang berkhasiat :)

    ReplyDelete
  3. Memang lebih enak seperti itu di rumah juga jarang make up kalau memang gak perlu buat keluar gitu. Bener banget yang menyegarkan dan menyehatkan kulit wajah kek ini dibutuhkan banget.

    ReplyDelete
  4. Wow, safron ini mahalnya iya setahuku juga bahan ini terkenal dulu karena khasiatnya. Cocok kalau buat face mist dan bermanfaat buat perawatan wajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, safron terkenal mahal. Makanya saya belinya sedikiiit hehe

      Delete
  5. Saffron itu apa ya mbak? Hehehe maaf agak kudet. Saya bikin face mist dari air mawar dan tonic viva, kurang lengkap sih, harusnya mix aloe gel lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. safron itu semacam rempah2 buat masakan mba. Tapi bisa juga diminum dengan cara diseduh dengan air biasa. Buat face mist juga bisa. Jadi manfaatnya buat kesehatan dan kecantikan

      Delete
  6. Kreatif, deh, Mbak, bisa buat face mist sendiri dari saffron. Cara membuatnya cukup mudah ya, bahannya pun hanya saffron dan air mawar saja. Wajah dijamin bakal lebih segar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena gampang buatnya mba, kalo susah saya juga males bikinnya hehe

      Delete
  7. wah, kreatif.. aku cuma tau kalo saffron untuk diseduh dan diminum.. baru tau ada manfaat lain dijadikan facemist seperti ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya juga taunya buat di minum, setelah browsing, ternyata bisa dibuat face mist

      Delete
  8. Sekarang di Bandung lagi gerah banget dan bikin muka jadi lebih kering sih. Asyik juga kalo bisa bikin face mist sendiri, biar makin segar dan lembab wajahnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah biasanya Bandung adem ya... :) Pas udara panas, pas buat semprot2 wajah supaya adem :)

      Delete
  9. oke, ini cukup simple dan bahannya mudah untuk dicari. Emang facemist jadi melembabkan wajah yaaa

    ReplyDelete
  10. Kita samaan dong, Mba! Saya juga nggak pernah dandan selama di rumah, tapi perawatan sih teuteup nomer satu �� Kapan-kapan boleh dong di-update hasil rutin pemakaian face mist ini, Mba. Seperti apa efeknya? Boleh juga kalau di-review, semoga bisa dipertimbangkan soalnya saya penasaran nih!

    ReplyDelete
  11. Mbaaaa, manfaatnya apa ya mbak face mist dari saffron ini? Penasaran ni jadinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajah jadi lembab mba dan seger. Apalagi pas wajah kita lelah, semprot deh.. :)

      Delete
  12. Waah samaan nih kita. Aku juga pake nih mbak face mist saffron. Enak ya di wajah. Tiap hari juga nyeduh saffron buat minum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tos dong. selain di minum, saya bikin face mist deh :)

      Delete
  13. Efek setelah menggunakan face mist buatan sendiri ini gimana mba? Jadi lebih segar dan lembab, atau ada efek tambahan lainnya?

    ReplyDelete
  14. Mpo baru tahu saffron dari tiktok. Pemilik perusahan saffron baik banget suka berbagi. Face mist dari saffron bikin wajah makin cantik

    ReplyDelete
  15. Wah boleh juga nih mbak idenya, aku masih punya saffron nanti aku buat face mist juga deh

    ReplyDelete
  16. wah asyik nih jadi pengen bikin juga sepertinya bisa bikin wajah jadi lebih lembab ya.. safron kan bagus banyak manfaatnya banget.

    ReplyDelete
  17. Saffron belinya di manakah mba? Aku pengen coba juga deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kebetulan saya beli di depan kantor saya, ada yang jual kurma plus jual safron juga

      Delete
  18. Wah caranya mudah ya mbak, dan hanya memerlukan dua bahan saja. Safrin dan air mawar. Wajah jadi segar terus ya mbak, karena kalau merasa kering bisa langsung semprot mist buatan sendiri itu yaa. Thanks mbak

    ReplyDelete
  19. Seandainya pandemi ga menyerang, aku udh rencana pas ke Iran September ini, mau borong shaffron 😄. Apa daya bataaal semuaaa... Iyaa udah sering banget baca ttg khasiat saffron yg memang baguuus utk apapun. Makanan minuman bisa, perawatan kulit bisa. Penasaran sih. Pengen beli di sini, tapi harganya wow banget. Kemarin itu berharapnya, kalo beli langsung di negara yg merupakan penghasil safron terbaik, bisa lebih murah sekalian utk jastip hahaha

    Ini pasti segeeer banget pas disemprotin ke wajah ya mba :). Apalagi dingin

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran