Thursday, April 03, 2014

Cerita Dari Farras 4


Suatu hari, Farras cerita pada ayahnya, dan ayahnya Farras pun cerita pada saya :), kalau Farras pernah protes pada Bu Gurunya tentang perbedaan jawaban antara jawaban Ibu Guru dengan jawaban Farras. Ada pertanyaan pilihan ganda :

Membantu orang tua termasuk :
Pilihannya ada Kewajiban anak dan Peran anak.
Farras menjawab Peran anak, sementara Bu Guru menjawab Kewajiban anak. Farras pun protes.
"Bu Guru, membantu orang tua itu adalah peran anak, bukan kewajiban anak. Kalau kewajiban anak, contohnya adalah belajar."
Dan Bu Guru pun menjawab : "Kalau membantu orang tua itu kewajiban anak, Farras.... bukan peran anak."
Walaupun sudah diberi penjelasan oleh Bu Gurunya, tapi Farras tetep keukeuh pada jawabannya. Akhirnya Bu Gurunya pasrah... hehehe....

Sampai rumah, Farras cerita pada Ayahnya, Ayahnya pun memberi penjelasan pada Farras. Setelah itu, suami saya bercerita lagi pada saya, dan saya pun memberi penjelasan juga pada Farras, penjelasan yang bisa dimengerti Farras.
"Kalau bunyi kalimatnya 'Membantu orang tua', itu adalah kewajiban anak, Farras. Tapi jika Farras disuruh memberi contoh Peran anak, maka contoh dari peran anak adalah misalnya membantu ibu mengasuh adik, membantu ayah mencuci motor, membantu ibu mecuci piring dsb, seperti yang pernah Farras baca di buku PKN. Jadi kali ini, jawaban Bu Guru yang benar, ngerti ya Farras?" Farras pun manggut-manggut :D

33 comments:

  1. Ya, jika disebut "peran", maka ada pekerjaan org lain di situ. Misalnya berperan dlm menjaga lingkungan kampung... kn ndak mungkin kita aja yg njaga.

    tp utk anak seumuran Farras, sikap kritisnya itu yg kita kasih jempol.

    ReplyDelete
  2. hehehehe,,,,manggut2 juga ah,apa kabar mbkkk????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar baik. kemenong aja nih mak... bolak-balik mengunjungi blogmu, masih sepi hehehe... baik2 aja kan?

      Delete
  3. Waduuh... saya malah bingung deh. Sussah juga ya pelajaran anak SD :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelajaran anak SD skrg memang kadang suka membingungkan mak...

      Delete
  4. Farras selalu kritis ya Mak... hehehe
    Salut deh utk Farras :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, Farras kritis banget kalo ada hal2 yg tdk sependapat dgn dia, atau ada jawaban yg kurang memuaskannya, pasti akan dicecar terus...

      Delete
  5. Tetap pada jawaban yang dianggap benar termasuk anak yang cerdas. Mampu bepikir yang seperti itu.

    ReplyDelete
  6. Agak ngelibet juga sih ya mb pasti untuk anak2 pemahaman kaya gitu.abstrak soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang belibet mak pelajaran anak SD skrg. Ada kewajiban anak, ada peran anak di rumah....

      Delete
  7. Yg jelas dan tepat, kewajiban anak mendoakan orang tua. Pasti gak protes, kan, Nak?. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... itu mah harus pasti dong Idah... :)

      Delete
  8. Informasinya sangat menarik sekali.

    terimakasih atas semua informasinya.

    ditunggu informasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  9. hihii...anak kecil mmg gitu ya mba.. klo ga sama dg pemikirannya lgsg protes. anakku juga.. malah dia itu tukang protes kalo apa yg dibilang orangtuanya ga sama dengan gurunya. padahal maksudnya sama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak... malah kadang ada anak yg lebih percaya jawaban guru ya, daripada jawaban ortu :d

      Delete
  10. wow hebat Farras!
    ke depan, kudu lebih sering mengkritik ya.. smart boy :-D

    ReplyDelete
  11. Senang berkunjung ke website anda.

    Terimakasih atas informasinya.

    Di tunggu ya informasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  12. pelajarannya pascal juga nih mbak di kelas 2

    ReplyDelete
  13. Farras akan makin cerdas. Orangtuanya juga harus terus belajar agar makin sigap menjawab pertanyaan2nya. Untungnya Farras bisa menerima ya mbak :)

    ReplyDelete
  14. anak-anak selalu punya pemikiran yang luar biasa...
    semoga kita sebagai orang tua dapat memberikan pengertian/penjelasan agar mudah di mengerti

    ReplyDelete
  15. Informasinya sangat menarik sekali

    ditunnggu ya informasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  16. anak2 saya kayaknya gak belajar ttg peran anak di sekolahnya. Tapi, bagus deh, gak bikin anak saya bingung hihi

    ReplyDelete
  17. Itu artinya Farras cerdas. Sungguh salut untuk Farras. Titip salam yaaa

    ReplyDelete
  18. Terimakasih atas informasinya.

    Informasinya sangat menarik sekali.

    Ditunggu informasi selanjutnya ya.

    ReplyDelete
  19. Senang berkunjung ke website anda.

    Terimakasih atas informasinya.

    Di tunggu ya informasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  20. hehehehe... lucu deh cerita farras dan bu guru, jadi lucu heheh ;)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran