Monday, December 19, 2016

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com


Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com. Sudah hampir 5 tahun ini saya ngeblog. Awal ngeblog karena saat itu saya ikut bisnis MLM yang disarankan anggotanya memiliki blog untuk promosi bisnisnya. Akhirnya saya mulai membuat blog yang dibantu suami saya. Maklum saya masih awam, sementara suami saya sebelumnya memang sudah punya blog, walaupun jarang diisi. Saya tidak keberatan membuat blog karena memang saya ingin bisnis MLM saya bisa berkembang, di samping itu saya memang menyukai dunia tulis menulis. Jadi sambil menyelam minum air atau sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Asyik kan?

Namun ternyata, bisnis MLM saya tidak seperti apa yang saya harapkan. Bisnisnya mati suri, namun perjalanan menulis saya masih berjalan lancar sampai sekarang. Alhamdulillah.

Awal membuat blog, tentu saja saya masih menggunakan blog gratisan, belum mau membuat blog berbayar, blog dengan domain sendiri atau TLD (Top Level Domain). Di samping itu, saya memang belum mengerti tentang manfaat blog dengan TLD ini. Dulu saya mikirnya, ngapain pake yang berbayar, kalau yang gratisan juga ada? Males banget ngeluarin duit buat bikin blog. Nulis tinggal nulis aja, di tempat yang ada dan tersedia.


Sampai akhirnya pemikiran saya itu berubah. Setelah aktivitas ngeblog saya semakin lancar, ikut banyak komunitas blogger, berteman dengan para blogger, saling berinteraksi lewat komentar-komentar di blog dalam ajang blog walking, maupun berinteraksi lewat media social. 

Lambat laun, saya mulai memikirkan untuk merubah domain blog saya dari yang gratisan ke yang berbayar. Tahun 2015, saya mengganti domain dengan domain berbayar.




“Mengapa saya akhirnya berpikir untuk merubah domain menjadi TLD?”

1. Banyak penawaran kerjasama artikel di blog

Saya sudah banyak mendapat tawaran kerjasama dalam bentuk tulisan artikel di blog. Dan kebanyakan  agency yang menawarkan kerjasama memberi syarat blog-nya harus ber-TLD.  Akhirnya saya pun dengan senang hati merubah blog gratisan saya menjadi blog dengan TLD. 


Disinilah saya berpikir kalau blog memiliki posisi tawar. Artinya, jika blog memiliki domain sendiri, blog tersebut sudah memiliki posisi tawar untuk bisa bekerja sama dengan para agency


2. Lebih Ringkas


Yang tadinya nama blog saya panjang kali lebar, yaitu www.susantidewiok.blogspot.com akhirnya berubah menjadi www.santidewi.com Lebih simpel, lebih pendek, dan lebih mudah diingat kan? Menurut saya, itulah seharusnya nama blog. Mudah diingat, dan ada sesuatu tentang diri kita.

3. Supaya terlihat lebih professional. 

Saya ingin serius mengelola blog, untuk itu saya butuh keprofesionalan dalam menjalankan blog saya. Juga jika blog sudah mendatangkan rezeki, alangkah baiknya jika blog yang kita miliki adalah blog ber- top level domain.

4. Lebih percaya diri

Percaya deh, jika blog sudah ber-TLD, kita akan lebih percaya diri dalam memberikan nama blog kita, apabila ada yang bertanya :) Apalagi jika menyangkut kerjasama tulisan/artikel untuk blog yang akan mendatangkan rezeki :)

5. Lebih konsisten dalam ngeblog

Kalau blog sudah memiliki domain sendiri, kita pasti akan berpikir, sayang banget kalau blog tidak pernah diisi. Tiap tahun kita bayar domainnya, tapi jika blog tidak ada manfaatnya, akan sayang. Boro-boro mendatangkan uang, ini malah tiap tahun mengeluarkan uang untuk bayar domain. Jadi dengan domain sendiri, maka kita akan lebih konsisten dan serius dalam ngeblog.

6. Supaya terlihat lebih keren


Sebagai seorang blogger harus tahu kebutuhan domainnya. Boleh saja memiliki blog dengan domain sendiri karena ingin terlihat lebih keren dan kekinian, seperti blogger yang lain. Tapi ingat, jangan lalu memilih nama blog dengan asal. Karena nama blog juga penting untuk dipikirkan masak-masak, sebelum menentukan ingin memakai nama blog apa. Saya lebih setuju jika blog adalah yang brandable domain yaitu nama domain yang lebih mengutamakan branding ketimbang keyword


“Lalu, kenapa saya memilih domain dotcom, bukan yang lain?”

Disinilah keunggulan menggunakan top level domain .net/.com

1. Com pada dotcom adalah singkatan dari commercial (komersial). Pasti tahu kan ya, arti dari komersial? Secara singkat, komersial adalah bernilai tinggi. Makanya saya memilih dotcom untuk blog saya, agar terdengar komersial.

2Ketika orang berpikir tentang TLD, orang pasti langsung mikirnya ke dotcom. Begitu pula saya. Se-simpel itu saya menentukan nama domain blog saya. Saya berpikir, hanya #DotComForBlogging.

3. Karena ekstensi dari domain dotcom itu sendiri. 
Domain dotcom adalah domain yang sangat terkenal di kalayak masyarakat luas, dan domain ini adalah yang paling populer di internet. Kebanyakan orang yang masih awam tentang internet, menganggap semua alamat website di internet belakangnya menggunakan dotcom. Bahkan dulu saya lebih sering menggunakan google.com daripada google.co.id di mesin pencari google :) Bahkan untuk facebook, twitter, instagram, yahoo, dll pun menggunakan dotcom di belakangnya. 

4. Karena domain dotcom akan lebih mudah diingat oleh orang banyak ketika ingin berselancar di internet dibandingkan dengan domain umum lain nya seperti   dot biz,  dot org,  dot top, dot id, dot co, dot xyz, dll

5. Dotcom lebih mudah untuk SEO dan google friendly. Begitu juga dengan dotnet, tidak berbeda jauh. Net pada dotnet berarti networking (jaringan). Sehingga dotcom dan dotnet lebih google friendly.

Kebanyakan orang yang masih awam tentang internet menganggap semua alamat website di internet belakangnya pakai dotcom. Jadi supaya nggak bikin bingung orang awam, pakailah ekstensi dotcom.
Jadi jika tidak menemukan nama domain yang pas dengan ekstensi dotcom, alternatifnya bisa dengan menggunakan ekstensi dotnet (ekstensi domain paling populer kedua). Menurut saya, dotcom dan dotnet sangat cocok untuk dipasang di blog bahkan untuk bisnis. Itulah keunggulan menggunakan top level domain .net/.com menurut saya.

Tips memilih nama domain sangatlah penting, tapi ada satu hal lagi yang tidak kalah penting, yaitu memilih tempat mendaftarkan nama domain yang terpercaya. Jangan sampai kita mendaftarkan nama domain di tempat abal-abal hanya karena alasan lebih murah atau karena ada diskon gede-gedean. Tentunya kita tidak ingin kehilangan akses ke domain yang kita miliki karena penyedia nama domainnya menghilang tanpa jejak, entah itu karena bangkrut atau karena alasan lain.

Lalu untuk blogger yang blognya belum TLD, harus kemana mencari? Dotcomforme solusinya. Apalagi untuk blogger, ada potongan harga lho... lumayan kan?



Selain untuk para blogger, untuk kita-kita yang ingin memiliki bisnis secara online, percayakan nama domain mu pada dotcomforme. Mengapa demikian? Silahkan dilihat video di bawah ini, untuk lebih jelasnya.

    


Jadi tak ada keraguan lagi saya menggunakan top level domain .com, karena banyak keunggulan menggunakan top level domain .net/.com.



85 comments:

  1. Lbh percaya diri dg tdl iyaaa...
    Ternyata ada mlm yg hrs bikin blog ya. Baru tau

    ReplyDelete
  2. Saya juga merasa lebih percaya diri dan terlihat lebih serius dalam mengelola blog sehingga penawaran kerja sama juga akan lebih lancar :)

    ReplyDelete
  3. Lebih semangat ngeblog ya kalau sudah TLD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dorongan lebih sebagai penyemangat :)

      Delete
  4. lebih jrenggggg klo pakai tld ya mbak semog berkah :*

    ReplyDelete
  5. saya lebih punya banyak teman dan konsisten dan lebih pede dan...banyak bener ya dannya. Semoga konsisten terus ya mbak kitanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Dgn TLD InshaAllah konsisten :)

      Delete
  6. Aku juga makin percaya diri setelah pakai dot com, mba :)

    ReplyDelete
  7. Pake TLD emang lebih nyaman & bisa lebih memasimalkan blog. Apalagi setelah TLD dilirik oleh para sponsor, uang bayar TLD jadi kembali lagi :D

    ReplyDelete
  8. Yang bikin senang pakai TLD, templatenya bisa suka hati kita :)

    ReplyDelete
  9. Dot.com kayak identitas diri ya mba, aku baru 2 tahunan hehehe. Semoga semakin semanga ngeblognya, mba :)

    ReplyDelete
  10. Aku baru aja bikin blog baru. Memang benar 6 poit di atas. Dan dengan .com or net kita jadi lebih rajin nulis :)

    ReplyDelete
  11. Setuju banget mbak! Domain dotcom memang lebih mudah diingat dari semua domain yang ada, sayangnya domainku berekstensi dotnet.. huhuhu..

    Tapi gak apalah yang penting dikenal orang *orang-orang terdekat maksudnya* hehehe..

    Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  12. Dengan TLD, ngeblog semakin pede.
    Bisa ikut lomba, seminar bahkan job review. Berasa selebriti. Hihihi...

    ReplyDelete
  13. Dengan TLD blog kita juga mudah dikenal. Terus ya itu, jadi sering dapat Job Review. *eeeh :D

    ReplyDelete
  14. Terlihat lebih profesional buat diajak kerja sama ma brand ya kalau dah TLD :D

    ReplyDelete
  15. betul sekali mba..saya juga baaru 2 bulanan menjadi dotcom dan akhirnya merasa percaya diri saja dalam menggeluti blog sehingga tiap hari sudah terbiasa ngisi artikel2 yang bermanfaat untuk sobat semuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yuli sih rajin ngisi blog nya. semoga semangat terus ya...

      Delete
  16. Lebih sesuatu ya mak kl dah dotcom

    ReplyDelete
  17. iya setuju sekali, setelah menggunakan dot com, ngeblog jadi lebih percaya diri. oh ya, salam kenal mbak...

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah dulu milih dot com dan pas juga saat bikin yang baru apke dot net juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi komplit ya... jadi kepikiran buat bikin satu lagi yg dotnet hehe

      Delete
  19. Ahahahah bener banget mbak, aku banget ini yang baru sebulan pakai TLD, makin banyak kemajuan jadinya, jadi lebih pede juga kalau ditanya alamat blog nya apa :D

    ReplyDelete
  20. Semuanya betul, Mbak. Walau belum banyak, saya juga makin eksis dilirik buat review. Asyik banget deh. Keren dan profesional

    ReplyDelete
  21. Aku juga mau nge dot com blog yg lainnya. Biar Ada tawaran job. Hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiik... semoga tambah banyak tawarannya ya... :)

      Delete
  22. Saya juga memilih pake dotcom, karena lebih terlihat bagus, apalagi kalau pake nama sendiri ya mba.

    ReplyDelete
  23. Jadi lebih pede ya mbak punya rumah sendiri :)

    ReplyDelete
  24. Keren artikelnya... berarti selangkah lebih maju ya kalo pake TLD

    ReplyDelete
  25. betul sekali, kelihatan lebih keren. Hehehe. Kalau (dot) id gmn ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg lebih dikenal di kita, dotcom sih...

      Delete
  26. saya pun merasa lebih keren pake com hahaha

    ReplyDelete
  27. Lebih seru saja kalau pakai domain. dilihatnya juga lebih keren. :)

    ReplyDelete
  28. Aku baru 2 bulan nih pake TLD dan emang bener banget udah mulai terasa bedanya. Dari pengunjung mulai naik, kemudian semangat bloging juga lebih gede. Biasanya kalo udh capek ya batal blogging, tapi sekarang lebih seneng blogging daripada tiduran.

    ReplyDelete
  29. waduh jadi pengen juga nih beralih ke TLD..

    ReplyDelete
  30. Eh seriusan ada MLM yang ewajibkan anggota nya ngeblog ???? keren amat nich MLM hehehe

    ReplyDelete
  31. memang banyak banget keunggulan TLD ini yaa Mbaa, saya juga merasakannya :)

    ReplyDelete
  32. Iya banget, pake domain dot com atau dot net banyak banget manfaatnya. AKu yang dulu cuma gaya-gayaan, Alhamdulillah banget, tanpa disangka bisa dapet banyak banget rezeki...

    ReplyDelete
  33. aku juga lagi pingin pindah pake domain.com nih mbak, huhu

    Salam,
    Puput

    ReplyDelete
  34. Saya juga nih, Mba. Malah baru ngerasain banget, udah mulai banyak brand percaya buat kerjasama dengan blog saya, justru setelah saya ganti ke TLD.

    ReplyDelete
  35. saya udah lama ngeblog, tapi akhir-akhir ini baru kepikiran untuk diseriusin. Karena daripada hobi hanya ngendap semata mending dipakek untuk sesuatu yang menghasilkan, kan? pas banget pengen benahin blog tapi nggak tahu pihak yang bisa bantu. Nah baca ini jadi tahu deh harus kemana.

    Salam kenal ya mba ^_^

    ReplyDelete
  36. iya, kalo pake TLD lebih tampak profesional ya mba.

    ReplyDelete
  37. Kalau saya alasan pilih tld biar gampang diingat aja dan karena mau pakai wordpress + hosting sendiri jadi mau ga mau lebih enak pakai tld berbayar biar lebih bebas

    ReplyDelete
  38. Yes Mbak...ternyata udah lama ya dari 2015. Saya mah atuh baru seumur anak singkong ... wkwkwk. Aku ga nyangka ternyata Mbak San juga pernah ikutan MLM yak?

    ReplyDelete
  39. banyak juga ya keunggulan menggunakan Top Level Domain ... salah satu nya agar blog keliatan lebih professional

    ReplyDelete
  40. belum sempat nulis buat lomba ini padahal ide udah di kepala

    ReplyDelete
  41. Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom ..

    Nice Artikel :)

    ReplyDelete
  42. Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom ..

    Nice Artikel :)

    ReplyDelete
  43. Saya masih menunggu penawaran kerjasama nih Mbak hehe. #curcol

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran