Friday, October 08, 2021

Melestarikan Permainan Tradisional Gobak Sodor


Gobak sodor atau disebut juga dengan galasin adalah permainan tradisional khas Indonesia yang dimainkan di dalam lapangan dan dibentuk segi empat berpetak-petak. Gobak sodor dimainkan secara grup atau kelompok yang terdiri dari dua grup. Masing-masing grup terdiri dari 3-5 orang. 

Satu kelompok atau grup bertugas sebagai penjaga atau penghadang yang menghadang di setiap garis petak. Kelompok satunya sebagai pemain. Pihak lawan/pemain yang akan masuk ke petak yang lain, harus melewati garis yang dijaga oleh penjaga. Jika pemain melewati garis dan tersentuh penjaga, maka harus bergantian menjaga penjaga di garis petak. Jadi adanya dua grup ini, satu grup sebagai penjaga atau penghadang, grup yang satunya sebagai pemain. Makanya ada juga yang menyebut gobak sodor ini sebagai permainan hadang. Karena menghadang pemain untuk bisa masuk ke dalam setiap petak.

Tanggal 7 Oktober 2021, Fayda mengikuti Festival Permainan Tradisional antar SD se-kecamatan, kota Serang. Permainan yang diikuti Fayda dan teman-teman kelompoknya adalah permainan tradisional gobak sodor. Selain permainan tradisional gobak sodor, ada juga permainan tradisional engrang, tarik tambang, dan bentengan. Festival Permainan Tradisional ini dimaksudkan untuk melestarikan permainan tradisional yang ada di Indonesia. Festival Permainan Tradisional ini dibuka olek Sekertaris Dinas (Sekdis) Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang yang diadakan di Bumi Perkemahan Lebak Wangi Walantakan Serang.

Menurut Sekdis di acara pembukaan tersebut, diadakannya Festival Permainan Tradisional ini selain untuk melestarikan permaianan tradisional Indonesia juga untuk mengalihkan anak-anak dalam bermain permaianan yang ada di HP yang relatif tidak bergerak atau pasif. Game di HP cenderung membuat anak tidak peduli atau acuh pada sekitar, misal ketika orang tua memanggil atau meminta tolong, anak-anak tidak langsung mengerjakan perintah dari orang tua, fokus dan asyik hanya pada HP, tidak bisa beralih fokus. 

Harapan saya sebagai orang tua, untuk terus dapat melestarikan permainan tradisional gobak sodor ini, setelah diadakannya Festival Permainan Tradisional, tidak berhenti hanya di Festival seperti ini saja. Tapi bisa diteruskan di sekolah ketika pelajarana olahraga atau mungkin ekskul sekolah. Sehingga permainan tradisional Indonesia ini akan selalu ada di setiap generasi. 

Seru juga kayaknya ya, kalau lomba gobak sodor ini dilakukan oleh para orang tua juga hehe... misal saat agustusan.

Baca juga : Engklek, Permainan Tradisional yang Saya Sukai

Saat Fayda lomba, saya dan suami ikut menyaksikan. Tapi tidak bisa lama, karena saya harus kembali ke kantor. Disamping itu lokasi lomba dan kantor saya lumayan jauh. Yang penting janji saya pada Fayda untuk bisa melihat Fayda lomba terbayar. Fayda pun terlihat senang ketika tahu ayah ibunya datang untuk menyaksikan perlombaanya.

Team Fayda berbaju biru

Lomba diawali oleh kelompok dari kecamatan Serang yaitu Fayda dan teman-temannya, lawannya saya lupa dari kecamatan mana. Awal lomba kecamatan Serang (kelompoknya Fayda) menang, tapi begitu tanding lagi, kecamatan Serang kalah. Jadi gak masuk final. Gak apa-apa, yang penting punya pengalaman dan punya kenangan saat nanti dewasa.

Saya yang nonton, walaupun cuaca panas, tapi seru, bisa teriak-teriak dan lompat-lompat wkwkwk (gak inget umur), menyemangati Fayda dan teman-temannya, sambil mengenang saat-saat saya waktu SD dulu, yang penuh dengan masa bermain bersama teman-teman :), salah satunya ya permainan gobak sodor ini.

20 comments:

  1. Permainan jaman dulu yang seru banget dan melatih kekompakan tim, haha kalau ingat jadi pengin main lagi. Tapi, ingat sudah tua.

    ReplyDelete
  2. Seru banget ini gobak sodor. Menyehatkan, fun, dan yang pasti enggak sebahaya squid game, ya

    ReplyDelete
  3. akk udah lama ga main gobak sodor hahaa dulu pas kecil tiap hari main ini, sampe keringetan, teriak2, seru banget

    ReplyDelete
  4. Permainan yg tradisional hrus tetap dijaga dan dilestarikan. Akhir -akhir ini permainan tradisional jdi makin terkikis oleh permainan games online.

    ReplyDelete
  5. Permainan tradisional seperti gobak sodor sangat seru untuk dimainkan ya mbak...apalagi oleh anak2 jaman sekarang, supaya permainan jaman dulu tidak musnah ditelan jaman. Bahkan dapat permainan ini menguji ketangkasan pemainnya.

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu ada nama permainan Gobak Sodor ini mba. Aku sepakat bahwa dengan adanya permainan ini bisa dilakukan anak anak jaman sekarang sebagai bentuk pelestarian

    ReplyDelete
  7. Duh, jadi inget masa kecil deh aku mba, dulu pas jaman SD bahagia banget rasanya pas olahraga or jam istirahat main ini bareng teman-teman sekolah... sayang ya sekarnag sudah jarang nih yang tahu soal permainan ini

    ReplyDelete
  8. wah asyik pastinya ya..teringat saat menyemangati teman2 di lomba2 17 agustusan juga heboh begini hehe.. semoga permaian tradisional tetap lestari..

    ReplyDelete
  9. Seru banget main gobak sodor ini.
    Teringat memori masa kecil dan anak sekarang sudah jarang sekali memainkan permainan tradisional ini. Inituh beneran melatih kerjasama, komunikasi dan memahami arti menang-kalah dengan lapang dada.

    ReplyDelete
  10. Gobaksodor nyenengin bangeettt
    Zaman kecil dulu, aku sering main ama tetangga2 komplek.
    aakk, senang kalo generasi zaman now jg main gobaksodor yak

    ReplyDelete
  11. Wah permainan seru zaman aku kecil, anak2 sekarang pada ga hapal deh permainan ini. Bagus juga dilestarikan seperti ini..

    ReplyDelete
  12. Permainan seperti ini sudah jarang ya ditemui, kecuali pada perayaan hari-hari tertentu saja. Padahal permainan tradisional ini bisa melatih kecerdasan majemuk anak sosial emosi fisik dsb

    ReplyDelete
  13. Wah permainan yang jarang sekali jumpa sekarang. Dulu waktu aku kecil ditempatku namanya permainan galah mbak. tekniksnya sama juga, yang pasti sore pulang badan bau keringat

    ReplyDelete
  14. baru liat permainan gobak sodor kayak gini, penasaran pengen coba juga. Kayaknya bagus banget biar ngasah motorik dan sehat juga tentu ^^

    ReplyDelete
  15. Ah seru banget main gobak sodor, ini juga permainan yang sering aku mainkan sat SD dulu mbak. Gak cuma melibatkan fisik tapi juga mikir gimana caranya menang ya.
    Sayang anak2 zaman now nih jarang kenal parmainan ini huhu

    ReplyDelete
  16. ya ampuuuun mba... aku jadi inget jaman kecil deeh. Seru banget memang ya main gobak sodor

    ReplyDelete
  17. Seru banget ya melakukan permainan tradisional seperti gobak sodor ini, bukan yang main saja sih yang nonton juga bisa merasakan keseruannya ah tetiba jadi terngiang dengan kenangan masa kecil

    ReplyDelete
  18. Wah jadi inget saya waktu kecil juga paling jago main gala asin. Seru memang main gala asin ini, jadi pintar berstrategi. selain membuat badan sehat juga menambah kompak dengan teman-teman.

    ReplyDelete
  19. Gobak sodor salah satu permainan masa kecil yg nggak pernah aku mainkan hahaha entah kenapa aku nggak tertarik dengan permainan semacam ini hoho

    ReplyDelete
  20. Setelah liat YT, aku jadi inget permainan gobak sodor ini :D. Tadi sempet agak bingung, Krn ternyata nama permainan ini agak beda pas zamanku dulu di Aceh :D.

    Tapi sbnrnya di antara permainan tradisional, aku tuh penasaran engrang mba. PGN banget rasain naik itu, mau tau aja, apa keseimbangan ku cukup bagus, ATO bakal berkali2 jatuh :D. Kayaknya seru kalo liat orang jalan pale engrang :Dn

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran