Tuesday, September 02, 2014

Celoteh Fayda Part 16

salah satu contoh kaset DVD Dodo, Syamil dan Kak Nadia (sumber)

Fayda sedang senang sekali menonton kaset DVD Dodo, Syamil dan Kak Nadia. Sehari bisa beberapa kali disetel. Ada satu tema dari cerita Dodo, Syamil dan Kak Nadia tentang alam kehidupan, dimana manusia memiliki 4 tahap alam kehidupan. Dari mulai alam kandungan, alam dunia, alam penantian (kubur) dan alam akhirat.

Di sekolah, Fayda diceritakan tentang neraka oleh gurunya. Dan ketika hendak tidur, biasanya Fayda minta didongengkan cerita, tapi semenjak masuk TK, Fayda tak lagi minta didongengkan, tapi Fayda lebih sering bercerita tentang kegiatannya di sekolah. Maka terjadilah pertanyaan yang dilontarkan Fayda pada saya, ibunya.

Fayda : "Bu... kalo neraka itu ada dimana sih?"
Ibunya gak bisa langsung jawab, mikir dulu, supaya Fayda bisa mengerti atas penjelasan saya, ibunya :)

Saya  : "Mmmm..... Fayda ingat gak lagunya Dodo, Syamil dan Kak Nadia (untung saya ingat cerita dari kaset DVD nya Fayda :D ) tentang alam kehidupan? Bahwa alam kehidupan itu ada 4, alam kandungan, alam dunia, alam penantian dan alam akhirat. Coba lagunya seperti apa?"
Fayda mencoba mengingat lagunya, saya bantu dengan sedikit menyanyikannya. Akhirnya kami pun menyanyi bersama :) 

Saya  : "Neraka itu ada di alam akhirat, sama dengan surga."
Nampak Fayda sedang mencerna penjelasan saya.

Fayda : "Di neraka itu ada setan ya Bu?"
Saya   : "Iya, kalau di neraka, ditemani setan, kalau di surga ditemani malaikat dan bidadari"
Eh.... Fayda malah tertawa dan langsung menyanyi lagunya Co-Boy Junior. 
Oh...bidadari turun dari surga, eyaaa.... 
Hihihihi.... Mungkin begitu saya ngomong bidadari, Fayda geli sendiri karena ingat lagu Co-Boy Junior tersebut. Lagi serius membicarakan tentang neraka, berakhir dengan tertawa bersama :D

38 comments:

  1. aiih...celoteh fayda episode ini sederhana tapi nempel banget tuh sama jiwa anak-anak.
    keren nih kalau semua cerita tentang celoteh fayda tak bookmark ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat dengan bapak diatas saya ini,

      salam

      Delete
  2. Rasa ingin tahu itu bukti kecerdasan mbak.. Semoga fayda cepat besar dan jadi anak yang sholeh..

    ReplyDelete
  3. Wah sama dengan anak saya AKmal kesukaannya VCD Dodo syamil dan Kak Nadia dan sampai-sampai dialognya banyak yang hafal, saking seringnya nonton

    ReplyDelete
  4. kalau Arya biasanya liat trio pintar ini di channelnya milik NU, mak. senang sih, sayangnya kan karena liatnya di tv, sebentar udah selesai :)

    ReplyDelete
  5. Hahahaaha. Coboy Junior ujungnya ya. Lucu banget Fayda. :D

    ReplyDelete
  6. anak-anak juga suka banget sama dodo n syamil

    ReplyDelete
  7. aduh bingung juga ya kalau ditanyain tentang neraka >.<
    eniwei... apa enaknya kalau anak2 tanya aneh2, kita 'belokkan' saja pertanyaannya ya? perhatian teralihkan gitu, jd lupa deh :D

    ReplyDelete
  8. aku Yang blom mgeh lagunyaco Boy Junior mbak

    ReplyDelete
  9. Hihihi.. fayds langsung ngeh sama lagu co boy junior ya :D

    ReplyDelete
  10. kanaya juga suka cerita syamil dan dodo tapi serignya lihat di youtube aja

    ReplyDelete
  11. Anak-anakku juga suka nonton DVD dari Syamil itu... karena ada lagu-lagunya juga dan ceritanya sederhana dan mendidik.
    Anak-anak selalu punya pertanyaan kritis... kalau berhubungan sama Agama kita jadi harus hati-hati ya mbak jawabnya hehehe

    ReplyDelete
  12. Menunggu pertanyaan lucu fayda berikutnya :)

    ReplyDelete
  13. wah mirip pertanyaanya anak saya nih,,,kalu ikut kakanya ngaji pasti dirumah berceloteh tentang Surga hehe...tanya neraka,,,,

    ReplyDelete
  14. klop bgt dah, kalo anak2 ngerti dg penjelasan sederhana kita. #eaaa ...

    ReplyDelete
  15. Fayda terus belajar cerdas neh...
    Santri TPA Al-Muhtadin kadang juga saya ajak nonton bareng Syamil.

    ReplyDelete
  16. Fayda gaul banget sik...udah ngefans sama coboy junior rupanya ya...hihihihihi

    ReplyDelete
  17. He he,,fayda cerdas lho,,langsung nyambung ke lagunya coboy junior he he

    ReplyDelete
  18. ini juga CD kesukaan Nadia mbak. dan emang bagus2 ya ceritanya :)

    ReplyDelete
  19. sama seperti fadya, anak saya juga suka cerita syamil dan dodo :)

    ReplyDelete
  20. Duuuh...emang anak2 jaman sekarang nanya nya suka pada pinter2 yah mbaaaa :)

    Kayla & Fathir pun sering nanya yang bikin aku puyeng dulu bentar njawabnya...

    Kalo udah kepepet gak bisa jawab mah, kasih duit seribu trus suruh jajan di warung mama Ajeng aja deh....hihihi...
    *tehnik pengalihan perhatian*
    *jangan sampe ketahuan abah...hihihi...*

    ReplyDelete
  21. Mmmm... ntar kalau sy punya anak, kira2 bakal tanya apa aja ya ke saya... siap2 nih... :)

    ReplyDelete
  22. Hehehe.. gak jd serius deh.. :-D
    Padahal dah mikir keras tuh ya mbak.. ahaaha..

    ReplyDelete
  23. Dodo dan Syamil memang bagus-bagus

    langsung keinget sama CJR, ya hehe

    ReplyDelete
  24. hahahaha...endingnya hrus nyanyi ya xixixixixi.....

    ReplyDelete
  25. Konsepnya Dodo dan Syamil bagus berarti ya, Mba. Saya belum prnah menontonnya. :D

    Ibunya ikut nyanyi, yaa. .

    ReplyDelete
  26. jav jg suka nonton syamil & dodo :)
    lucu bgt sih, lg diskusi serius, ujung2nya muncul si coboy junior :))

    ReplyDelete
  27. keponakan2 saya juga suka nin nonton ini. hehe

    ReplyDelete
  28. Makin ke sini, anak-anak makin cerdas. Jadi kita para orang tua dituntut lebih luas wawasannya ya Mak :)

    ReplyDelete
  29. Fayda umur berapa Mak? ngegemesin yaa... secara anakku 3 cowok semua...hihi
    CD syamil emang bagus lagu2nya

    ReplyDelete
  30. Fadya pinter :) Jadi ingat sama celotehan Aisya waktu seumuran Fadya mak :)

    ReplyDelete
  31. Wah ingin nak memiliki buku part 16 ini neh...

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran