Sunday, August 22, 2021

Camilan Buatan Sendiri di Masa Pandemi dari Yummy App

 Assalamu'alaikum!

Apa kabar ibu-ibu? Pandemi sudah berjalan hampir dua tahun. Tahu kan ya bu-ibu bagaimana rasanya? Berbagai macam perasaan tumpah ruah di saat seperti ini. Kesal, sedih, bingung, cape dll. Tapi itu semua harus kita jalani dengan ikhlas karena semua adalah ketentuan dari Allah. Ibu-ibu dipaksa untuk bisa tangguh dan kreatif. Tangguh memberi pengertian kepada anak-anak untuk bisa berdamai dengan keadaan (pandemi), kreatif dalam memberikan makanan bergizi untuk keluarga tapi dengan budget yang tidak terlalu tinggi. Karena saat pandemi seperti ini adalah masa-masa sulit di segala sektor termasuk financial. Sementara jika anggota keluarga lebih banyak berada di rumah, biasanya akan lebih sering lapar sehingga membutuhkan camilan yang lebih banyak selain makanan utama.

Bagi saya yang tidak mahir memasak, kebingungan terasa sekali. Saya yang biasa masak standar seperti sayur sop, sayur asem, tumis kangkung, capcay, goreng ikan, dll membuat saya harus lebih kreatif dalam memasak ditambah camilan-camilan sehat.

Untungnya nih, saya punya aplikasi Yummy.

Aplikasi Yummy, apa itu? 

Aplikasi Yummy adalah sebuah aplikasi fitur memasak yang tentunya sangat dibutuhkan oleh para ibu. Terutama saya yang seringnya bingung mau masak apa, ditambah saat pandemi seperti ini camilan harus selalu tersedia di rumah karena anggota keluarga lebih banyak berada di rumah.

Saya, yang tidak memiliki keahlian memasak, dengan adanya Yummy App sangat membantu saya dalam menyajikan masakan-masakan untuk anggota keluarga, termasuk camilannya. Enaknya, dengan Yummy App, kita tidak usah bingung-bingung mau masak apa dengan stok bahan-bahan yang ada di kulkas. Karena di Yummy App, stok apapun yang kita punya, itu bisa dijadikan makanan. Masa sih? Caranya bagaimana? Gini nih, 

Pertama tentunya download dulu ya aplikasi Yummy di Smartphone kalian. Jika sudah terpasang, di bagian bawah pilih menu "Memasak". Pilih bahan makanan yang ibu-ibu miliki. Setelah itu, pilih "terapkan". Maka menu masakan/makanan akan muncul disitu. Silahkan dipilih makanan atau masakan apa yang ingin dibuat. Mudah kan? :) Seperti contoh pada gambar di bawah. Saya pilih bahan-bahan yang saya punya di kulkas yaitu baking powder, bakso dan bakso ikan. Maka nanti akan muncul jenis masakan yang terbuat dari ketiga bahan tersebut. Saya tinggal memilih mau masak apa. Videonya pun tersedia. Selain itu, di Yummy App, setiap resep masakan tercantum juga lama membuat, berapa langkah yang dibutuhkan dalam membuat masakan dan banyaknya porsi yang dihasilkan. Jika ibu-ibu hanya memiliki waktu yang sedikit untuk mengolah makanan, misalnya mau masak untuk sarapan, sementara kita sudah diburu-buru waktu mau ke kantor. ibu-ibu bisa memilih resep masakan dengan waktu penyajian yang sebentar begitu juga dengan porsi yang ingin dibuat. Mau 2 porsi, 3 porsi atau 4 porsi. Tinggal dipilih saja.


Untuk ibu-ibu yang ingin memulai usaha makanan pun bisa mencari macam-macam menu makanan yang ingin dijual dari Yummy App ini. Karena di Yummy App tersedia juga menu resep masakan ide jualan.

Selain itu, resep-resep masakan di Yummy App, selain tertera waktu pembuatan, ada berapa tahap pembuatan makanannya, makanan yang dibuat untuk berapa porsi, juga berapa rupiah yang harus kita keluarkan dalam membuat makanan tersebut. Semua komplit, sudah tersedia.

Dan juga nih, jika kita memiliki resep masakan, kita pun bisa berbagi dengan para ibu yang lain dengan meng-upload resep masakan yang kita punya.

Senangnya lagi, begitu kita masuk ke Yummy App, nama kita Yummy panggil dengan sebutan chef, bikin geer aja deh... hehehe



Nah kan, saya dipanggil chef :) (Liat nama saya diatas, sebelum nama ada tulisan chef)

Kalau menurut saya nih, Yummy App ini memiliki 3 fitur unggulan dan 2 kolom unggulan, yaitu :

1. Fitur Masak yang didalamnya terdapat di kulkas ada apa? Yang berarti bahwa apapun yang ibu-ibu miliki di kulkas, bisa dimasak dengan bantuan Yummy App ini. Ibu-ibu tinggal memilih minimal 2 bahan yang ibu-ibu punya di kulkas. Yang sebelumnya sudah saya bahas diatas.

2. Fitur Cari Resep yang berada di Home dari Yummy App ini. Ibu-ibu bisa mencari resep apa yang diinginkan. Tinggal ketik di kolom pencarian cari resep, maka akan muncul beberapa resep masakan yang diinginkan. Tinggal pilih. 

Berkat bantuan Yummy App ini, saya bisa membuat beberapa makanan camilan untuk keluarga di rumah. Contohnya nih...


Karena di rumah ada cetakan martabak mini, maka saya pun berselancar mencari resep martabak mini. Dan taraa... dapat dong hehe... Dan ini hasil kreasi saya,



Selain martabak mini, saya juga membuat camilan pizza mini kentang, bakpao dan pie susu. Jangan diliat bentuknya ya, karena saya sudah bilang kan, kalau saya masih amatir dalam memasak hehehe... tapi rasanya enak lho... semua habis dimakan. Ini berkat Yummy App yang memang setiap resep yang masuk ke Yummy App akan diseleksi terlebih dahulu. 

Dan di bawah ini adalah kue kering kreasi saya, tentunya resepnya berasal daru Yummy App.


3. Fitur Tulis Resep. Di fitur ini, hasil kreasi masakan ibu-ibu bisa di upload disini, berbagi menu dan resep masakan dengan ibu-ibu yang lain se-nusantara. Siapa tahu ternyata resep yang ibu-ibu upload ternyata adalah resep favorit dan banayk dicari ibu-ibu yang lain dan akhirnya mendapatkan bintang 5. Iyes di aplikasi ini, kita bisa memberikan bintang pada resep yang kita sukai. Bintangnya sampai bintang 5. 

4. Kolom Ide Jualan. Ibu-ibu, di masa pandemi ini di saat semua serba sulit, bagi ibu-ibu yang ingin menambah penghasilan di rumah, tapi masih bingung mau jualan kue atau masakan apa, di Yummy App ini ada lho kolom ide jualan. Sehingga memudahkan kita semua dalam memilih ide jualan apa yang sekiranya banyak diminati. Kita tinggal mengkreasikan dengan ide-ide yang kita miliki. Selamat mencoba ya bu-ibu..

5. Kolom Resep Penjaga Imunitas. Imunitas tinggi di saat pandemi seperti ini, yang paling kita cari. Segala macam cara kita kerjakan demi menjaga imunitas tetap tinggi. Berjemur di pagi hari rajin olahraga, minum berbagai macam tambahan vitamin, memakan makanan yang sehat dan bergizi. Tak lupa, di Yummy App ini pun terdapat resep masakan penjaga imunitas.

Yuk download Yummy App :) untuk memudahkan ibu-ibu dalam memasak makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga.


Nah itulah ibu-ibu, pendapat dan review saya tentang Yummy App. Semoga bermanfaat dan bisa membantu para ibu ketika bingung ingin memasak makanan apa. Saya sendiri sudah mencoba membuat camilan buatan sendiri di masa pandemi dari Yummy App.


28 comments:

  1. Hai Chef Susanti, ini aplikasi impian saya, yang bisa ikut berpikir di saat ada bahan-bahan yang kayaknya ga nyambung untuk dimasak bareng.

    Tahu deh gimana ibu-ibu, kadang belanja ini dan itu, mengkhayal mau masak A, B, C ga tahunya nanti di dapur belok lagi. Walhasil ada bahan yang seharusnya terolah jadi tersisa. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Diah sudah mampir. Hehehe... iya mba bener banget. Makanya kalo ada sisa bahan-bahan di kulkas bingung mau bikin apa, saya langsung buka aplikasi yummy hehehe

      Delete
  2. Mbak Santi rajin banget buat camilannya. Mungkin karena banyak resep di Yummy ya jadinya makin semangat buat camilannya? :)

    ReplyDelete
  3. sejiwa banget dengan saya mbak Santi.. awal pandemi saya bukannya stres ngga bisa nge mall atau apa, tapi stres mikir masak apa... alhamdulillah, semakin kesini sudah lebih terbiasa, apalagi ada Yummy App, urusan masak memasak, lancar jaya

    ReplyDelete
  4. Wah, mantep ni aplikasinya mba. Ngebantu banget ibu2 yang sering kehabisan ide mau masak apa di rumah. Makasih infonya mba...😊

    ReplyDelete
  5. Pakai Yummy App jadi bisa ganti camilan tiap hari, ya, Mbak. Keren banget berasa chef profesional nggak sih wkwk. Fiturnya juga lengkap jadi memudahkan pengguna, ya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Gegara Yummy App, pagi ini aku eksekusi resep semur daging kentang, sama tumis kangkung super endeussss :D
    Abis gini mau bebikinan cemilan juga ahhh
    Yeayy, makasiii Yummy App! You really save my day :D

    ReplyDelete
  7. Seneng banget pasti ya ketemu App Yummy ini serasa jadi pengen pasang juga biar gak pernah kehabisan ide untuk bikin masakan.

    ReplyDelete
  8. waalaikumsalam saat pandemi ini alhamdulillah baik, tapi pusing karena nafsu makan keluarga menurun. Perlu banget aplikasi kayak yummy nih biar bisa masak camilan dan makanan yang menarik dan enak.

    ReplyDelete
  9. Duh pengin banget sama martabak, makanan manis kayak gini jadi favorit. Sayangnya, ga bisa buat sendiri selalu beli di luar :)

    ReplyDelete
  10. Yang kayak gini kebiasaan beli sayangnya dimasa pandemi harus bisa bikin sendiri, nih karena lebih aman.

    ReplyDelete
  11. Bener banget camilan manis kayak gini udah kebiasaan beli, pengin buat sendiri aja nyari resepnya di yummy hehe

    ReplyDelete
  12. Mudah banget ya sekarang nyari resep bisa di aplikasi apalagi banyak varian makanan yang menarik, nih, paling dibutuhkan sekarang

    ReplyDelete
  13. Adanya fitur cari resep ini memudahkan mba. Jadi misalnya pengen masak sesuatu tapi lupa atau nggak tahu resepnya ya langsung cari aja :)

    ReplyDelete
  14. Aku to Mbak, kan kalau ngemall gitu suka kepincut sayur yang nggak ada di Mang Sayur, pas sampe rumah, bingung mau dimasak apa, beruntung deh ada fitur filter bahan dari Yummy ya

    ReplyDelete
  15. Aku pake jugaaa aplikasi ini mba. Paling sering pakai features nya yg kalo punya 1-2 bahan, bisa dibuat apa. Trakhir pake Yummy, aku jadi Nemu cara masak nikujaga ,sejenis masakan Jepang, yg setelah jadi ternyata enaaaak bgtttt. Padahal awalnya cuma iseng, punya buncis Ama kentang sisa mau dimasak apaan :D. Malah dpt resep yg skr JD fav di rumah :)

    ReplyDelete
  16. kalau bisa bikin kue sendiri enak ya, bisa dijadikan lahan bisnis juga
    terus sekarang makin gampang masak karena bisa liat di satu aplikasi aja, ada banyak ragamnya
    dulu waktu awal awal Yummy, aku donlot dan sekarang udah lama ga masak

    ReplyDelete
  17. Boleh juga nih cobain yang resep penjaga imunitas, penting banget deh di masa-masa seperti ini. Ok mantap ya Yummy App, lengkap banget deh kumpulan resep dan tipsnya yang bermanfaat, terutama untuk mamak2 sepertiku yang ga pinter masak.

    ReplyDelete
  18. boleh juga nih cobain resepnya, apalagi resep penjaga imunitas.. baca ulasan aplikasinya nih loh ternyata lengkap yaa mbakk..

    ReplyDelete
  19. dari dulu aku kurang suka memasak. awal2 pandemi semua kue dicoba. sekarang sudah malas lagi. Tapi masak sehari2 kata suami semakin enak

    ReplyDelete
  20. Nah, iyaya..
    Bisa menjadi ide untuk berjualan. Karena kuliner ini usaha yang cukup menguntungkan apalagi kini bisa bekerjasama dengan pihak ojek online.

    ReplyDelete
  21. wahh anak-anak jadi betah di rumah yaa selama pandemi karena dimasakin camilan yang enak dan bergizi oleh mama setiap hari

    ReplyDelete
  22. Masa pandemi ini makin banyak orang cari kesibukan yg bermanfaat ya. kaya bikin camilan ini, app yummy membantu sekali buat emak yg punya anak dan suka makan. olahan rumah lebih terjamin kesehatannya.

    ReplyDelete
  23. Sepertinya zaman pandemi ini makin banyak yang jd hobi turun ke dapur ya mbak, buat bikin masakan atau camilan. Yummy app ini juga salah satu aplikasi yang bisa jd jujugan utk berkreasi resep. Syukur2 kalau mau usaha makanan malah akan menghasilkan yaa

    ReplyDelete
  24. Cocok sekali berkreasi masakan dirumah dgn kondisi saat ini, yang hobby masak termasuk aku tdk pusing lagi cari resep ya, tinggal buka yummy app semua jdi beres

    ReplyDelete
  25. Banyak banget ide bikin camilannya ya. Penting nih buat menemani anak-anak PJJ. Di rumah jadi makan melulu. Ibunya harus masak melulu deh. Untung ada Yummy App.

    ReplyDelete
  26. Mantep nih Yummy bisa jadi teman andalan di dapur, banyak resep biar aku makin di sayang suami dan mertua kalau menunya gonta ganti begini

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran