Monday, March 13, 2017

Bagaimana Cara Mengobati Puting yang Lecet Saat Menyusui?


Sebagai seorang ibu yang sedang atau pernah menyusui bayinya, pasti pernah merasakan puting lecet saat menyusui. Biasanya lecet puting dikarenakan sering digigiti bayi yang sedang kita susui. Pengalaman puting lecet saat menyusui adalah ketika saya memiliki anak pertama. Anak kedua sudah tidak merasakan lagi puting lecet. Mungkin karena anak pertama, dan pengalaman pertama juga dalam menyusui, sehingga menyebabkan puting saya lecet. Karena posisi menyusui yang tidak benar juga bisa menyebabkan puting lecet dan karena tidak berpengalaman, maka posisi bayi saat menyusui sering dalam posisi tidak benar. Apalagi bayi saya yang pertama adalah laki-laki dan menyusunya sangat hobi, berbeda dengan anak perempuan saya, yang kedua. Keinginan menyusunya tidak sebesar anak laki-laki saya. Bahkan disapihnya pun, anak laki-laki saya di usia 2,5 tahun sedangkan anak perempuan saya di usia 2 tahun.

Ada yang puting lecet hingga menimbulkan ibu yang sedang menyusui jadi panas dingin karena lecetnya parah, bahkan sampai berdarah. Namun puting saya saat menyusui dulu tidak pernah sampai berdarah, hanya lecet saja. Itu pun sakitnya luar biasa, apalagi jika bayi hobi menyusu. Di saat puting sedang sakit dan perih, bayi masih kepengen nyusu. Rasa sakit yang menyiksa. Sambil menyusui, sambil menahan sakit.

Prosesi yang rutin saya kerjakan sebelum menyusui adalah membersihkan puting terlebih dahulu mengunakan air hangat. Biasanya saya akan membasahi kapas dengan air hangat, lalu saya bersihkan puting dengan kapas tersebut sebelum menyusui bayi saya. Sehingga kondisi puting saat hendak disusui dalam keadaan lembab (tidak kering) dan yang utama adalah bersih. Namun begitu, puting lecet tetap saja tidak bisa saya hindari. 

Lalu, bagaimana cara mengobati puting yang lecet saat menyusui? Ada satu cara dan satu obat yang saya gunakan dan bisa menyembuhkan puting lecet tersebut dengan cepat dan aman. Apa itu? Yaitu dengan mengoleskan ASI saya pada puting yang lecet. Cuma itu? Iya. Tapi ampuh lho.... :) Puting lecet saya segera sembuh :) Sebelumnya, saya sering mengompres puting lecet saya dengan handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air hangat. Air hangat yang kita kompreskan pada puting yang lecet membuat kita nyaman dan rileks. Lalu... saya oleskan ASI saya pada puting lecet saya. 

Itu pengalaman saya saat puting lecet sewaktu menyusui, karena yang saya tahu, ASI bisa menjadi obat, baik untuk anak maupun ibu yang sedang menyusui. Semoga bermanfaat.

7 comments:

  1. Baru tahu Mbakkk, dulu sempet lecet juga. Duh sampai nangis2 pas nusuin. Tahu tipsnya mudah dan simpel giini, aku praktekin dulu ya..

    ReplyDelete
  2. Ooo...ternyata obatnya asi toh, baru tahu saya.. nice share info :)

    ReplyDelete
  3. Membaca ini jadi nangis kangen ibu, aku dulu baru umur 4 tahun disapih, dan kata ibu, aku bandelnya minta ampun, seperti anak laki-laki yg mbak tulis di sini. Pasti bu kesakitan watu menyusui aku. Sebegini bgt ya pengorbanan seorang ibu, dan ajaib sekali menyadari bahwa obat dari lecet itu tak jauh-jauh dari manfaat menyusui itu sendiri, yakni ASI, super mbakkk.... mencerahkan

    ReplyDelete
  4. kalau dulu saya pas mandi diolesin minyak kletik (minyak kelapa murni) terus dibersihin lagi, jadi puting gak kering dan gak lecet :D

    ReplyDelete
  5. Jadi Tahu kalau mungkin pas masih bayi saya pun bisa menyakiti Ibu ....
    Thnaks Artikelnya mbak, Salam Kenal ...

    ReplyDelete
  6. Posisi menyusui yang tidak benar memang dapat menyebabkan puting lecet. Anak pertama karena belum pandai menyusui akhirnya lecet dan sakitnya luar biasaaaaa :( Alhamdulillah waktu menyusui anak kedua sama sekali tidak pernah lecet

    ReplyDelete
  7. Bener banget, asi itu obat ampuh dan gak perlu khawatir ada sisa obat kalo misal pake obat oles saat bayi mau nyusu. Aku anak pertama lecet, tapi anak kedua ketika jarak lahir lumayan dekat jadi masih fasih lah ya nyusuinnya jadi g sampe lecet. Hehehe

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran