Thursday, March 23, 2017

Manfaat Minum Teh, Ternyata Banyak Lho...


Suka minum teh? Saya suka :) Ada dua macam teh yang saya tahu dan banyak beredar di negara kita. Teh hitam dan teh hijau. Saya pernah menuliskannya disini. Tapi saya lebih suka teh hitam, walaupun katanya manfaat teh hijau lebih banyak. Namun teh hitam pun memiliki manfaat yang tak kalah banyak. Sebelumnya, saya memang tidak tahu manfaat minum teh itu apa saja. Saya minum teh karena memang suka rasa dan aromanya. Dulu... waktu masih sekolah, saya suka minum teh ditambah gula di pagi hari. Namun sekarang, setelah menikah, I prefer drink tea with no sugar. Sadar kesehatan :) Disamping itu supaya manfaat teh-nya tidak terganggu oleh keberadaan gula. Apa coba... hehehe.... Walaupun gula khusus diabetes banyak dijual. Iya, saya khawatir jika minum teh ditambah dengan gula pasir, akan terkena diabetes, penyakit yang menakutkan yang sudah banyak menelan korban. Dan resiko pasti selalu ada, apalagi untuk ibu-ibu di usia saya sekarang. Dan justru katanya, menurut artikel yang saya baca, meminum teh tawar akan mencegah diabetes dan mencegah penyakit jantung. Jadi sekarang ini, saya akan mengganti teh manis saya dengan teh tawar saja. Atau kalau sedang ingin minum minuman bersoda, mendingan minum teh tawar aja deh... :) Usia segini gitu lho... apa yang diminum juga harus dikontrol kalau ingin selalu sehat.

Teh hijau dan teh hitam kaya akan antioksidan. Kandungannya dapat menangkal radikal bebas. Mengkonsumsi teh tawar secara rutin juga menurunkan resiko serangan jantung, karena teh tawar mengandung sifat anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan jantung. Teh tanpa gula dapat membantu kita tetap terjaga di siang hari, sehingga bisa melakukan kegiatan dengan lebih semangat. Teh tawar dapat meningkatkan kemampuan untuk memperoleh informasi. Secangkir teh mengandung kurang lebih 50 miligram kafein yang memicu seseorang meningkatkan kewaspadaan dalam bekerja. Minum teh tawar juga dianjurkan untuk dikonsumsi sesaat sebelum berolahraga. Terutama teh hijau ya, karena di dalam teh hijau mengandung senyawa aktif yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak secara optimal.

Jadi... ingin selalu semangat dalam bekerja? Atau ingin berolahraga dengan hasil yang maksimal?Coba minum teh tawar :) Tapi jangan lupa untuk minum air putih juga minimal 8 gelas sehari. Kalau teh tawar, cukup maksimal dua gelas sehari. Pagi dan sore hari. Teh tawarnya hangat, teh-nya adalah teh favorit. Hmm... sedap. Sebelum dicecap, hirup dulu aromanya.... :)

11 comments:

  1. Mbak..aku suka minum teh..tapi yang beraroma kopi.. Enak lho..
    Aku pernah dapet, tp cuma oleh2 dr Ngawi☺

    Ngeteh-pisang goreng-nonton tv- pas di luar hujan. Mantap ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru tahu ada teh beraroma kopi. Mau nyari di toko online ah... siapa tahu ada yg jual hehe

      Delete
  2. Aku penggemar teh dan khasiatnya memang nggak diragukan lagi ya :)
    PAgi siang sore minumku teh, hehehe

    ReplyDelete
  3. Saya lebih terbiasa mengkonsumsi kopi ketimbang teh mba. Mungkin karena saya adalah perokok, jadi agak nyaman aja jika pagi2 itu sambil ngeroko ditemani kopi hehe

    ReplyDelete
  4. mas juga penggemar teh, tapi dibarengi sama tahu goreng. untuk sarapan. heheh

    ReplyDelete
  5. teh tawar terus pake irisan lemon.... panas2... slurrrrp...

    ReplyDelete
  6. dulu saya sekeluarga selalu ngeteh manis pagi dan sore mbak. turun-temurun dari keluarga ibu.

    kalo pulkam, momentum ini paling saya suka. ngeteh sambil ngobrol. dan dulu ga mikir diabet segala karena alhamdulillaah ga ada yang diabetes.

    sampe bapak wafat, ibu masih melanjutkan kebiasaan ini. cuma sekarang sendirian.

    huhu...jadi kangen rumah...

    ReplyDelete
  7. Belum pernah minum teh tawar. Mungkin bisa saya coba sesekali untuk mengurangi resiko diabetes.
    Lebih baik mencegah sedini mungkin, sebelum terlambat

    ReplyDelete
  8. teh tawar terus pake irisan lemon.... panas2... slurrrrp...

    ReplyDelete
  9. ehmmm .... aku lbh suka mnum kopi dari pada teh :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran