Thursday, December 17, 2015

Bayi Saya "Haid"?

Memiliki anak perempuan dan anak laki-laki terasa banget perbedaannya. Bukan hanya secara fisik dan mentalnya yang berbeda, bahkan ketika hendak melahirkankan pun terasa berbeda. Apa karena memang setiap kehamilan dan kelahiran tiap anak itu berbeda ya, tak mengenal apakah itu jenis kelaminnya perempuan atau laki-laki.

Kesamaan waktu hamil Farras dan Fayda adalah saya tidak merasakan ngidam, mual, muntah atau morning sickness. Perbedaannya, saya gak 'ngeh' ketika hamil Fayda, mungkin karena memang tak ada perencanaan, maksudnya sedapatnya aja :) disamping itu jadwal menstruasi saya memang gak teratur, juga saya tidak ber-KB, jadi ketika saya hamil Fayda, saya tidak mengetahuinya. Beda dengan Farras, karena kehamilan anak pertama adalah ditunggu-tunggu, maka ketika telat menstruasi saya selalu tes menggunakan testpack :). Selain itu, kelahiran Fayda sempat molor waktunya selama sekitar 2 minggu. Jangan ditanya deg-deganya seperti apa. Itu terjadi kemungkinan karena saya salah menghitung HPHT. Setelah melahirkan Fayda pun saya sempat terkena wasir. Kehamilan dan kelahiran Fayda memang berbeda dengan Farras.


Belum lagi saya sempat dibuat kaget dan takut ketika Fayda mengalami haid (kalau boleh saya bilang begitu). Saat itu saya kaget banget ketika saya hendak mengganti popoknya yang basah karena ngompol. Ternyata Fayda mengeluarkan bercak darah seperti 'haid' dicampur lendir. Paniklah saya. Saya memberitahu suami saya. Suami saya juga ikut kaget. Lalu saya disuruh tanya ke bu bidan sebelah rumah ibu mertua saya, tempat dimana Fayda lahir. Setelah saya tanya, kata perawat bu bidan, gak apa-apa, kalau anak perempuan memang begitu, nanti juga hilang dengan sendirinya. Itu bawaan hormon ibunya. Hasil penjelasan dari perawat itu, hati saya menjadi tenang. Saat saya hamil dan melahirkan sebenarnya saya sering baca-baca majalah tentang cara-cara merawat bayi dan anak, tentang tumbuh kembang bayi dan anak, apa yang terjadi pada bayi baru lahir, dll. Tapi yang membahas topik tentang bayi 'haid' ini, saya belum pernah baca.

Bercak darah yang keluar pada bayi perempuan ini dikarenakan adanya hormon estrogen dari ibu yang masih terbawa oleh bayi hingga lahir. Bercak merah ini mirip menstruasi/haid. Selain bercak merah, biasanya disertai dengan lendir. Sehingga bayi seakan-akan mengalami 'haid'. Sebagian besar bayi perempuan mengalami ini. Bercak darah ini biasanya terjadi pada minggu pertama sampai sepuluh hari setelah bayi lahir. Bercak darah akan hilang setelah 2-3 hari. Bila bercak darah itu sudah hilang, tidak akan muncul lagi. Tapi kalau tidak salah, Fayda mengalami bercak merah ini lebih dari 3 hari. Mungkin setiap bayi memang berbeda-beda ya...

Selain bayi saya 'haid', Fayda juga pernah mengalami payudaranya yang seperti membesar, seperti ada benjolan. Saya sempat kaget dan panik lagi. Baru juga saya mengalami kepanikan karena ada bercak darah seperti haid pada Fayda, sekarang payudaranya malah seperti membesar. Suami saya juga ikut-ikutan panik. Setelah saya tanya pada perawat bu bidan (kembali), yang katanya memang bayi perempuan seperti itu, karena hormon dari sang ibu, yang nantinya juga akan hilang dengan sendirinya, asal jangan dipegang-pegang atau ditekan, atau dipijat. Semuanya adalah normal. Sifatnya hanya sementara, dalam beberapa minggu, payudara bayi akan kembali seperti semula.

Pengalaman punya bayi perempuan  memang berbeda dengan bayi laki-laki ternyata ya.... Apalagi saya dan suami termasuk orang yang mudah panik.

65 comments:

  1. Wahhh nice share ini.. meskipun sy tdk mengalami pas kelahiran anak perempuan sy.. tp lumayan jd gak kaget klo sewaktu2 ada yg mengalami.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang tdk semua bayi perempuan mengalami sih mba...

      Delete
  2. Iya mbak, anak saya yang kedua juga haid, tapi ga dijelasin sih penyebabnya, trims infonya ya mbak

    ReplyDelete
  3. wah baru dapet nih penjelasan ilmiahnya

    ReplyDelete
  4. pernah kejadian sama anaknya seodaraku nih, awalnya juga kaget tapiternyata setelah ada penjelasan jadi ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, awalnya saya takut baget, takut kenapa2 gitu...

      Delete
  5. saya juga pernah ty ke bidan jawabannya juga gitu mb, saya kira karena model gendongan bayinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... khawatir ya mba, gak taunya bukan apa2

      Delete
  6. oh ada ya "haid" pas bayi karena bawaan dari ibu setelah lahiran. Aysha tidak mengalami, jadinya kaget juga pas baca judul artikel ini.

    Alhamdulillah gapapa ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... cuma bawaan hormon dari ibunya

      Delete
  7. Sama, dulu juga aku panik. Tapi setelah dapat penjelasan dari bidan ya sudah lega deh jadinya

    ReplyDelete
  8. wah baru tau yg beginian, salam kenal mbak

    ReplyDelete
  9. saya pernah baca2 juga mba, untungnya pas anak saya yg perempuan itu lahir gak mengalami hal itu. saya pun pasti panik jg kalo ngalamin kayak mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, apalagi anak perempuan pertama :)

      Delete
  10. kalo dulu Kinar, 2 hari setelah lahir, malah keluarnya lendir putih susu..saya pun kaget, kok kayak keputihan gitu...ternyata kata susternya memang itu bawaan dari ibunya juga setelah lahiran.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada yg seperti keputihan, ada yg darah, bahkan ada yg lendir campur darah

      Delete
  11. Alhamdulillah waktu anak perempuan saya masih bayi tak ada haidnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang gak semua bayi perempuan mengalami

      Delete
  12. Replies
    1. jadi jangan kaget ya, kalau nanti mengalami :)

      Delete
  13. mbak santi lengkap ya...ada farras dan fayda...ntar cerita parentingnya bisa aku tiru juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada yg baik dan sesuai dgn mak Dwi.. silahkan :)

      Delete
  14. Wah,baru tau ya bayi bisa ngalamin seolah-olah haid. Selama ini cuma bisa kepoin postingan emak yang punya anak bayi aja di blognya. Soalnya belum punya junior, sh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... semoga hasil kepo-annya bermanfaat :)

      Delete
  15. Sebelumnya memang pernah baca artikel tentang bayi yang sudah bisa mens. Tapi baru dari blog ini yang share dari putrinya sendiri. Terima kasih ya share-nya. AKu belum menikah sih, tapi bisa jadi pengetahuan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah belum pernah baca ttg ini Vindy...

      Delete
  16. Baru tahu, soalnya anak pertama yang perempuan gak ngalami ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. keponakan saya juga gak ngalamin ini, tapi anak saya ngalami :)

      Delete
  17. Ooh... Baru tahu saya. Kebayang kaget & bingungnya saya jika terjadi. Hehehe...
    Terima kasih sudah sharing Mbak

    ReplyDelete
  18. Ponakan saya baru sebulan pernah keluar lendir seperti keputihan Mbak. Ortunya jg kaget. Masa bayi udah keputihan. Waktu konsultasi ke bidan jawabnya juga sama. Gpp, nanti hilang sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada yg seperti keputihan, ada juga yg darah keluarnya

      Delete
  19. waktu nala baru lahir dia keluar lendir kaya keputihan gitu mbak, panik deh, tapi seperti yang mba ceritain di atas, kata dokter gapapa, itu cuma sisa hormon ibunya hehe.. nice share mba.. makasih yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hal2 yg kita tdk tau, memang suka bikin panik ya.. sama2 mba

      Delete
  20. Wah makasih ya mbaa udah dikasih tau tentang ini, jadi kalo pas menghadapi ga perlu bingung

    ReplyDelete
  21. Woo baru tahu ada bayi 'haid'. Ponakanku 2 perempuan gak gitu sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang gak semua bayi perempuan mengalami

      Delete
  22. Wah baru tahu ada begitu juga. Kemarin anak kedua saya ga ngalamin. Terima kasib infonya mba, nanti kalau ketemu kasus ini pada orang sekitar jadi ngerti...

    ReplyDelete
  23. Waktu raisyah lahir juga ada sempat lendir gitu mba. Sempat kaget juga.. walau ternyata ngga apa apa. Terima kasih sharringnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya darah campur lendir kalo anak saya. sama2 mba..

      Delete
  24. Iya pernah baca di majalah *lupa majalah apa, kadang memang seperti itu bayi ngeluarin lendir seperti haid, ntar hilang sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya justru belum pernah membca majalah yg mengulas ttg ini mba...

      Delete
  25. OO ada juga ya yangngalamin begitu? rada kaget sih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Titi, ada yg mengalami hal sprti ini

      Delete
  26. Baru tahu mba soal ini. Alhamdulilah bukan hal serius ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bukan hal yg serius mba..

      Delete
  27. Fira kemarin juga iya, waktu masih di Rumah Sakit, baru lahir. Kata dokter tidak apa-apa, itu karena hormon ibunya saja yang masih kebawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung waktu msh di RS ya mak Astin, jadi kitanya gak terlalu panik gitu..

      Delete
  28. Anakku cowo juga sempet ada bercak darah waktu awal2 baru lahir. Katanya emang hormon Dr ibunya, nanti juga hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah... saya baru tahu malah kalo cowok juga mengeluarkan bercak darah

      Delete
  29. Anak saya juga mengalami demikian, mba. Dan memang karena hormon. Alhamdulillah smoga baik-baik saja :)

    ReplyDelete
  30. Ohh... gitu, toh. Saya bacanya ikutan panik ini. :o
    Sehat-sehat terus baby-nya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayi saya sudah besar, sudah mau 6 th skrg hehe

      Delete
  31. Baru tau kalo bayi bisa mengelurkan sarah macam haid dari bawwaan hormos estrogen ibu nya. Tp ini ngak semua bayi kan yaaa ??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak semua bayi akan mengalami ini mas...

      Delete
  32. Keponakanku juga gini. Terus ada bidan yang bilang, payudaranya harus dipencet. Berhubung udah sering baca artikel kesehatan anak, udah tau kalo itu hanyalah mitos. Kalo ditekan malah bisa jadi radang. Informasinya bermanfaat :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran