Monday, June 12, 2017

Takjil Favorit Farras & Fayda

Assalamualaikum...
Lama sudah saya tidak posting untuk blog ini. Maafkan :)
Alhamdulillah bulan Ramadhan sudah memasuki hari ke 17. Tak terasa ya.... Semoga ibadah puasa kita, juga ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan ini diterima Allah SWT. Dan kita menjadi insan yang semakin bertaqwa. Aamiin. YRA.

Perbincangan bulan Ramadhan biasanya tidak jauh dari perbincangan mengenai menu berbuka puasa atau takjil buka puasa. Dan ngomong-ngomong tentang takjil buka puasa, ada satu takjil buka puasa favorit anak-anak saya, Farras dan Fayda, yaitu bakwan. Hm... ya se-simple itu, hanya bakwan. Sepertinya berbuka puasa hanya dengan segelas teh manis hangat plus bakwan dan sambal kacangnya, sudah cukup bagi Farras dan Fayda. Kalau saya perhatikan, kesukaan anak-anak pada bakwan menurun dari ayahnya anak-anak. Iya, suami saya pun penggemar bakwan. Takjil buka puasa favoritnya pun adalah bakwan selain ketan bintul plus empal kuah daging.

Berbeda dengan saya, karena memang keluarga saya jika berbuka puasa selalu diawali dengan yang manis seperti kolak, apem cukit (putih) sausnya gula merah yang sudah dicairkan, maka saya pun lebih menyukai menu takjil buka puasa yang berasa manis. Tapi berhubung saya sudah terbawa arus suami saya, plus anak-anak juga menyukai yang berasa gurih, akhirnya saya pun terbawa-bawa. Walau terkadang saya suka kangen berbuka dengan yang manis yang akhirnya kadang-kadang saya menyiapkan kolak untuk berbuka puasa saya. Entah kolak pisang, kolak ubi, kolak waluh atau kolak singkong. Tapi seringnya berbuka dengan bakwan.

Pernah suatu kali saya tidak membuat bakwan, anak-anak protes, kok gak ada bakwan sih bu... bahkan Fayda gak mau berbuka dengan yang lain karena tidak ada bakwan. Fayda hanya minum teh manisnya dan malah makan snack kering. Duuh... kasihannya anak ibu :(

Untungnya, bakwan adalah makanan yang penuh akan sayuran. Biasanya sayuran yang saya masukan pada menu bakwan saya adalah wortel, kol dan daun bawang. Mau saya tambahin toge, khawatir anak-anak protes yang akhirnya khawatir gak dimakan. Bumbu dari bakwan yang saya buat, gak pake rumit dan ribet. Hanya garam saja. Iya... tok garam. Itu pun saya nyontek dari ibu mertua saya yang ahli dalam membuat bakwan, karena dulunya beliau pernah jualan bakwan. Dulu... saya pernah membuat bakwan dengan bumbu ketumbar, bawang putih plus garam. Tapi setelah tahu lebih simple hanya dengan tambahan garam saja, maka kalau saya membuat bakwan saya hanya menambahkan garam saja. Rasanya enak kok, buktinya anak-anak saya suka hehehe...

Sebetulnya selain kolak dan apem cukit, takjil kesukaan saya adalah takjil khas kota saya Serang yaitu ketan bintul, makannya dengan kuah empal daging atau cuwer. Ketan bintul dan cuwer ini bukan takjil buka puasa yang berasa manis, tapi berasa gurih. Cuwer ini makannya dicocol kelapa parut, warna kuenya hijau. Tentang ketan bintul dan cuwer ini pernah saya ceritakan disini. Dan satu lagi, untuk minumannya saya lebih suka sama minuman timun suri. Kalau di Serang disebutnya bonteng puan. Timun suri ditambah sirup merah dan es, segar rasanya.



Yang warna hijau namanya cuwer. Makannya dicocol kelapa parut. Dan yang berwarna putih itu namanya ketan bintul ditaburi serundeng. Dan yang di mangkok adalah empal daging. Ketan bintul disiram pake empal daging, rasanya endeess.... :D 

Lalu takjil buka puasa favorit teman-teman apa ya? :) 

19 comments:

  1. Sama sih kaya Farras n Fayda. Bakwan nemang selalu punya tempat di hati saya. Kalau cuwer itu baru liat deh kayaknya. Makanan khas daerah ya mbak?

    ReplyDelete
  2. aku jg suka buka pake snack yang asin sih. Mungkin karena minumnya udah manis jd makanannya ya enakan yg asin, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu suka yg manis2, skrg malah kebawa suka yg asin2 :)

      Delete
  3. paling suka buka puasa pake lumpia atau pastel , biasanya lewat di depan rumah, bisa habis banyak, haha

    ReplyDelete
  4. Duhh, nyesel mampir di sini, bakwan sayur kan kesukaan banyak orang. Apalagi dikasih sambel kacang, sukses bikin ngiler, wkwkk

    ReplyDelete
  5. Yummii, jadi penasaran dengan ketan bintul dan cuwer..

    ReplyDelete
  6. wah liatnya siang2 jadi kepengen deh...


    Anak2 favoritnya buka puasanya cuma teh tubruk hangat ajah nih

    ReplyDelete
  7. Ramadan ini aku belum bikin bakwan keknya, sebentar lagi sudah lebaran. Hiks,

    ReplyDelete
  8. Waaa, jadi penasaran saya kepengin mencoba yang namanya bintul :)

    ReplyDelete
  9. Mba Santi aq gtau semuanya ini, ketan bintul, cuwer, apem cukit :") perlu minta kirimin nih kayanya eheheh

    Aq tim anak2, pecinta gurih2 klo buka :)

    ReplyDelete
  10. kalau saya yang simple aja mbak kyk es buah atau es kelapa muda. Kebetulan saya ngak terlalu suka minuman atau makanan manis sih, jadi ngak perlu pakai sirup juga

    ReplyDelete
  11. Aku sukanya pecel, lotek...yang banyak sayurnya gitu mba..
    Anakku favoritnya..ayam goreng plus koktail

    ReplyDelete
  12. Tampak enak tuh mbak takjilnya. Apalagi dimakan pada saat berbuka puasa, pastinya akan jauh lebih nikmat.

    ReplyDelete
  13. waaah..kelihatan segar dan enak bangeet mbaaa....pantesan anak-anak pada sukaaa

    ReplyDelete
  14. Pengen ngilangin kebiasaan berbuka setelah yang manis dengan gorengan, tapi tahun ini tetep aja pke gorengan :(

    ReplyDelete
  15. Penasaran banget sama rasanya. hehehe nanti kalo main ke sana pengen nyoba juga. :)

    ReplyDelete
  16. Takjil favoritku, kolak biji salak. Hahaha. Ga bisa move on dari kolak ini

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran