Thursday, August 10, 2017

Membiasakan Anak Bangun Pagi

santidewi.com ~ Mungkin disini ada ibu-ibu yang ingin memulai membiasakan anak bangun pagi? Saya punya ceritanya dan pengalaman sendiri. 

Anak pertama saya, Farras susah banget kalau bangun pagi. Ini mungkin karena kesalahan saya. Awalnya karena kasihan kalau dibangunkan pagi-pagi karena masih mengantuk, khawatir tidurnya masih kurang. Kalau kurang tidur nanti berdampak pada kesehatannya, kira-kira begitulah pikiran saya waktu itu. Ditambah suami pun melarang saya membangunkan anak saya pagi-pagi. Akibatnya, ketika sudah agak besar (sekarang usia 11 tahun) jadi susah dibangunkan pagi. Sholat subuhnya sering kesiangan. Kalau sudah begini, saya yang menyesal sendiri. Memang pembiasaan itu harus dilakukan sejak anak masih kecil. Tapi dari kesalahan itu kita jadi belajar.

Berbeda dengan anak kedua saya, yang perempuan, Fayda. Tahun ini, di saat puasa Ramadhan pertamanya, ketika Ramadhannya usai, saya membiasakannya bangun pagi. Melanjutkan kebiasaannya bangun saat sahur. Saat Ramadhannya sudah berakhir, kebiasaan bangun paginya saya teruskan. Tapi dibangunkannya tidak lagi jam 4 pagi seperti saat Ramadhan yang mengharuskannya sahur. Saya membangunkannya saat adzan subuh berkumandang. Dan Alhamdulillahnya, anaknya gak sulit untuk dibangunkan. Mungkin memang karena ada keinginan kuat juga dalam dirinya. Dia ingin melanjutkan sholat subuh berjamaahnya di mushola seperti saat Ramadhan sebelumnya.

Sewaktu bulan Ramadhan, selama satu bulan penuh anak saya, Fayda tidak pernah ketinggalan untuk sholat subuh berjamaah di musholla. Kenapa di musholla bukan di masjid? Karena letak musholla lebih dekat daripada letak masjid dari rumah kami. Lalu ketika saya tanya kenapa sholat subuhnya harus berjamaah? Fayda bilang, soalnya sholat maghribnya kalau puasa gak bisa di musholla. Memang sebelum Ramadhan, tiap maghrib, Fayda selalu sholat maghrib berjamaah di musholla. Dan saat Ramadhan, gak mungkin kan, kalau pas buka puasa Fayda ada di musholla? Fayda kan masih kecil. Jadi akhirnya  sholat maghrib berjamaahnya diganti menjadi sholat subuh berjamaah. Dan postifnya, setelah Ramadhan, sholat subuh berjamaah di mushollanya berlanjut sampai sekarang. Alhamdulillah. Begitu juga dengan sholat maghrib, ketika Ramadhan usai, sholat maghrib berjamaahnya dilanjut lagi. 

Alhamdulillah, walaupun anak perempuan dan masih kecil pula, dalam sehari Fayda 3 kali sholat berjamaah. Sholat ashar, berjamaah dengan teman-teman madrasahnya di masjid dekat madrasah, karena memang masih di jam sekolah madrasah, sholat maghrib dan sholat subuh di musholla dekat rumah. Ada positifnya satu lagi nih, karena Fayda setiap hari sholat subuh berjamaah. Fayda jadi hapal surat-surat yang belum Fayda hapal, juga Fayda sudah hapal doa qunut dengan sendirinya :) Anak kan memang kalau sering mendengar, cepat hapalnya. 


Fayda pulang sholat subuh dari musholla :)

Jadi, jika ada ibu-ibu yang ingin memulai membiasakan anak bangun pagi, bisa dimulai ketika bulan Ramadhan datang, setelahnya dibiasakan dibangunkan untuk bangun pagi untuk sholat subuh. Namun sebelumnya, saya bersepakat dulu dengan Fayda. Saya katakan kalau setelah Ramadhan usai, Fayda harus tetap bangun pagi untuk sholat subuh. Kalau dibangunkan ibu, harus mau. Dan Fayda menyetujui. Dengan adanya kesepakatan ini, anak jadi gak susah buat dibangunkan pagi hari.

36 comments:

  1. Kalau anakku yang paling susah bangun pagi itu yang nomor dua. Sampai alarm ditaruh di teligapun dia masih bisa tidur nyenyak. Kalau dibangunkan harus berkali-kali, sampai anaknya bener2 bangun, duduk dan bisa diajak bicara. Dua saudaranya sih gampang, bangun sendiri menjelang adzan shubuh atau dibangunkan juga mudah.

    ReplyDelete
  2. Tips bagus Mbak, ...ini anak-anak saya pasang alarm di kamar, jam 5 pagi, tapi tetap saya juga yang harus bangunin mereka ... hadeeeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, kalo bukan ibunya yg langsung ngebangunin, gak bangun2 hehe

      Delete
  3. Alhamdulillah Marwah sudah terbiasa bangun pagi dan ga susah dibangunin hehe

    ReplyDelete
  4. Bener ya mbak... Kadang tanpa sadatr sikap kita sendiri yang bisa menghambat kemampuan anak... Karena kasihan... Nggak tega... Duh, harus banyak belajar mbak... Makasi tipsnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. itulah kesalahn org tua... suka gak tegaan sama anak

      Delete
  5. Kebiasaan orang tua seharusnya menjadi contoh anak tapi kalau anak tidak dibiasakan, kebiasaan sehari-hari yang terjadi. Hem.. begitu ya, rupanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak memang harus dibiasakan hal baik sejak kecil, supaaya terbiasa sampai besar

      Delete
  6. Aku gedhe gini juga susah bangun pagi, hehehe
    Malu sama Fayda

    ReplyDelete
  7. Mungkin lebih dini lagi, dimulai bangun pagi sejak bayi. Katanya lbh efektif sih. Tapi saya blm punya anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalo punya anak, biasakan anak pada kebiasaan baik sejak kecil :)

      Delete
  8. iya, biasanya kalau bulan Ramadhan, anak-anak gak begitu sulit dibangunkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan kebiasaan baik ramadhan bisa dilanjut setelah ramadhan :)

      Delete
  9. kaka Fayda hebat banget, anakku skrg 4th dan aku mulai biasain bangun pagi solat subuh tp kadang gampang dan kadang males hahaha apalagi klo suruh wudu pagi2 suka dingin katanya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, kalo di daerah dingin mungkin anak akan bilang dingin jadinya males, tapi kalo Serang panas, jadi gak sulit buat diajak wudhu subuh :)

      Delete
  10. Kalau Aisyah otomatis bgn klo abi umminya bgn, jd kdg jam 3 udh bgn aja minta susu n pipis, klo mw ya ikut sholat, klo gk goler2 di deket org sholat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak2 saya dulu waktu blm sekolah, bangunnya siang terus mba, makanya ketika sudah sekolah harus dibiasain bangun pagi :)

      Delete
  11. Anakku ngikutin jam bangunku mbak, kalau bangunnya pagi dia bangunnya ikutan bangun pagi. Kalau kesiangan... malah dia yg bangunin. Hehe
    Bener deh kayanya, didikan bangun pagi harus sedari kecil ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak ya, kalo dari kecilnya udah bisa bangun pagi kayak gitu... :)

      Delete
  12. anak saya masih susah bangun pagi...kakaknya pas ramadhan penuh perjuangan buat dibangunin setelah ramadhan usai ya perjuangan lagi ngebanguninnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya, kakaknya yg susaah bangunnya tapi kalo adeknya, gampang banget

      Delete
  13. Memang bangun pagi ini harus dibiasakan ya, Mbak Santi... Pasca Ramadhan kemarin saya juga mencoba konsisten membangunkan anak waktu subuh. Selain anak jadi displin sholat subuhnya, pagi hari saya juga lebih santai, tidak kemrungsung. Kalau dulu pas mereka bangun siang, yang ada kita pengennya cepet2, anak harus segera sekolah, kami harus segera ngantor. Kadang sampai tidak sempat sarapan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, manfaat lainnya ya itu, sarapan gak keburu2. Malah stlh solat subuh bisa mengulang pelajaran

      Delete
  14. bener mbak buktinya sekarang anak2 gak telat lagi dan tidak rewel saat dibangunin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, awalnya saja memang sulit ya, tapi lama2 enggak :)

      Delete
  15. Faida rajin mba.. Anakku yang kecil masih siang bngunnya..jam 06 lebih. Klo yang gede, jam 5 udah sarapan.. Krn jam 06.15 sudah mesti brngkt sekolah. Awal2 dulu susah juga..tp krn sekolahnya masuk pagi (6.40).. Lama2 terbiasa

    ReplyDelete
  16. Tipsnya mau dicoba diterapin untuk anak saya,
    sekarang masih umur 5 tahun, bulan Ramdhan kemarin susah bangun sahur, moga ramadhan berikutnya sudah bisa bangun untuk shaur dan tetap konsiten bangun shubuh pasca ramadhan.
    trims untuk tipsnya mba :)

    ReplyDelete
  17. alhamdulillah kita dirumah selalu bangun pagi gak ada yg susah bangunnya

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah, anak saya yg cowok (kls 2 SD) sekarang sudah terbiasa bangun pagi. Biasanya jam 5. Karena masuk sekolahnya pagi dan hrus ngerjakan PR jg.
    Cuma adiknya (masih TK) yg masih susah bangun pagi. Mgkin karena dia merasa masuk skolahnya siang, jadi bangunnya pun ikutan agak siang. Semoga nanti kalau SD bisa bangun pagi sprti kakaknya.

    ReplyDelete
  19. Luar biasa mbaaa... saya harus biasakan anak-anak bangun pagi dan pastikan mereka disiplin

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran