Friday, March 24, 2017

Sajian Sambal Khas Indonesia yang Harus Kamu Coba!


Sambal merupakan pelengkap makanan yang paling sering dicari oleh masyarakat Indonesia. Tanpa hadirnya sambal, makanan yang kita santap kurang terasa nikmat dan “nendang”. Ada banyak sekali lauk yang pas disantap dengan sambal, seperti ayam goreng, ayam bakar, empal, iga, dan lain-lain. Apalagi jika disantap dengan menggunakan tangan, semakin nikmat tentunya.

Indonesia terkenal akan berbagai sajian sambal yang siap menggugah selera kita. Setiap daerah di Indonesia, memiliki sajian sambal khasnya, baik itu yang pedas sampai manis. Tentu saja ini sangat menarik untuk bisa kita cicipi semuanya, baik itu di restoran maupun membuatnya sendiri.
Sajian sambal khas Indonesia apa sajakah yang pas untuk dijadikan pelengkap makanan kita?

Sambal Matah – Bali

Sering ke Bali? Pasti tahu dong sambal yang cukup terkenal di Pulau Dewata tersebut? Yup, betul. Sambal matah merupakan salah satu sambal khas Pulau Bali yang dijadikan pelengkap ketika menikmati berbagai olahan daging, khususnya ikan bakar. Sambal ini memiliki wangi yang cukup harum dan siap menggoyang lidah kita. Komposisi sambal matah terdiri atas potongan bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi bakar, serai, daun jeruk, dan air perasan jeruk nipis. Perlu diketahui, sambal matah ini bisa awet selama 2 sampai 3 hari jika kita menyimpannya ke dalam mesin pendingin atau under counter di dapur  dengan menempatkannya ke dalam wadah yang tertutup rapat.

Sambal Bajak – Jawa Tengah

Sambal bajak merupakan salah satu kreasi sambal yang paling sering ditemui di berbagai restoran atau warung pinggir jalan. Cara membuat sambal ini cukup mudah, tinggal tumis cabai merah yang sudah dihaluskan bersamaan dengan bawang merah dan putih, dan tomat. Setelah selesai ditumis, campurkan dengan terasi, garam, dan gula merah. Wangi yang dihasilkan oleh sambal ini pun bisa menggugah selera kita, apalagi jika disantap dengan gorengan yang masih hangat.

Sambal Dabu-dabu

Sambal dabu-dabu merupakan sambal khas Manado. Sambal ini memiliki cita rasa yang khas sehingga membuat kita ingin mencobanya terus. Makanan/lauk yang pas dimakan bersamaan dengan sambal ini adalah beragam sajian seafood, seperti ikan bakar. Uniknya, sambal ini disajikan mentah denga komposisi sebagai berikut : cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, kemangi, tomat, sedikit garam, dan perasan air jeruk. Penasaran dengan rasanya? Silahkan coba, karena cara membuat sambal ini cukup mudah dan simple.


Itulah kira-kira sajian sambal khas Indonesia yang harus dicoba, apalagi bagi para pecinta kuliner pedas. Sebetulnya, masih banyak sajian sambal khas Indonesia, seperti sambal kecap, sambal terasi, sambal mangga, sampai sambal bongkot. Semua jenis sambal ini bisa kita temukan dengan mudah, mulai dari usaha catering, restoran-restoran, sampai warung di pinggir jalan.

Jadi... apakah sambal favorit teman-teman? :)

21 comments:

  1. Aku ngeces banget sama cengeknya mbak,

    ReplyDelete
  2. Kalo bicara soal sambal, aku paling suka sama SAMBAL TERASI dari jawa timur kak, mantab pokoknya....

    Oh iya, kunjungi balik blog aku ya....?

    ReplyDelete
  3. Aku orang jawa tapi baru tahu nama sambal bajak. Pakai gula jawa ? warnanya pasti kemerah-merahan.

    ReplyDelete
  4. Sambal dabu-dabu bikin saya ketagihan pas ke Manado, akhirnya di rumah serinng banget bikin

    ReplyDelete
  5. Sambal bajak. Tapi aku menyebutnya sambal tomat, dan seringnya pakai gula pasir.

    ReplyDelete
  6. Dari tadi baca reading list di blok isinya makanan mulu. :( ooh aku selama ini kebalik ngira sambal matah itu sambal dabu-dabu. Sedaaap

    ReplyDelete
  7. Wow, suka segala sambal aku Mbak. Yang peting aman di perut. Soalnya kadang pingin sambal tapi perut nggak tahan gabisa diajak kompromi. Sukaku sambel lombok ijo :)

    ReplyDelete
  8. Cuma sambal bajak yg pernah saya coba Soalnya kadang-kadang beli sate kulit (yang bikin gemuk itu lho hehehe) ada sambel bajak nya. Yammy lah pokonya...

    ReplyDelete
  9. Lagi suka sambel korek, dulu suka nyetok sambel bajak sekarang dah nggak lagi... soalnya kalo maem pinginnya ganti2 sambelnya... kadang bajak, kadang bawang, kadang korek, kadang pencit, kadang kecap... hahaha... kalo lagi males... ceplusin lombok aja hehehe

    ReplyDelete
  10. semua macam sambel aku suka, kecuali sambel kecap mbak. Mbak makasih ya rapelan komennya, Nanti aku balik lagi buat ngerapel baca postingannya

    ReplyDelete
  11. Kayaknya saya suka semua sambal. Gak ada matinya :D

    ReplyDelete
  12. aku lagi pingin coba sambel dabu dabu, seger seprtinya

    ReplyDelete
  13. aku belum pernah nyoba sambal matah, penasaran deh..
    sambal kesukaanku sambal khas daerah, sambal tuktuk (pakai ikan kering) dan sambal jahe

    ReplyDelete
  14. Masih banyak mbak... Di hampir tiap tempat di Indonesia punya sambal. Dan ada orang-orang yang ga lengkap kalo makan tanpa sambal.

    ReplyDelete
  15. biasanya cuma buat sambal terasi mbak...bikin nafsu makan meningkat 100 persen....ternyata banyak resep sambal yang bisa dicoba :D

    ReplyDelete
  16. Sambalnya semua menarik tapi sayang saya terlalu tidak suka dengan sambal karena pedis hahah.

    ReplyDelete
  17. Ini sambalnya semua enak-enak dan aku sukaaaa... Jadi tambah berselera kalo makan ada sambal. :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran