Monday, November 25, 2019

Investasi Syariah untuk Hidup yang Lebih Berkah



Investasi syariah merupakan salah satu jenis investasi yang terjamin kehalalannya. Ada sejumlah alasan lain bagi kita untuk memilih jenis investasi ini.
Apakah teman-teman sudah memiliki investasi syariah untuk mendukung tujuan finansial, baik jangka pendek maupun jangka panjang? Pada zaman dahulu, orang harus melalui proses yang rumit untuk memulai berinvestasi. Sekarang, tersedia berbagai platform yang menyediakan kesempatan untuk memiliki investasi secara online. Jenis investasi ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja asal terkoneksi dengan internet.
Apa kegunaan berinvestasi? Salah satunya adalah dapat menghindari inflasi. Jadi, nilai uang yang dimiliki tetap sama bahkan meningkat seiring dengan pergerakan waktu.  Kegunaan lainnya adalah dapat memenuhi tujuan finansial jangka pendek, menengah, atau panjang. Sebagai contoh, jika kita ingin mempersiapkan pernikahan, kita tentu harus menyediakan modal yang cukup untuk menggelar resepsi pernikahan.

Alasan Memilih Investasi Syariah
Selain investasi konvensional, kini juga ada yang disebut investasi syariah. Apa itu investasi syariah? Ini adalah jenis investasi yang didasarkan pada aturan dan hukum Islam. Apa saja alasan memilih investasi syariah?
  • Halal
Selain menikmati keuntungan, kita pun akan menjalani hidup yang lebih berkah dengan mengelola investasi syariah. Hal ini karena investasi syariah dikelola dengan cara-cara yang halal. Salah satunya, bebas dari ancaman riba. Bagi umat muslim, riba merupakan salah satu dosa besar yang wajib dihindari.
  • Aman
Alasan lain memilih investasi syariah adalah lebih aman. Hal ini disebabkan oleh adanya prinsip menjauhi gharar atau memberikan informasi yang tidak lengkap. Pada umumnya, banyak investor terjebak pada suatu investasi yang tidak menguntungkan karena adanya gharar.
Investasi berkonsep syariah juga terbebas dari hal-hal yang bersifat maysir atau yang mengandung unsur judi. Hal ini membuat investor akan merasa lebih aman saat memulai berinvestasi.
  • Ada aturan yang jelas
Investasi syariah telah didukung oleh dasar hukum yang sah, yaitu UU Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Dalam pelaksanaannya, investasi syariah diawasi oleh Dewan Syariah Nasional MUI.
  • Bermanfaat secara sosial
Investasi berbasis syariah juga berdampak secara sosial. Seperti yang dirasakan oleh para pelaku usaha mikro yang tergabung dalam marketplace Qazwa. Qazwa adalah platform pembiayaan syariah online yang memungkinkan investor memilih proyek pembiayaan potensial.
Untuk memulai investasi di Qazwa, kita bisa menyisihkan uang mulai Rp. 5.000. Keuntungan yang didapatkan mencapai 24% per tahun. Platform ini juga berada dalam pengawasan OJK sehingga aman dan terjamin. Bagi teman-teman yang ingin mencoba investasi syariah di Qazwa, prosesnya sangat mudah. Dokumen yang perlu dipersiapkan adalah KTP dan NPWP (opsional).
Memilih Qazwa adalah salah satu cara untuk berinvestasi dengan mudah dan praktis. Dapat diakses secara online membuat platform ini sangat potensial, khususnya bagi yang ingin mengelola investasi syariah. Jadi, mulai hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah agar hidup jadi lebih berkah.

1 comment:

  1. wah investasi syariah sekarang udah bisa online ya. mau ah cek n ricek qazwa. pengen juga hidup tenang krna lebih berkah

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran